Comscore Tracker

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka

#RamadanMasaKini Semuanya tanpa gula tambahan

Selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa buka puasa dengan minuman yang manis merupakan kebiasaan yang bagus, bahkan dianjurkan. Padahal faktanya, konsumsi minuman yang manis saat berbuka justru memicu peningkatan kadar gula darah dan asam lambung secara drastis yang dapat menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh.

Tapi tenang, buat kamu yang sudah terlanjur hobi berbuka dengan minuman yang manis-manis, ada kok minuman manis yang gak akan menimbulkan masalah, bahkan cenderung baik bagi tubuh. Lantas apa saja minuman manis yang baik dikonsumsi saat berbuka? Ini dia.

1. Jus semangka

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbukaediblephoenix.ediblecommunities.com

Semangka mengandung lebih dari 90 persen air. Mengonsumsi jus semangka saat berbuka dijamin ampuh dalam membuat tubuh kembali terhidrasi dan segar. Ditambah, semangka kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta mempercepat produksi kolagen yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh serta kecantikan kulit.

2. Infused water

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbukathefringenews.com

Infused water merupakan perpaduan antara air dan potongan buah yang direndam semalam. Infused water yang terbuat dari air rendaman kurma atau kismis merupakan salah satu minuman favorit Rasulullah SAW. Selain manis, minuman ini juga kaya akan manfaat seperti mencegah peningkatan asam lambung, detoksifikasi, mengembalikan energi setelah berpuasa, serta memperlancar pencernaan. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan bahan lain selain kurma seperti lemon, sayur, apel, timun, dan sebagainya.

3. Air kelapa

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat BerbukaParenture.com

Air kelapa merupakan minuman kaya manfaat yang sangat baik dikonsumsi saat berbuka. Air kelapa mengandung banyak elektrolit alami yang ampuh mengembalikan energi serta cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa juga sangat baik untuk program diet karena mampu membuat racun serta limbah dari dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Naga Segar, Cocok untuk Minuman Berbuka

4. Jus kurma susu

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat BerbukaGodairyfree.org

Perpaduan antara manisnya kurma serta gurihnya susu dijamin bikin jus kurma susu jadi sajian buka puasa yang nikmat. Tak hanya itu, jus kurma susu mengandung banyak nutrisi yang pastinya menyehatkan dan baik bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna, pastikan kamu menggunakan susu murni atau uht, serta tidak perlu menggunakan gula tambahan karena kurma sendiri sudah memiliki cita rasa yang sangat manis.

5. Smoothie pisang

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbukachiquita.de

Pisang merupakan buah yang tinggi akan kalori sehingga mampu mengembalikan energi dengan seketika saat kamu berbuka. Selain itu, pisang juga kaya akan manfaat seperti mencegah sembelit, mengendalikan tekanan darah, menguatkan tulang dan gigi, serta mencegah sekresi asam lambung berlebihan bagi penderita maag. Untuk membuat smoothie pisang, caranya cukup dengan mencampurkan potongan pisang dengan sedikit air lalu blender hingga halus.

6. Kefir

6 Minuman Manis dan Menyehatkan yang Baik Dikonsumsi Saat BerbukaBackareagardens.co.za

Beberapa waktu yang lalu masker kefir sempat booming sebagai salah satu trend kecantikan. Tapi selain untuk kecantikan, konsumsi kefir juga sangat bagus untuk kesehatan lho. Kefir merupakan produk hasil fermentasi susu yang kaya akan probiotik dan bakteri baik untuk pencernaan. Konsumsi kefir saat berbuka ampuh dalam mencegah berbagai masalah pencernaan serta meningkatkan imun tubuh.

Lalu, nomor berapa yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You