Comscore Tracker

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutin

#IDNTimesFood Semuanya lezat dan menyehatkan

Makanan dan minuman ramah jantung adalah bagian mutlak penting dari diet kita. Minuman sehat jantung sangat penting khususnya, karena kita semua harus minum untuk bertahan hidup. Minuman memengaruhi kesejahteraan kita dan berkontribusi pada kesehatan jantung dan tubuh.

Seperti yang kita tahu, apa pun yang kita masukkan ke dalam tubuh sangat memengaruhi keadaan tubuh kita, termasuk jantung. Karena itu, sudah sepatutnya kita selektif dalam memilih apa yang kita minum demi menjaga jantung tetap sehat. Berikut adalah daftar minuman untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

1. Kopi

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutinilustrasi secangkir kopi (pexels.com/Kaboompics.com)

Bagi individu yang tidak sensitif terhadap kopi, minum kopi dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi kardiovaskular. Sebuah tinjauan terhadap 36 studi dalam jurnal Circulation menemukan bahwa individu yang minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Minum kopi dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke dan gagal jantung.

Perlu dicatat, semakin banyak kopi yang kamu minum belum tentu memberikan efek yang lebih baik. Jadi, kamu harus membatasi konsumsi kopi hingga lima cangkir per hari. Di luar itu, kopi mungkin akan menyebabkan rasa gelisah atau kesulitan tidur bagi sebagian orang. Selain itu, untuk menjaga kopi tetap sehat, batasi penggunaan krim yang mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi.

2. Teh kembang sepatu

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutinilustrasi kembang sepatu kering (unsplash.com/Charles Deluvio)

Sama seperti namanya, teh kembang sepatu terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu atau Hibiscus sabdariffa. Teh kembang sepatu memiliki rasa asam dan merupakan sumber antioksidan polifenol yang kuat serta memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Sebuah studi yang tercatat dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 250 mL minuman ekstrak kembang sepatu setiap hari, secara signifikan dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dan tingkat peradangan, dibandingkan dengan minum air putih. Teh kembang sepatu dapat dinikmati dalam bentuk kering atau dalam kantong teh dan dinikmati panas atau dingin.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker, Hindari Sebelum Terlambat

3. Minuman kakao

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutinilustrasi minuman cokelat (pixabay.com/stevepb)

Kakao mengandung mineral dan antioksidan yang baik bagi fungsi jantung. Menurut penelitian ilmiah yang dilaporkan dalam jurnal Nutrients, menikmati produk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Salah satu cara terbaik menikmati kakao dan tetap mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengolah kakao menjadi minuman cokelat. Untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam secangkir susu panas. Taburi dengan bubuk kayu manis dan madu atau sirup maple sebagai pemanis alami.

4. Teh hijau dan matcha

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutinilustrasi teh hijau (pixabay.com/appledeng)

Matcha maupun teh hijau sama-sama mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi, namun matcha mengandung EGCG dalam tingkat yang lebih tinggi. EGCG merupakan senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Konsumsi matcha maupun teh hijau diketahui mampu meningkatkan kesehatan jantung. Studi dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan lemak di dinding arteri, dan membantu mengurangi peradangan serta kerusakan sel. Karena alasan ini, asupan teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Air jeruk

5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Perlu Diminum Rutinilustrasi air lemon (pexels.com/PhotoMIX Company)

Menambahkan potongan buah sitrus segar ke dalam minuman dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Buah sitrus, seperti lemon dan jeruk kaya akan manfaat kesehatan dan senyawa tanaman bermanfaat, seperti minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa minum jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Menjaga hidrasi yang baik juga bsangat penting untuk fungsi jantung, dan sebaliknya, dehidrasi dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular, termasuk stroke. Jadi, cobalah menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, jeruk, atau jeruk bali ke dalam air untuk menambah rasa dan mendapatkan manfaat kesehatan.

Kondisi jantung bergantung pada nutrisi yang masuk ke tubuhmu. Mengikuti diet sehat yang kaya akan makanan padat nutrisi sangat penting untuk menjaga sistem kardiovaskular dalam kondisi prima. Memilih minuman yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat, seperti beberapa minuman di atas diketahui mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Konsumsi di Pagi Hari, 5 Minuman yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya