Comscore Tracker

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek 

#IDNTimesFood Perhatikan dengan takaran yang tepat

Dimsum menjadi salah satu camilan favorit bagi sebagian orang. Teksturnya yang lembut dan mengenyangkan ini memang paling cocok dinikmati saat sedang santai.

Sebagian orang memilih membuat dimsum sendiri di rumah, dibanding membelinya. Nah, sebelum membuatnya, simak dulu tips membuat kulit dimsum yang lentur dan gak mudah sobek berikut ini!

1. Gunakan jenis tepung yang tepat

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek thewoksoflife.com

Jika kamu ingin membuat dimsum yang berkualitas, sebaiknya gunakan tepung sagu atau tepung tang mien. Tepung tang mien merupakan tepung yang terbuat dari pati gandum dan memiliki tekstur yang lebih halus dari tepung terigu

Jenis tepung seperti tang mien bisa membuat tekstur kulit dimsum lebih kenyal. Jadi sebaiknya jangan pilih sembarangan tepung untuk membuat kulit dimsum yang enak ya. 

2. Gunakan takaran yang tepat

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek seriouseats.com

Selain memerhatikan jenis tepung, kamu juga harus memperhatikan takarannya. Takaran yang tepat untuk membuat kulit dimsum adalah 1:1:1, yakni 1 kilogram tepung sagu, 1 liter air, dan 1 kilogram tepung tang mien. Sebaiknya gunakan timbangan supaya lebih tepat ukurannya.

3. Tambahkan telur

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek kitchenomicon.com

Jika kamu ingin membuat dimsum rebus, sebaiknya tambahkan satu butir telur ke dalam adonan. Tekturnya bakal lebih kenyal dan lembut.

Namun, jika ingin membuat kulit dimsum goreng, sebaiknya hindari menggunakan telur. Hal ini akan membuat teksturnya kurang renyah.

4. Olah bahan dengan cara yang tepat

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek instagram.com/jinweiboga

Saat mengolah adonan kulit dimsum, pastikan menggunakan air panas supaya tepungnya tak menggumpal. Selain itu, uleni hingga kalis supaya kulit dimsum gak mudah sobek. Kamu juga harus mendiamkan adonan selama beberapa menit supaya mengembang.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Perkedel Kentang yang Enak dan Gak Mudah Ambyar

5. Potong kulit dimsum dengan cara yang benar

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek instagram.com/kulitpangsit

Setelah adonan jadi, bentuk lonjong adonan, lalu potong kecil-kecil. Setelah itu, diamkan selama satu menit, kemudian pipihkan adonan dengan mesin penggiling mi.

Setelah adonan menjadi tipis, kamu bisa memotong kulit dimsum menjadi kotak atau bulat sesuai selera.

6. Basahi kulit dimsum

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek archanaskitchen.com

Kulit dimsum yang sudah selesai dibuat akan mengering dalam waktu cepat. Jika gak segera ingin digunakan, sebaiknya basahi atau rendam kulit dimsum di dalam air selama beberapa detik, supaya kulit dimsum lebih lembab. Kamu juga bisa membasahinya sebelum dikukus. 

7. Simpan kulit dimsum

7 Tips Membuat Kulit Dimsum yang Lentur dan Gak Mudah Robek instagram.com/foodalinka

Jika ada sisa kulit dimsum, sebaiknya simpan di dalam wadah tertutup, kemudian letakkan di dalam freezer. Kulit dimsum yang dibekukan ini bisa bertahan hingga satu pekan, lho. 

Nah, itulah beberapa tips membuat kulit dimsum. Dibutuhkan ketelatenan supaya adonan yang dihasilkan juga berkualitas baik. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ayam Geprek yang Krispi dan Pedasnya Nampol Banget

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya