Comscore Tracker

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!

Salah satunya sate bekicot, kamu doyan gak?

Rugi rasanya datang jauh ke Kediri tanpa berwisata kulineran. Kalau bosan dengan sajian biasa, Kediri punya kok kuliner yang masuk kategori antimainstream. Bahan yang dipakai tentu agak ekstrim dan sering mengundang rasa geli.

Tapi dengan teknik masak dan bumbu yang pas dijamin malah bikin berselera makan. Selain rasanya enak, beberapa sajian ekstrem ini dipercaya memiliki khasiat untuk pengobatan seperti sakit asma, gatal dan lain lain.

Untuk menghilangkan rasa penasaran kalian, berikut 10 sajian berbahan anti-mainstream khas Kediri yang rasanya ternyata maknyus buat dicicipi. Simak yuk!

1. Kelelawar goreng

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!followkediri.com

Warung Pak Min ada di Desa Gayam, Mojoroto, Kediri. Menu batman goreng atau kelelawar goreng adalah menu andalan disini. Kuliner unik ini telah ada sejak 1985.

Pengolahannya cukup mudah yakni kelelawar di bersihkan dengan cara dibakar diatas arang supaya bulu halusnya jadi bersih. Lalu diungkep dengan bumbu dan siap digoreng. Seporsi batman goreng berisi nasi hangat, kelelawar goreng dan sambal.

Meski sederhana tapi rasa gurih dari kelelawar goreng ini bisa bikin jatuh hati. Apalagi kalau digoreng agak kering pasti renyah abis. Enak dan harganya murah lagi yakni Rp4.000 saja seporsi.

2. Sate emprit

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/maskulineran

Sate emprit Mbah Darmo bertempat di Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo Gurah, Kediri. Emprit atau burung pipit dianggap hama tanaman padi jadi diolah jadi sajian lezat. Emprit ditusuk lalu dipanggang.

Dibumbu kacang kecap. Selain sate ada juga krengsengan berbahan kalkun dan biawak. Kalau gak kuat mental, ada kok menu standar seperti ayam bakar dan sate kambing buat dicoba. Harganya mulai Rp10.000 sampai Rp25.000 per porsi.

3. Sate dan keripik bekicot

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/infokediri

Orang kediri lebih mengenal bekicot dengan sebutan 02. Sate 02 ternikmat di Kediri bisa kalian cicipi di Depot Bu Sri. Alamatnya ada di Jalan Raya Pare, Plosoklaten, Kediri. Dengan merogoh Rp12.000, kalian bisa menikmati dua puluh tusuk sate bersama irisan bawang merah dan bumbu kacang buat pelengkap.

Sukanya lagi, kalau disini bebas ambil nasi sendiri sebanyak yang kalian mau. Pilihan nasinya ada dua macam yaitu nasi putih dan nasi jagung. Tak hanya diolah jadi sate, depot ini juga menawarkan krengsengan bekicot dan keripik bekicot.

Baca Juga: Melancong ke Kediri Gak Lengkap Kalau Gak Cobain 7 Kuliner Khasnya Ini

4. Sate uritan

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/afterworking

Selain terkenal dengan sate ayam, banyak pengunjung yang memfavoritkan sate uritan. Uritan atau telur muda ayam ini rasanya unik. Bentuknya bulat kecil berwarna kuning muda. Ada sensasi creamy, gurih dan kenyal saat digigit.

Disajikan bersama bumbu kacang dicampur kecap dan sambal. Rasanya makin mantap jika disantap bersama lontong. Sekali santap pasti nagih dan harganya juga sangat ramah kantong yakni Rp28.000 seporsi.

Untuk mencobanya, kalian bisa mampir ke depot sate Pak Siboen yang berada di Jalan Panglima Sudirman No 134, Kediri.

5. Sate kelinci

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!Instagram.com/chandrachristina

Tampilannya tak beda dengan sate ayam tapi teksturnya lebih lembut karena seratnya sangat halus. Rasa sate kelinci ini merupakan kombinasi antara asin, manis, gurih dan sedapnya aroma arang. Biasanya disajikan bersama bumbu kacang yang membuat rasanya makin nagih.

Selain sate, disini juga tersedia gule kelinci yang kuahnya gurih banget saat diseruput. Untuk mencicipi kalian bisa mampir ke warung sate kelinci Pak Ran yang ada di Boto, Sidomulyo, Wates, Kediri.

6. Sate lele

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/yunitanolayustyo

Kalau digoreng atau dibakar udah biasa, kini di Kediri ada yang beda. Kalian bisa menyantap sate lele yang teksturnya lembut sekaligus krenyes bagian kulit luarnya. Daging lele dipisahkan dari tulangnya dan dipotong dadu seperti sate umumnya.

Disajikan bersama bumbu kacang dan irisan bawang merah mentah serta lontong ataupun nasi. Untuk mencicipi kalian cukup membayar Rp15.000 saja per porsi berisi lima sepuluh tusuk.

Sate lele ini merupakan menu andalan dari Rumah Makan Kawasan Wisata Kampung Lele di Dusun Cakruk, Desa Tales, Ngadiluwih, Kediri. Tempat makan yang mulai buka jam delapan pagi ini sangat cocok didatangi bagi penggemar ikan lele.

Selain nikmat banyak yang suka sajian ini karena dianggap lebih rendah kolesterol dibanding daging kambing. Disamping sate juga tersedia olahan serba lele lain seperti sempol lele, nugget lele, lele crispy dan masih banyak lagi.

Uniknya lagi gak hanya makanan saja yang berkomposisi lele bahkan minuman juga. Cobain deh rasa dawet lele di sini yang terkenal nagih.

7. Gemak ungkep goreng

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/mboksul

Selain enak, daging gemak atau puyuh punya kandungan zat besi yang bermanfaat mencegah anemia. Di Kediri, kalian tak perlu bersusah payah keluar rumah untuk mencicipi sajian ini. Cukup pesan via WhatsApp saja ke Mboksul. Mboksul berlokasi di Dukuh Besuk Desa Toyoresmi, Ngasem, Kediri.

Sebelum digoreng daging gemak diungkep dengan bumbu. Jadi saat digoreng dagingnya gurih, empuk dan ada sensasi manis yang khas. Kalau gorengnya kering bakal tambah enak karena kriuk pas digigit.

8. Kreco

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/jajanjalanankediri

Kreco Pak Dji berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Kediri. Olahan keong sawah ini dimasak dalam kuah yang gurih banget. Daging kreconya empuk sekaligus kenyal. Kalau gak mau ribet nyungkil daging dalam cangkang sebaiknya kalian pesan saja sate kreco yang tinggal dilahap. Semua menu serba kreco disini dibanderol Rp5.000 per porsi.

9. Olahan kodok

Maknyus, 9 Kuliner Anti-mainstream Ini Wajib Dicoba di Kediri!instagram.com/indonesiafoodjourney

Kodok atau lebih dikenal dengan sebutan swike memang bahan masakan yang nyentrik tapi banyak diminati karena kelezatannya. Tapi bagi yang tidak terbiasa pasti sudah meriding duluan ketika tahu bentuk mentah dari swike ini.

Kalau kalian bernyali, jangan lewatkan mencicipi makan swike paling terkenal enak di Kediri yakni di depot swike Mak Alay. Lokasinya ada di Jalan Panglima Sudirman No 140, Ringin Anom, Kediri.

Depot ini buka dari jam delapan pagi sampai lima sore. Depot ini terkenal dengan swike berdaging tebal. Ada banyak pilihan masakan swike seperti swike tauco, swike goreng tepung, swike bakar dan lain lain.

Gimana? Kamu sudah pernah coba makan yang mana nih?

Baca Juga: Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!

Fatiya Sss Photo Verified Writer Fatiya Sss

Di rumah saja nyambi nulis✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya