Comscore Tracker

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin 

Langsung hap!

Amerika Latin terkenal dengan ragam makanannya yang tak hanya enak, tetapi praktis bisa dimakan di mana saja tanpa piring sekalipun. Itulah mengapa banyak yang menjajakannya di pinggir jalan sebagai menu sarapan atau makan siang take away.

Buat kamu yang mau menghemat pasca lebaran ini, boleh coba beberapa menu bekal yang terinspirasi masakan Amerika Latin berikut, biar gak jajan terus saat makan siang. 

1. Cubano

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/pabloscanggu

Roti lapis ala Kuba ini cukup terkenal di wilayah Amerika Latin. Konsepnya mirip dengan sandwhich, bedanya roti yang digunakan bukan roti tawar atau loaf bread yang biasa kita kenal, melainkan roti Kuba yang lebih renyah dan berukuran panjang. Mungkin kamu bisa menggantinya dengan roti Perancis. Kemudian sebelum disajikan roti yang sudah diisi sesuai selera dimasak di atas wajan teflon dengan mentega dan ditekan pada kedua sisi hingga pipih. 

2. Empanada

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/sisadventures

Empanada adalah menu sarapan paling praktis yang bisa kamu siapkan malam sebelumnya. Mirip dengan pastel tetapi dengan isian daging dan sayur yang bisa kamu modifikasi dan tambahkan keju agar lebih gurih. Sementara untuk kulitnya kamu bisa menggunakan resep kulit pastel atau pastry biasa.

Buat di malam hari atau akhir pekan, masukan ke dalam kulkas dan goreng atau oven saat akan dikonsumsi atau dibawa sebagai bekal. 

3. Beiju

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/glutenfree_gal

Kalau biasanya masakan Amerika Latin identik dengan tepung jagung yang dibentuk macam kulit tacos, di Brasil ada satu makanan bernama Beiju yang kulit luarnya terbuat dari tepung tapioka. Uniknya, tepung ini tidak diaduk dalam air dan diuleni seperti biasa, melainkan dimasak langsung di wajan teflon kemudian direkatkan dengan keju mozarella baru diisi toping daging dan sayuran segar. 

4. Huevos rancheros

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/bobbycalabrese11

Untuk yang ini sepertinya kamu tetap perlu wadah, tetapi racikannya sangat mudah dan tetap bergizi. Telur mata sapi ditaruh di atas lembaran tortilla jagung dan disiram dengan saus salsa. Tambahkan kedelai atau toasted bean agar menu makan siangmu makin sehat dan lengkap. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Bekal Makan Siang Sehat Ala Western, Gak Cuma Salad!

5. Buñuelos

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/vengacomemos

Masakan ala Chile ini pada dasarnya adalah donut yang dibuat kecil-kecil dengan bentuk tidak simetris. Bedanya adonannya sudah dicampur dengan keju sejak awal sehingga rasanya gurih asin. Namun, kamu bisa menambahkan gula caster atau sirup untuk pemanis bahkan taburan daging cincang dan sayur hingga mirip cakue. 

 

6. Arepas

Selain Burito, Ini 6 Menu Bekal Praktis ala Amerika Latin instagram.com/vallegrandecocina

Hampir mirip dengan menu sebelumnya, arepas adalah roti yang renyah di luar tetapi lembut di dalam. Kamu butuh tepung jagung sebagai bahan utamanya. Kemudian didiamkan selama semalam sebelum akhirnya dipanggang. Kemudian santap dengan keju yang kamu masukan ke dalam roti yang sudah dibelah atau bisa juga kamu isi seperti isi sandwhich.  Biar makin krispi, bisa kamu masak tanpa minyak di kedua sisi agar isian kejunya meleleh. 

Baca Juga: 5 Resep Salad Untuk Bekal Makan Siang, Rasanya Enak Walau Diet!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya