Comscore Tracker

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan

Jangan buru-buru minum obat

Radang tenggorokan disebabkan oleh banyak faktor, seperti virus, bakteri, dan alergi. Saat mengalami radang tenggorokan, biasanya seseorang akan merasakan sensasi gatal dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang membuat orang tersebut sulit menelan dan tidak nafsu makan.

Tapi sebenarnya, ada makanan yang bisa meredakan rasa sakit akibat radang tenggorokan serta mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berikut ini beberapa makanan terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan.

1. Telur

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Haley Hamilton

Selain menjadi sumber protein yang baik, telur juga dapat membantu mengurangi iritasi dan peradangan yang umumnya menyertai sakit tenggorokan. Dilansir dari laman Eat This Not That, makanan terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan seharusnya memenuhi tiga kriteria, yaitu lembut dan mudah ditelan, tidak mengandung asam, serta suhu ruangan atau hangat, dan telur memenuhi ketiga kriteria ini.

2. Ubi jalar tumbuk dengan bubuk kayu manis

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Louis Hansel

Menurut laman Health, ubi jalar menyediakan dua nutrisi utama sebagai penunjang kekebalan tubuh, yaitu vitamin A dan C. Ubi jalar juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Ditambah, tekstur dari ubi jalar yang dihaluskan mampu menenangkan sakit tenggorokan.

Sedangkan kayu manis berfungsi untuk menambah rasa, sekaligus sebagai sumber antioksidan potensial dan mendukung kekebalan dengan membantu melawan virus, bakteri, dan jamur.

3. Smoothie

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Brenda Godinez

Smoothie bisa menjadi makanan lengkap yang cocok untuk penderita radang tenggorokan, karena menyediakan protein sehat, lemak baik, karbohidrat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Jika kamu mengalami penurunan nafsu makan ketika terserang radang tenggorokan, konsumsi satu atau dua porsi smoothie per hari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan, dan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik dalam segelas smoothie, campurkan segenggam sayuran hijau dengan bubuk protein nabati, alpukat, susu atau air, buah, akar jahe segar, dan kunyit.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Bisa Mengurangi Anxiety, yang Mana Kesukaanmu?

4. Sup ayam

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Henrique Felix

Radang tenggorokan biasanya disebabkan karena adanya peradangan dan dehidrasi. Oleh karena itu, menurut laman Women's Health, cairan seperti kaldu dalam sup ayam akan mengisi kembali air yang hilang dari tubuh, sedangkan kandungan garamnya akan membantu tubuh menahan cairan di dalam jaringan.

5. Yogurt

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Micheile Henderson

Yogurt adalah sumber protein, karbohidrat, dan lemak baik. Ditambah, kandungan probiotik dalam yogurt bermanfaat untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari kuman berbahaya.

Tak hanya itu, tekstur yogurt yang dingin dan lembut menjadikan makanan ini lebih mudah untuk ditelan dan menenangkan tenggorokan. Sebab, bagi sebagian orang, radang tenggorokan bisa menyebabkan menelan makanan terasa tidak nyaman.

6. Bawang putih

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Matthew Pilachowski

Menurut laman Health, pendekatan untuk mengatasi radang tenggorokan ada dua bagian, yaitu mengurangi jumlah bakteri dan virus serta mengurangi iritasi lebih lanjut ke tenggorokan. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu meredakan radang tenggorokan dan mengurangi jumlah virus.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam sup, kaldu, atau sebagai teh. Minum dalam suhu hangat atau ruang akan membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat radang tenggorokan.

7. Jahe

Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokanunsplash.com/Don Shin

Jahe telah terbukti memiliki sifat analgesik, antioksidan, anti-inflamasi, juga mampu menghambat pertumbuhan strain bakteri tertentu yang berbahaya. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal, kombinasi jahe dan madu terbukti lebih efektif daripada hanya jahe atau madu saja.

Sering kali, radang tenggorokan disertai dengan postnasal drip atau tetesan di tenggorokan yang dapat mengiritasi perut dan menyebabkan mual. Nah, properti jahe sangat ampuh dalam mengatasi mual yang terjadi selama radang tenggorokan.

Selain konsumsi makanan di atas, pastikan kamu juga menghindari makanan penyebab radang tenggorokan serta perbanyak istirahat untuk mempercepat proses pemulihan.

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Aman Dikonsumsi Saat Diare, Bikin Cepat Mampat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya