Comscore Tracker

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lama

Bisa disimpan secara utuh atau dipipil dulu

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka masakan nikmat, dari menu utama, sayuran, hingga dessert. Warna dan bentuknya yang cantik membuat orang kadang "lapar mata" untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Nah, kalau terlanjur membelinya agak banyak, kamu harus memahami tips menyimpan dan mengolah jagung, supaya gak terbuang sia-sia. Berikut beberapa di antaranya.

1. Simpan jagung mentah dengan kulitnya

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamagardenerspath.com

Sebaiknya pilih jagung yang masih ada kulitnya. Sebab, jagung dengan kulit akan lebih awet dibanding jagung yang sudah dikupas kulitnya.

Kulit ini dapat membuat jagung tetap lembab dan segar. Jika kulitnya dilepas sebelum menyimpannya, jagung berisiko menjadi cepat kering. 

2. Simpan di dalam wadah tertutup

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamamofflinec.com

Menyimpan jagung utuh gak perlu dicuci dulu. Sebaiknya langsung masukkan ke dalam wadah tertutup atau plastik klip. Kemudian simpan di dalam lemari dapur atau tempat yang sejuk. Cara ini bisa membuat jagung bertahan selama 2-3 hari.

3. Sisakan sedikit kulit dan potong ujung jagung

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamajessicagavin.com

Cara lain untuk menyimpan jagung adalah menyisakan 3-4 lembar kulit jagung. Hal ini akan membuat jagung lebih tahan lama dan terjaga rasanya. Kamu juga bisa memotong ujung dan pangkal jagung, supaya lebih tahan lama. 

4. Rebus jagung utuh sebelum dibekukan

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamard.com

Kamu bisa menyimpan jagung utuh dengan merebusnya tanpa kulit. Setelah direbus, langsung masukkan ke dalam air es selama 30 detik, lalu buang airnya. 

Setelah itu, simpan di dalam plastik klip atau wadah tertutup, lalu bekukan di dalam freezer. Cara ini bisa membuat jagung bertahan hingga satu tahun, lho. 

Baca Juga: Cara Menyimpan dan Membekukan Keju, supaya Awet dan Gak Berjamur

5. Pipil jagung sebelum disimpan

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamabhg.com

Cara lainnya adalah membekukan biji jagung saja. Pipil biji jagung dengan pisau tajam, kemudian simpan di dalam plastik klip atau wadah tertutup.

Setelah itu, simpan di dalam freezer. Cara ini dapat membuat jagung tahan lama hingga satu bulan. 

6. Mengolah jagung

6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lamatasteasianfood.com

Jagung bisa diolah menjadi aneka makanan, mulai dari yang gurih hingga manis. Untuk jagung utuh, kamu bisa mengolahnya menjadi jagung bakar atau dipotong untuk sayur bening dan sayur asam.

Sementara jagung yang dipipil bisa diolah menjadi bakwan jagung, jagung susu keju, sup krim jagung, hingga puding jagung.

Itulah beberapa tips menyimpan dan mengolah jagung yang bisa kamu praktikkan. Untuk lebih amannya, sebaiknya tak membeli jagung dalam jumlah banyak sekaligus.  Cukup sesuai yang kamu butuhkan pada hari itu ya, supaya lebih segar.

Baca Juga: 6 Tips Memilih dan Menyimpan Tape Singkong supaya Selalu Enak 

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya