Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!

Dijamin bikin selera makan meningkat

Salah satu hewan yang banyak dijadikan kurban saat Idul Adha adalah kambing. Daging kambing sebenarnya memiliki cita rasa yang gurih dan lezat serta cocok dijadikan aneka olahan yang menggugah selera, mulai dari sate, gulai, tongseng, sup, dan sebagainya.

Sayangnya, daging kambing sendiri umumnya memiliki bau perengus yang kadang membuat sebagian orang jadi tidak berselera makan. Padahal, bau perengus ini sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau perengus pada daging kambing.

1. Pisahkan lemak pada daging kambing

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!unsplash.com/Kyle Mackie

Bau perengus pada daging kambing umumnya berasal dari lapisan lemak yang melekat pada daging. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan bau perengus, pisahkan lemak yang menempel pada daging.

Untuk memudahkan proses memisahkan lemak dari daging, masukkan terlebih dahulu daging kambing ke dalam kulkas hingga lapisan lemak membeku. Dengan begitu, kamu bisa mengiris lapisan lemak dengan lebih mudah.

2. Jangan dicuci sebelum diolah 

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!unsplash.com/Jakub Kapusnak

Mencuci daging kambing akan mengubah teksturnya dan membuat bau perengus semakin tajam. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mencuci daging kambing sebelum memasaknya.

Sebaiknya, langsung rendam daging kambing dengan air panas selama beberapa saat, setelah itu baru bumbui daging kambing dengan rempah-rempah untuk menghilangkan baunya.

Baca Juga: Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosan

3. Lumuri dengan nanas muda yang sudah dihaluskan

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!Unsplash.com/brooke lark

Nanas muda mengandung getah yang bisa membantu mengurangi bau perengus pada daging kambing. Caranya, haluskan nanas, kemudian balurkan pada daging yang hendak dimasak dan diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.

Perlu diketahui, selain menghilangkan bau perengus, nanas muda juga bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Oleh sebab itu, pastinya kamu tidak mendiamkan daging dan baluran nanas dalam waktu yang terlalu lama agar daging tidak lembek saat diolah.

4. Bungkus dengan daun pepaya 

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!unsplash.com/Hadi Utama

Daun pepaya memiliki enzim papain yang bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya, siapkan daging yang hendak diolah, kemudian bungkus dengan daun pepaya dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, daging kambing bisa diolah seperti biasa.

5. Baluri dengan garam 

5 Cara Menghilangkan Bau Perengus pada Daging Kambing, Gak Susah kok!unsplash.com/Jason Tuinstra

Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau perengus pada daging kambing. Caranya, cukup gunakan garam untuk melumuri seluruh permukaan daging kambing dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, cuci bersih untuk menghilangkan sisa garam.

Nah, karena daging kambing sudah dilumuri dengan garam sebelum diolah, kamu tidak perlu menggunakan banyak garam ketika memasak daging kambing agar tidak terlalu asin nantinya.

Mengolah daging kambing agar tidak perengus memang membutuhkan sedikit langkah ekstra. Namun, dengan begitu, kamu jadi bisa menikmati daging kambing tanpa terganggu oleh aromanya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging Kurban

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya