Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terus

Kuliner khas Kota Tahu, yuk ajak temanmu cicipi

Jalan-jalan ke Kediri tak lengkap tanpa merasakan kuliner khasnya. Kediri tak hanya punya tahu takwa dan gethuk pisang, lho. Ada beberapa kuliner yang memanjakan lidah. Yuk, intip kuliner khas Kediri yang patut kita coba saat berkunjung ke Kediri.

1. Sate Bekicot

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terusvivahotelkediri.com

Jika kamu berkunjung ke Gunung Kelud, tepatnya di Kecamatan Plosoklaten, jangan lewatkan Sate bekicot. Selain sate, ada banyak olahan bekicot, seperti keripik, oseng-oseng, dan krengsengan.

2. Sate Emprit

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terusinstagram.com/@maskulineran

Di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri terdapat kuliner yang unik, yakni sate emprit. Emprit adalah burung yang dianggap hama oleh para petani karena merusak tanaman di sawah. Darmiyanto, salah satu penjual, memanfaatkan burung emprit yang terperangkap menjadi olahan sate yang gurih. Kuliner ini mempunyai banyak khasiat, salah satunya untuk mengatasi jantung lemah, lho.

3. Nasi Sambel Tumpang

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terusinstagram.com/deirfanyusuf

Nasi Tumpang Jalan Dhoho adalah referensi kuliner malam yang wajib dikunjungi di Kediri. Sambel Tumpang adalah makanan yang terbuat dari fermentasi tempe yang didiamkan selama beberapa hari. Nasi tumpang biasanya disajikan bersama rempeyek teri, tahu, serta tempe goreng. Kamu bisa menikmati sambal tumpang sambil merasakan kehangatan kota Kediri di sepanjang Jalan Dhoho.

4. Nasi Goreng Arang

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terussamkuliner.com

Kuliner malam yang gak boleh dilewatkan lainnya adalah nasi goreng arang atau anglo. Nasi goreng ini dimasak bukan menggunakan kompor gas, tapi menggunakan arang. Warung yang paling terkenal adalah nasi goreng Mbah Man yang terletak tak jauh dari Jalan Dhoho dan stasiun Kediri. Siap-siap antre ya.

Baca Juga: Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!

5. Soto Bok Ijo

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terussilviananoerita.com

Kalau kamu sedang berada di Terminal Tamanan Kediri, jangan lupa mampir ke Soto Bok Ijo. Soto yang juga disebut Soto Tamanan ini, disajikan dengan kuah santan kental dan rempah-rempah yang khas. Ciri khas soto ini adalah taoge, kupis dan jeruk nipis akan disajikan pada mangkuk yang berbeda. ayam kampung bakar kecap sebagai teman makan soto.

6. Nasi Goreng Tiwul

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terusinstagram.com/dhytarosa

Dari soto Bokjo kita naik ke Gunung Wilis tepatnya di sekitar wisata Air Terjun Irenggolo dan Dolo. Kamu bisa mencicipi nasi goreng tiwul dan nasi goreng jagung. Udara dingin pegunungan menambah nikmatnya  2 nasi goreng ini.

7. Soto Branggahan

7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terusbanyumurti.net

Beralih ke Kediri Selatan, lebih tepatnya perbatasan Kediri-Tulungagung, kamu bisa mencoba gurihnya  Soto Branggahan. Branggahan adalah salah satu Desa yang ada di Kecamatan Ngadiluwih dan masyarakatnya sebagian besar berjualan soto. Uniknya, soto ini disajikan dalam mangkuk kecil. Mau nambah berapa mangkuk?

Bikin ngiler, kan? Tunggu apa lagi, yuk, ajak temanmu untuk liburan ke Kediri dan mencicipi kuliner khas Kediri.

Baca Juga: Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!

Dhyta Rosa Photo Writer Dhyta Rosa

Railfans

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya