Comscore Tracker

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!

#ANGPOIN Gak perlu jauh-jauh ke Palembang buat makan pempek!

Siapa yang gak tahu pempek? Meski termasuk makanan khas Palembang, gak sulit menemukan olahan ikan ini di kota lain, termasuk Yogyakarta. Banyak kok tempat makan pempek terenak di Yogyakarta yang bisa dikunjungi dan bikin puas makan seperti makan langsung di kota aslinya. 

Pempek memang gak bisa bikin kenyang seperti saat makan gudeg, tapi cocok banget jadi hidangan penunda lapar. Berikut ini adalah rekomendasi tempat makan pempek di Yogyakarta yang sayang banget dilewatkan. Yuk coba!

1. Pempek Laris

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!pempek laris (instagram.com/mahasiswakulineran)

Kata siapa makan pempek itu harus mahal? Coba datang ke Pempek Laris yang berlokasi di samping Stadion Mandala Krida ini, harganya berkisar Rp5.000-an saja, lho!  Meskipun murah, rasa daging ikannya tetap terasa dan cukanya pun enak.

Nyaris gak pernah sepi, apalagi saat sore, banyak mahasiswa yang makan pempek di sini sehabis olahraga atau kuliah. 

Lokasi: Stadion Mandala Krida. Baciro, Gondokusuman, Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta

Harga: Rp5.000,-an

Hari dan jam buka: setiap hari, 10.00 sampai 21.00 

2. Pempek MC Oji

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!pempek mc oji (instagram.com/tumbarmerica)

Berlokasi gak jauh dari pusat kota, ada Pempek MC Oji yang sama enaknya. Meski tempatnya sederhana, tapi banyak yang jadi langganan tetap di sini lho, apalagi yang doyan cuko pedas. Yummy

Menu yang terkenal di sini sih pempek lenggangnya, lembut dan bisa ganjel perut saat lapar tapi gak mau makan berat. Harganya pun masih terbilang murah. Cocok untuk lidah dan kantong mahasiswa. 

Lokasi: Taman Siswa Nomor 101, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta

Harga: Rp15.000-an

Hari dan jam buka: setiap hari, 10.00 sampai 21.00

3. Pempek Ny Kamto

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!pempek ny kamto (instagram.com/pempek_nykamto)

Sudah punya banyak cabang, Pempek Ny Kamto jadi salah satu tempat makan pempek terenak di Yogyakarta dan termasuk yang paling terkenal. 

Tentu bukan tanpa alasan, rasanya yang autentik selalu bikin nagih mereka yang penggemar berat makanan khas Palembang ini. Well, kalau ke sini jangan lupa cicip pempek kulitnya, ya. Mantap! 

Lokasi: punya banyak cabang di Yogyakarta, salah satunya di Jalan Beskalan Nomor 3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

Harga: Rp15.000,-an

Hari dan jam buka: setiap hari, 09.00 sampai 20.45

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Minang di Yogyakarta Ini Rekomendasi Warga Lokal

4. Pempek Ulu Bundar

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!ilustrasi pempek (instagram.com/tumbarmerica)

Gak kalah terkenal dari rekomendasi sebelumnya, namanya Pempek Ulu Bundar. Cabangnya tersebar di kota dan semuanya sering ramai pembeli, apalagi saat sore hari. 

Nah, kalau di Pempek Ulu Bundar ini yang wajib dijajal adalah pempek kapal selamnya. Puas banget deh makannya pakai cuko pedasnya juga. Eits, gak cuma pempek, mereka juga sedia siomay yang gak kalah enak kok. 

Lokasi: Jalan C. Simanjuntak Nomor 4, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Harga: Rp15.000,-an

Hari dan jam buka: setiap hari, 09.00 sampai 22.00

5. Pempek Palembang Mang Pari 19 Ilir

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!pempek mang pari (instagram.com/gembulfoodie)

Pempek Palembang Mang Pari Ilir punya tempat yang sederhana, tapi soal rasa pempeknya mantap! Ada di kawasan kampus, makanya tempat ini ramai terus oleh mahasiswa sampai pekerja kantoran. 

Dulu sih lokasinya di Tamansiswa dan pindah ke Pandeyan, tapi tetap saja pelanggannya gak ikutan pindah. Banyak yang bilang jika di sini rasanya autentik Palembang banget. Gak penasaran? 

Lokasi: Tohpati Nomor 62, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Harga: Rp10.000,-an

Hari dan jam buka: setiap hari, 08.00 sampai 22.30

6. Siomay dan Pempek Aditya

6 Tempat Makan Pempek Terenak di Yogyakarta, Rasanya Autentik!pempek aditya (instagram.com/mahasiswakulineran)

Kalau yang satu ini lokasinya ada di Selatan Yogyakarta, namanya Siomay dan Pempek Aditya. Di sini yang wajib dicobain adalah pempek kulit dan lenjer karena ikannya berasa banget. 

Sesuai namanya, mereka juga sedia siomay dengan bumbu kacang yang gak kalah enak. Jadi, kalau kurang kenyang makan pempek, bisa tambah siomaynya, nih. 

Lokasi: Parangtritis Nomor Km.3,5, Randubelang, Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga: Rp10.000,-an

Hari dan jam buka: setiap hari, jam 11.00 sampai 22.00

Itulah sederet rekomendasi tempat makan pempek enak di Yogyakarta yang bisa dituju saat ingin makan enak, tapi gak bikin kenyang banget. Jangan lupa share ke teman dan ajak makan bareng, ya! 

Baca Juga: 5 Resep Membuat Pempek yang Empuk dan Gurih, Rasanya Paling Endeus

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya