Comscore Tracker

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?

Pencinta makanan ekstrem, wajib coba nomor 5!

Terlihat lucu dan menggemaskan, terlebih saat menggembung, jangan terkecoh dengan keimutan ikan buntal alias fuguGengs! Hal ini disebabkan di dalam tubuhnya terdapat racun bernama tetrodotoksin yang bahkan lebih mematikan daripada sianida!

Adanya kasus kematian akibat racun tersebut membuat pemerintah Jepang sempat melarang konsumsi fugu pada tahun 1570–1870. Kendati demikian, ikan beracun tersebut masih eksis hingga sekarang. Sebagai tindak pencegahan, masyarakat hanya boleh memakan olahannya dari koki berpengalaman yang berlisensi.

Memangnya, ikan buntal bisa diolah menjadi apa saja? Buat kamu yang penasaran, mari sama-sama kita lihat informasinya di bawah ini!

1. Sashimi ikan buntal

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?sashimi ikan buntal (pixabay.com/takedahrs)

Olahan makanan ikan buntal yang paling umum adalah sashimi. Nama lainnya berupa fugusashi atau tessa. Untuk membuatnya, koki akan mengiris tipis daging ikan, bahkan lebih tipis daripada hidangan sashimi pada umumnya.

Selanjutnya, koki menyusun irisan fugu tadi ke atas piring membentuk seperti kelopak bunga krisantemum dengan sejumlah garnish, meliputi lobak, taoge, hingga bunga. Supaya makin maknyus, cocol daging dengan ponzu, yakni kecap berbahan dasar jeruk.

2. Shabu-shabu ikan buntal

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?ilustrasi shabu-shabu ikan buntal (pixabay.com/Standpoint)

Fugu juga dapat dinikmati dalam shabu-shabu, lho. Buat kamu yang gak tahu, shabu-shabu merupakan sejenis hot pot ala Jepang.

Jadi, untuk menikmatinya, celupkan daging ikan ke dalam air atau kaldu mendidih. Kalau sudah matang, kamu dapat menyantapnya langsung atau juga boleh mencocolnya terlebih dahulu dengan saus wijen atau kecap ponzu.

3. Tecchiri

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?fugu chirinabe (blog.goo.ne.jp)

Tecchiri juga termasuk salah satu jenis hot pot ala Jepang. Nah, apabila hidangannya menggunakan fugu, sebutannya menjadi fugu chirinabe. Olahan makanan yang satu ini merupakan hidangan khas dari Prefektur Yamaguchi, Kansai, lantaran dekat dengan laut yang banyak ikan buntalnya.

Tecchiri yang satu ini gak hanya terdiri atas daging fugu, tapi juga dilengkapi dengan jamur, tahu, dan aneka sayuran yang dimasak dalam kaldu dashi. Rasanya yang mild cocok untuk kamu yang baru pertama kali cobain ikan beracun ini.

4. Tataki ikan buntal

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?tataki ikan buntal (fugu-sakai.com)

Ada cara lain untuk mengolah ikan beracun ini, yaitu dengan tataki. Lewat teknik memasak tersebut, daging ikan bakal dimasak secara cepat supaya bagian luarnya terbakar, tapi bagian dalamnya tetap dibiarkan mentah.

Daging yang sudah siap lalu diiris menjadi potongan besar. Biasanya, tataki gak dimakan begitu saja. Kamu dapat menyantapnya bersama myoga atau jahe Jepang, jeruk nipis sudachi, dan kecap ponzu.

5. Fugu Shirako

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?fugu shirako (gionkappou-fujiwara.com)

Ikan buntal memang sudah termasuk makanan ekstrem. Namun, kalau kamu mau yang next level, wajib banget coba fugu shirako. Apa itu? Nah, shirako merupakan bagian kelamin fugu jantan yang mengandung sperma.

Cara makan shirako bisa dengan melahapnya mentah-mentah dengan baluran wasabi dan kecap ponzu. Kalau kurang suka, kamu bisa menyantap yang versi hot pot ataupun tempura. Katanya, sih, shirako terasa creamy dengan sedikit rasa asin lautan. Hmm, kamu mau cobain, gak?

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orang

6. Karaage ikan buntal

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?karaage ikan buntal (instagram.com/lineatstheworld)

Siapa bilang karaage cuma terbuat dari ayam? Nyatanya, fugu juga bisa menjadi bahan dasarnya, lho. Selain itu, sensasi makan karaage yang satu ini pun cukup berbeda.

Di setiap gigitan, kamu dapat merasakan kombinasi daging ikan yang kenyal dengan balutan tepung renyah nan kriuk. Rasanya semakin nikmat dengan irisan jeruk nipis sudachi dan taburan garam. Cocok juga untuk para first timer, nih.

7. Fugu bakar

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?fugu bakar (dfc.ne.jp)

Ikan buntal bakar juga dapat menjadi alternatif buat yang gak suka makan makanan mentah, lho. Jadi, fugu harus menjalani proses masak sumibiyaki dahulu, yakni membakar ikan di atas arang yang membara.

Kalau dibakar begitu saja, tentu rasanya kurang mantul. Itu sebabnya fugu juga mendapat olesan saus teriyaki yang manis-asin. Sensasinya jadi mirip ikan bakar di Indonesia gitu, deh.

8. Kulit ikan buntal

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?olahan kulit ikan buntal yang digoreng (torafugu.co.jp)

Bukan cuma dagingnya, kulit fugu pun bisa menjadi santapan yang cukup menjanjikan. Mengandung kolagen yang tinggi, olahan makanan ini sebenarnya muncul supaya tidak ada bagian ikan yang terbuang percuma.

Cara makannya pun beraneka ragam. Pertama, kulit ikan beracun ini dapat kamu konsumsi mentah-mentah layaknya sashimi. Kedua, kamu boleh merebus dan menyajikannya bersama kecap ponzu. Terakhir, kulit ikannya juga dapat kamu bakar atau deep-fried supaya crispy. Mau pilih cara yang mana, nih?

9. Fugu ojiya

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?fugu ojiya (fugusashi.com)

Sewaktu makan sashimi fugu, kamu tiba-tiba ngidam nasi, nih. Eits, tenang aja, Guys. Hidangan yang satu ini bisa, kok, dipasangkan dengan sahabat orang Indonesia, yaitu nasi. Gak sepenuhnya berbentuk bulir, sih, melainkan dalam bentuk bubur alias fugu ojiya.

Biasanya, kamu menyantap bubur nasi ini setelah memakan sashimi. Pelayan restoran bakal memasakkanmu fugu ojiya ataupun sup fugu chiri.

10. Hirezake

10 Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Buntal, Berani Coba?hirezake (fugu-sakai.com)

Terakhir ada hirezake. Olahan fugu yang satu ini sangatlah unik karena sirip ikan buntal diolah menjadi sake. Bukan serta merta langsung dimasukkan ke dalam arak, sirip ikan perlu dibakar di atas arang dulu.

Kemudian, sirip bakar tersebut dimasukkan ke dalam segelas kanzake atau 'sake hangat', lalu diberi penutup. Rasa yang tercipta dari proses tersebut adalah minuman arak yang gurih dan smoky. Kira-kira, kamu tertarik meminumnya?

 

Sekalipun beracun, ada banyak olahan makanan ikan buntal yang bisa kamu coba, mulai dari sashimi, karaage, bahkan sake. Apakah kamu berani menjajal cita rasa fugu dengan taruhan nyawamu sendiri?

Baca Juga: 7 Fakta Fugu, Jenis Ikan Diodontidae yang Gak Punya Sisik

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya