Comscore Tracker

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!

Sederhana dan mudah dibuat di rumah

Bawang putih, salah satu bumbu dapur paling umum yang ada dalam olahan makanan. Walau mungil, bumbu ini memilik rasa yang kuat. Ia bisa menciptakan rasa gurih dan wangi bagi makanan yang kamu. 

Bagi kamu yang suka dengan bawang putih dan ingin mengolah dalam menu masakan, berikut deretan olahan makanan yang cocok dengan bawang putih. Gak perlu rempah lainnya terlalu banyak, cukup bawang putih yang mendominasi.

1. Garlic bread 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!ilustrasi garlic bread (pexels.com/ Mariana Kurnyk)

Untuk membuat roti bawang ini, kamu hanya membutuhkan sebongkah roti dan garlic butter. Rotinya bisa pakai apa saja, biasanya roti keras seperti baguette atau ciabatta. Namun, pakai roti empuk yang adonannya mengandung mentega pun boleh. 

Sementara olesannya terbuat dari garlic butter  yang merupakan campuran mentega, parutan bawang, dan dedaunan hijau (parsley, dill, atau daun bawang). Roti dipotong sesuai keinginan, kemudian diberi siraman atau olesan garlic butter. Kemudian, dipanggang sebentar sampai keemasan. Boleh tambah keju yang mudah leleh untuk menambah rasa nikmatnya. 

2. Garlic mushroom toast 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!garlic mushroom toast (instagram.com/kitchentotheplate)

Tak kalah mudah, kamu hanya butuhkan untuk menu ini adalah roti tawar, jamur kancing, bawang putih, dan keju yang mudah meleleh. Roti tawar lebih nikmat dipanggang dulu sampai renyah kedua sisinya.

Kemudian, buat topping dengan menumis bawang putih cincang dan jamur kancing yang sudah diiris-iris dengan sedikit minyak sayur pilihanmu. Beri bumbu garam dan merica sesuai selera. Masukkan parutan keju yang mudah meleleh dan aduk rata sampai membentuk tekstur yang creamy. Tata di atas roti tawar dan santap, deh.

3. Spaghetti aglio e olio 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!spaghetti aglio e olio (instagram.com/foodblogandshiz)

Bingung mau masak saus spaghetti yang seperti apa? Coba aglio e olio saja. Sesuai dengan namanya, bahan utama sausnya hanya bawang putih dan minyak zaitun. Caranya cincang beberapa siung bawang putih dalam minyak zaitun sampai aroma khasnya menyeruak. 

Masukkan spaghetti yang sudah dimasak ke dalamnya. Aduk rata. Tambah garam dan merica sesuai selera. Angkat dan sajikan di atas piring. Taburi dengan daun seledri cincang dan parutan keju. Mudah sekali, bukan?

4. Chicken kyiv

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!chicken kyiv (instagram.com/taboo_wanchai)

Chicken Kyiv adalah hidangan khas Ukraina yang terbuat dari dada ayam yang digulung dengan isian garlic butter. Bahan garlic butter-nya terdiri dari mentega, perasan jeruk lemon, parutan beberapa siung bawang putih, dan daun parsley. Semuanya dicampur rata dan dibungkus untuk dibekukan dalam lemari es. 

Barulah setelah beku, ia bisa dioles pada dada ayam fillet dan kemudian digulung rapat. Setelah itu, gulungan ayam dilumuri tepung panir dan digoreng atau dipanggang sampai bagian dalamnya matang sempurna. Saat dibelah, garlic butter akan lumer keluar. 

5. Garlic knot 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!garlic knots (instagram.com/tastesbetterfromscratch)

Garlic knots pada dasarnya adalah roti dengan rasa bawang yang gurih. Rotinya cenderung bertekstur empuk karena adonannya mengandung telur, mentega dan susu, selain ragi, tepung dan air tentunya. Setelah berhasil diuleni dan didiamkan selama 2 jam, adonan dibagi jadi beberapa bagian dan dibentuk simpul seperti ini. 

Sebelum dipanggang, siram dengan garlic butter yang terbuat dari campuran mentega, bubuk bawang putih, parsley, dan minyak zaitun. Terakhir, tinggal dipanggang sampai matang sempurna. 

Baca Juga: 10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?

6. Caesar salad 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!caesar salad (instagram.com/emimiil)

Caesar salad adalah salad dengan bahan utama croutton (roti berbentuk dadu yang renyah) dan lettuce yang disiram saus dressing dari minyak zaitun dan kuning telur. Croutton dibuat dari roti tawar yang dipotong dadu dan disiram dengan minyak zaitun, parutan bawang putih, dan keju untuk kemudian dipanggang sampai renyah. 

Untuk dressing terbuat dari campuran minyak zaitun, bawang putih, kuning telur, dan air lemon yang diblender sampai creamy. Tambahan dijon mustard boleh dimasukkan untuk memperkaya rasa saus. Setelah semua bahan ditata di atas piring, siram saja dressing ke atasnya, campur, dan nikmati. 

7. Garlic lemon shrimp

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!garlic lemon shrimp (instagram.com/lilybonfood)

Ini bisa jadi alternatif udang mentega yang lebih sehat buatmu. Bahannya cukup sederhana dan rendah gula. Kamu cukup menyediakan bawang butih, minyak zaitun, mentega, air perasan lemon, air putih, dan garam. Boleh juga ditambah dedaunan hijau seperti daun seledri atau daun bawang. 

Tumis bersama udang sampai matang dan airnya menyusut tanda bumbu meresap. Sedap, gurih, dan segar. Bebas amis dan tentunya lebih sehat. 

8. Sopa de Ajo

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!sopa de ajo (instagram.com/aspicyperspective)

Sop de ajo berarti sup bawang putih dalam bahasa Spanyol. Meski namanya seperti itu, sebenarnya ada bahan lain yang tidak bisa terlewat, paprika merah yang dipanggang dan telur. Untuk membuatnya, bawang putih perlu dicincang dan ditumis dalam minyak sayur. Kemudian, paprika cincang yang sudah dipanggang beberapa menit dimasukkan ke dalam tumisan bersama sedikit garam. 

Orang Spanyol biasa menambahkan wine dan memasaknya sampai alkoholnya menguap. Baru kemudian kaldu ayam ditambahkan. Saat sudah mulai mendidih, telur dimasukkan dan diorak-arik di dalam kuah sampai matang. Sup ini biasa disantap bersama potongan roti keras yang dipanggang sampai renyah dengan sedikit mentega. 

9. Scalloped potatoes 

10 Olahan Makanan dengan Bahan Utama Bawang Putih, Gurih!scalloped potato (instagram.com/plantbasedonabudget)

Scalloped potatoes adalah kentang yang diiris tipis-tipis dan ditata di atas loyang, kemudian disiram dengan saus creamy rasa bawang untuk dipanggang sampai renyah. Saus krimnya dibuat dengan menumis cincangan bawang putih dengan mentega sampai wangi dan berwarna kekuningan. Susu, garam, dan merica ditambahkan ke dalamnya dan dimasak sampai mendidih. 

Setelah itu, dituang ke atas deretan kentang dan diberi taburan keju. Panggang sampai matang dan renyah bagian atas dan pinggir kentang. Taburi dengan potongan daun parsley, lalu santap. 

Ternyata bawang putih bisa jadi bumbu utama untuk berbagai olahan makanan. Cenderung sederhana dan mudah resepnya, gak pakai ribet! Mari mencoba!

Baca Juga: 5 Olahan Makanan yang Bisa Dimasak di Rice Cooker, Praktis

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya