Comscore Tracker

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol 

Penikmat jengkol mari merapat 

Jengkol merupakan makanan favorit bagi sebagian masyarakat. Namun sayangnya, efek samping yang ditimbulkan dari makanan ini membuat penikmatnya mesti membatasi konsumsi makanan ini. Ya, apalagi kalau bukan masalah bau mulut yang ditimbulkan setelah mengonsumsi jengkol? Aroma tak sedap akibat jengkol memang bisa menetap beberapa waktu dan cukup mengganggu aktivitas.

Padahal sebenarnya ada cara praktis yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap ini. Buat kamu penikmat jengkol, segera lakukan langkah ini untuk segera menghilangkan bau mulut akibat jengkol.

1. Kunyah permen karet mint

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol Unsplash.com/Fardad armoodian

Permen karet rasa mint memiliki fungsi ganda sebagai pencuci sisa makanan yang menempel di gigi sekaligus menyegarkan mulut setelah makan jengkol.

2. Kopi

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol Health.harvard.edu

Selama ini bubuk kopi dikenal dapat menetralkan bau tak sedap. Hal ini juga berlaku untuk menghilangkan bau mulut. Seduh kopi pahit tanpa gula atau bubuk kopi segera setelah mengonsumsi jengkol

3. Susu

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol Unsplash.com/Brian Suman

Susu mengandung senyawa allyl sulfida metil yang berguna menetralkan bau mulut akibat jengkol. Tak hanya jengkol, susu juga bisa menetralkan aroma mulut yang tak sedap karena bahan-bahan lain.

Baca Juga: 6 Cara Memasak Jengkol yang Nikmat, Bau dan Pahitnya Hilang

4. Pasta gigi

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol Unsplash.com/Phuong Tran

Untuk menghilangkan aroma yang tak sedap akibat konsumsi jengkol, segera sikat gigi untuk menghilangkan sisa jengkol yang tersisa di dalam mulut. Pilih pasta gigi dengan kandungan flouride lantaran terbukti bermanfaat untuk mengurangi bau tak sedap.

5. Obat kumur

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol medicalnewstoday.com

Obat kumur dapat mengangkat sisa kotoran pada bagian-bagian yang tak terjangkau oleh sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi. Selain itu, obat kumur juga dapat membuat aroma mulut menjadi segar dengan seketika.

6. Soda

6 Cara Praktis nan Ampuh Atasi Bau Mulut setelah Makan Jengkol nypost.com

Minuman berkarbonasi seperti soda berkhasiat menghilangkan bau mulut, termasuk yang diakibatkan oleh jengkol. Untuk itu, jangan lupa sediakan minuman bersoda saat makan jengkol ya.

Sekarang kamu penikmat jengkol tidak perlu ragu menikmati makanan favoritmu ini karena dengan 6 cara di atas, bau mulut dapat diatasi dengan mudah.

Baca Juga: Resep Semur Jengkol yang Empuk dan Gak Bau, Bikin Kalap!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You