Comscore Tracker

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan 

Penikmat soto, angkat tangannya! #LokalIDN

Siapa sih yang nggak suka soto? Makanan berkuah yang umumnya memiliki isian nasi, bihun, suwiran ayam, dan beberapa sayuran ini punya rasa yang segar dan cocok dijadikan makanan untuk sarapan, bahkan makan siang. Setiap kota di Indonesia sepertinya punya ciri sotonya masing-masing dan punya warung-warung soto legendaris yang selalu jadi tujuan untuk mengisi perut.

Seperti di Yogyakarta, ada beberapa warung soto yang cukup terkenal dan bahkan sudah buka selama beberapa dekade. Nggak percaya? Simak deh ulasan di bawah ini, lima warung soto legendaris di Yogyakarta yang bisa dijadikan tempat sarapan sampai makan siang!

1. Soto Kadipiro

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan instagram.com/haryosetyow

Sudah buka sejak 1928, Soto Kadipiro jelas layak mendapatkan sematan legendaris. Tak hanya karena usianya yang sudah hampir satu abad, tapi cita rasa soto yang nggak berubah dari tahun ke tahun membuat penggemarnya enggan berpindah ke lain hati. Cabang warung soto satu ini ada banyak dan tersebar di beberapa daerah di Yogyakarta. Harga makanan di Soto Kadipiro mulai dari Rp3.000 sampai Rp18.000 saja. Buka mulai dari jam 08.30 sampai sore, kamu nggak perlu bingung mau sarapan apa besok hari! 

2. Soto Sampah

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan instagram.com/sotosampahjogja_

Eits, jangan buru-buru ilfeel dengan namanya, ya? Soto Sampah adalah salah satu warung soto yang lumayan terkenal, lho, di Yogyakarta. Meski namanya sedikit aneh, tapi rasa sotonya... Juara! Sudah buka sejak 1970, soto ini dijuluki sebagai Soto Sampah karena penuhnya piring dengan aneka isian seperti bihun, taoge, tomat, daging, dan lain sebagainya. Terletak di sebelah timur Keraton Yogyakarta dan punya harga yang super miring, nggak heran banyak yang menaruh minat di warung ini. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penginapan untuk Staycation di Yogyakarta saat Pandemik

3. Soto Pak Marto

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan instagram.com/ericekos

Berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, Ngampilan, Yogyakarta, Soto Pak Marto juga bisa menjadi tujuan kamu sarapan atau makan siang. Terbukti masih buka sejak 1960, Soto Pak Marto menyediakan beragam soto dan aneka lauk pauk yang nggak kalah enak. Namun, yang perlu kamu coba adalah tahu bacem dan babat bacemnya yang jelas nampol lezatnya! 

4. Soto Pak Sholeh

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan instagram.com/dyodoran

Nggak lengkap jika ngomongin soto legendaris Yogyakarta tanpa Soto Pak Sholeh. Sudah berdiri sejak 1952, soto ini unik karena kamu tidak akan menemukan menu perkedel di sana dan adanya bihun dalam soto. Walau begitu, sotonya nggak kalah nikmat! Cabangnya sih sudah banyak, tapi yang utama ada di Jl. Wiratama, Tegalrejo. Selain itu, warung Soto Pak Sholeh ini setia, lho. Mereka tidak pernah berganti merek kecap sejak dulu. 

5. Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi

5 Warung Soto Legendaris di Yogyakarta, Cocok buat Sarapan instagram.com/javafoodie

Sudah banyak diulas oleh food vlogger, Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj Hadi terbukti nikmat! Apalagi mengingat warung ini sudah berdiri sejak tahun 60-an, banyak yang menyematkan bahwa ini adalah warung soto ayam kampung terenak di Yogyakarta. Walau terkenal dengan soto ayam kampungnya, kamu juga bisa pesan soto daging sapi dan ayam kampung goreng. 

Duh, melihat rekomendasi warung soto di Yogyakarta barusan rasanya bikin ngiler! Kamu nggak perlu ragu lagi sih untuk mencoba makan soto untuk sarapan atau makan siang bersama keluarga atau teman kantor esok hari di salah satu warung tersebut. Nggak semata-mata karena legendaris, tapi juga sudah banyak mendapat ulasan positif. Selamat makan enak! 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya