Comscore Tracker

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!

Yuk konsumsi setiap hari

Usus besar adalah organ yang merupakan bagian dari saluran pencernaan dalam tubuh. Ketika makanan memasuki tubuh, sebagian besar makanan akan dicerna di usus kecil, tempat vitamin dan mineral dikeluarkan. Setelah itu, makanan bergerak ke usus besar.

Di dalam usus besar terdapat bakteri yang membantu memecah makanan dan menyiapkan makanan untuk keluar dari tubuh. Usus besar yang sehat pada dasarnya memiliki fungsi pembersihan bagi tubuh. Karenanya, penting untuk menjaga usus agar senantiasa dalam keadaan sehat.

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan usus adalah dengan memperhatikan apa yang kamu konsumsi. Menurut Healthline, konsumsi jenis makanan tertentu dapat membantu mengeluarkan limbah dari tubuh melalui usus besar. Lantas apa saja makanan yang baik untuk membersihkan usus? Melansir dari Healthline dan The Healthy, berikut beberapa di antaranya.

1. Oatmeal

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!silk.com

Oatmeal mengandung serat, kalsium, dan vitamin D dalam jumlah tinggi, yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan tetap bekerja dengan baik dan mencegah sembelit. Tetapi jika kamu tidak terbiasa dengan makanan kaya serat atau kalsium, mengonsumsi beberapa jenis makanan yang tinggi serat secara sekaligus dapat menyebabkan gangguan pencernaan dalam bentuk diare, kembung, atau sembelit.

Jadi, jika kamu berencana membersihkan usus besar lewat makanan, tambahkan makanan berserat ke dalam menu makan harianmu secara sedikit demi sedikit.

2. Ikan berlemak

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!unsplash.com/David B Townsend

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Gut, didapatkan fakta bahwa pada individu yang memiliki kanker kolorektal, mereka yang meningkatkan asupan omega 3 dari ikan berlemak seperti salmon dan sarden memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menghindari ikan. Ini karena lemak omega 3 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan bahkan mempromosikan kematian sel kanker usus besar.

3. Yogurt

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!mealthy.com

Produk susu fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik yang menyehatkan usus. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, konsumsi yogurt dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 38 persen.

Ditambah, probiotik yang merupakan bakteri sehat juga dapat membantu mengurangi gas yang diakibatkan konsumsi kacang dan sayuran tertentu. Dan untuk kamu yang tidak bisa minum susu, yoghurt bisa jadi minuman pengganti susu yang mungkin cocok untuk kamu.

Baca Juga: 7 Makanan yang Ampuh untuk Mengatasi Asam Lambung, Gak Bikin Begah

4. Brokoli dan kembang kol

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!chatelaine.com

Banyak sekali jenis sayuran yang merupakan sumber serat terbaik. Dalam studi yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer, menemukan bahwa makan satu porsi sayuran hijau yang dimasak dapat menurunkan risiko kanker usus sebesar 24 persen dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari jumlah itu.

Menurut The Healthy, cara termudah untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup serat adalah dengan memastikan bahwa setiap kali makan, dua pertiga bagian dari makananmu adalah sayuran kaya serat, seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung.

5. Beras coklat

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!tasteofhome.com

Kamu juga perlu mulai mengganti makanan yang tinggi karbohidrat sederhana dengan biji-bijian utuh, seperti beras coklat, gandum, dan quinoa. Biji-bijian utuh ini kaya akan serat sehingga menjadi makanan yang ampuh membersihkan usus. Menurut laporan dari Harvard T.H Chan School of Public Health pada 2017, makan tiga porsi biji-bijian ini setiap hari mampu menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 17 persen.

6. Kacang dan polong

6 Makanan yang Ampuh Bersihkan Usus Besar, Cegah Penyakit Kronis!health.harvard.edu

Kacang dan polong juga termasuk sumber serat yang baik. Menurut The Healthy, orang-orang yang mendapatkan sumber serat dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan polong-polongan memiliki kemungkinan 35 persen lebih kecil untuk memiliki polip usus, yaitu sekelompok kecil sel di lapisan usus besar yang dapat berkembang menjadi kanker, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi sedikit kacang. Selain itu, kacang juga mengandung phytochemical pelindung kanker.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang mampu membersihkan usus dan mencegah berbagai penyakit kronis. Untuk mendapatkan manfaat sebagai pembersih usus dari makanan tersebut, tentunya kamu harus mengonsumsi satu atau kombinasi dari makanan di atas setiap harinya.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memasak yang Bisa Bikin Makanan Beracun, Bahaya Banget!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya