Comscore Tracker

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!

Duh, jadi pengin makan yang anget-anget... #IDNTimesFood

Siapa, nih, yang suka nonton drama Korea? Kamu pasti gak asing lagi sama berbagai makanan, termasuk sup yang sering muncul di drama-drama yang kamu nonton. Jika diperhatikan, sup ala Korea berbeda dari buatan Indonesia yang pakai kentang, wortel, dan aneka sayuran lain.

Nah, di antara banyaknya jenis yang ada, berikut enam sup Korea yang paling populer, bahkan di dunia. Kira-kira ada apa saja ya?

1. Kalguksu

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!kalguksu (instagram.com/colorful.palate)

Kalguksu adalah makanan yang wajib dinikmati saat musim panas datang di Korea Selatan. Terbuat dari mi yang dipotong dengan pisau secara manual, kaldu kerang, ikan teri kering, dan aneka bahan lain, biasanya jadi kudapan saat suasana sedang panas yang berangin. 

Meskipun kalguksu seafood adalah yang paling populer, ada jenis lain yang tetap wajib dicoba. Seperti jjanppong kalguksu atau rasa pedas, dak kalguksu atau ayam, dan beodeot kalguksu atau rasa jamur. 

2. Samgyetang

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!samgyetang (instagram.com/bigmom10)

Samgyetang adalah sup yang dibuat dari ayam utuh dan dimasak dengan ginseng, bawang putih, dan nasi. Seperti yang kamu ketahui bahwa di Korea Selatan, ginseng sangat dipuja karena khasiatnya. Sebut saja untuk menurunkan gula darah, meningkatkan imun dan stamina. 

Samgyetang menjadi lebih populer saat musim panas karena orang-orang banyak berkeringat dan kehilangan banyak gizi. Selain karena bergizi, makanan ini juga populer karena harganya yang murah. 

3. Gamjatang

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!gamjatang (instagram.com/simon_65)

Dibuat dari tulang babi dan kentang, ada sup bernama gamjatang yang gak kalah enak. Apalagi diberi bumbu seperti pasta kacang, bubuk cabai, dan bawang putih yang direbus dalam panci. Nah, supaya kian nikmat biasanya ditaburi dengan daun wijen dan jadi lauk nasi. 

Gamjatang berasal dari daerah Incheon dan awalnya merupakan makanan pekerja bangunan. Kini, gamjatang justru terkenal sebagai sup pereda pengar yang gak hanya terkenal di Korea Selatan, tapi sudah meluas ke Asia Tenggara, Amerika Serikat, dan Eropa. 

Baca Juga: Sarapan Spesial! 5 Resep Makanan ala Korea dengan Bahan Telur 

4. Dwaeji gukbap

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!dwaeji gukbap (instagram.com/wukjinkim)

Dwaeji gukbap adalah sup asal Korea Selatan yang dibuat dari miso, daging babi, kecap, minyak wijen, kaldu, dan anggur beras. Sebagai lauk teman makannya akan disajikan juga kimchi, bawang putih, udang, dan lain-lain. Paling nikmat, sup ini dimakan selagi panas saat masih ada asap mengepul.

Awalnya, dwaeji gukbap dikenal sebagai makanan orang miskin, terutama saat perang Korea pada tahun 1950-an. Namun seiring berjalannya waktu, sup ini mulai jadi makanan yang populer dan biasanya dinikmati sambil minum soju

5. Kongguksu

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!kongguksu (instagram.com/zagat)

Ini dia yang paling sering muncul di drama, kongguksu atau sup dingin yang dibuat dari mie dan kaldu susu kedelai dingin. Teknik membuat kaldu susu kedelai ini awalnya dibuat dengan memasak dan menghaluskan kedelai dan biji wijen, gak heran kalau rasanya khas banget. 

Banyak orang yang menambahkan es batu ke dalam kuah sehingga rasanya jadi lebih dingin. Nantinya, di atas hidangan akan ditambah mentimun dan tomat yang diiris halus. 

6. Galbitang

6 Sup Khas Korea Selatan Terpopuler, Sering Muncul di KDrama!galbitang (instagram.com/savvy_mode)

Gak kalah enak dan wajib diburu saat bertandang ke Korea Selatan, berikutnya ada galbitang. Ini merupakan sup yang dibuat dari iga sapi dan lobak yang dimasak selama 4 sampai 5 jam.

Saat dimasak, daging iga akan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, garam, kecap, dan lain-lain. Karena dibuat dari iga sapi, tentu harga galbitang lumayan mahal dan dianggap sebagai sup istimewa dan disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara jamuan makan.

Sup asal Korea Selatan di atas sering muncul di drama dan film dengan adegan yang berhasil bikin ngiler. Kira-kira, mana yang paling pengin kamu coba?

Baca Juga: Pedas dan Segar, Makanan Tradisional Korea Ini Manfaatnya Hebat!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya