Comscore Tracker

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi 

Yuk rutinkan

Menstruasi merupakan kondisi yang pasti dialami oleh setiap perempuan. Normalnya, tiap periode menstruasi berjarak sekitar 28 hari. Tapi bagi sebagian perempuan, terkadang mereka memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi fisik, stres, kesehatan, dan diet.

Jika kamu termasuk salah satu yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, jangan panik! Kamu bisa rutin mengonsumsi sejumlah makanan berikut untuk memperlancar siklus menstruasi.

1. Jahe

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi medicalnewstoday.com

Manfaat jahe bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Dari mengobati flu, gangguan pencernaan, hingga menstruasi tidak teratur. Kandungan vitamin C dan magnesium dalam jahe dapat membantu rahim berkontraksi, yang pada akhirnya dapat membantu menstruasi kembali lancar.

2. Lidah buaya

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi mqflavor.com

Lidah buaya bermanfaat dalam membantu mengendalikan dan mengelola hormon, termasuk salah satunya mengatur periode menstruasi. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, campur satu sendok teh madu dengan gel lidah buaya segar dan minumlah setiap hari sebelum sarapan.

3. Nanas

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi Unsplash.com/brooke lark

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang membantu meluruhkan lapisan rahim dan merangsang menstruasi. Buah ini juga berkhasiat meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang membantu memperlancar aliran darah.

Baca Juga: Periode Menstruasi Jadi Lebih Panjang? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

4. Pepaya mentah

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi unsplash.com/Miguel Maldonado

Konsumsi pepaya mentah setiap hari dapat membantu membuat periode menstruasi selalu lancar. Sebab, pepaya mentah membantu otot-otot di dalam rahim berkontraksi yang membantu melepaskan darah dan jaringan dari vagina.

5. Kopi

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi healthline.com

Kandungan kafein di dalam kopi berkhasiat untuk merangsang estrogen, yang menyebabkan menstruasi tepat pada waktunya. Kafein juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit selama menstruasi.

6. Kacang

Mudah Didapat, 6 Makanan Sehat Ini Bantu Lancarkan Siklus Menstruasi Godairyfree.org

Kacang almond dan kenari bisa jadi pilihan cemilan yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Kedua jenis kacang ini kaya akan serat dan protein yang fungsinya menginduksi panas internal yang selanjutnya dapat menjadi dasar untuk membuat periode menstruasi lebih teratur.

Demikian, selain melancarkan siklus menstruasi, konsumsi makanan di atas secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan lho.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Saja

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You