Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmu

Tak sekadar memanaskan makanan #IDNTimesFood

Microwave merupakan alat dapur serbaguna yang biasa digunakan untuk menghemat waktu dalam memanaskan sisa makanan, menyiapkan makan instan, dan memanggang. Namun, tak hanya untuk memanaskan makanan, microwave juga memilih fungsi lain yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Untuk tahu apa saja kegunaan lain dari microwave, yuk, simak microwave hacks berikut ini yang telah dirangkum dari laman Livestrong dan SELF.

1. Mengeringkan herbal

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmuilustrasi herbal kering (pexels.com/Miguel Á. Padriñán)

Dehidrasi herbal segar berguna untuk memperpanjang umur simpannya. Karena microwave bekerja dengan menargetkan dan memanaskan air, microwave juga bisa menjadi alat yang hebat untuk mengeringkan herbal.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal pilih herbal yang kamu inginkan, misalnya kemangi, rosemary, atau thyme, lalu pisahkan daun dari batangnya dan letakkan daunnya di atas piring tahan microwave. Tata herbal agar tidak saling tumpang tindih dan panaskan microwave selama 10 detik. Hasilnya adalah daun hijau kering yang bisa kamu gunakan untuk membumbui hidangan.

2. Mencairkan daging beku

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmuilustrasi daging beku (pixabay.com/Shutterbug75)

Saat akan mencairkan daging beku, kebanyakan orang akan mendiamkannya atau mencucinya dengan air agar tidak beku lagi. Padahal, ada cara yang lebih cepat untuk mencairkan daging beku, yaitu dengan microwave.

Caranya mudah saja, taruh daging yang ingin kamu masak ke dalam wadah tahan panas dan masukkan ke dalam microwave, lalu panaskan microwave selama beberapa detik hingga daging tidak terlalu keras. Namun, ingat, kamu harus segera memasak daging dan unggas segera setelah dicairkan dalam microwave karena beberapa area mungkin mulai masak akibat proses pemanasan dengan microwave dan menyimpan daging yang sebagian mentah dapat menimbulkan beberapa masalah keamanan pangan.

Baca Juga: 7 Makanan yang Gak Boleh Dipanaskan di Microwave, Bisa Meledak!

3. Mematangkan pisang dengan cepat

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmuilustrasi pisang (pexels.com/Vanessa Loring)

Pisang merupakan buah favorit banyak orang dan bisa menjadi penambah energi seketika. Jika kamu tidak sabar menunggu pisang untuk matang secara alami, kamu bisa menggunakan microwave untuk mempercepat proses pematangannya.

Caranya, gunakan garpu untuk membuat lubang di seluruh pisang, ini berguna untuk mencegah pisang meledak. Kemudian, masukkan ke dalam microwave selama 1 atau 2 menit. Kamu juga bisa melakukan cara yang sama untuk mematangkan alpukat dengan cepat. Namun, perlu dicatat bahwa rasanya mungkin tidak sama dengan buah yang matang secara alami.

4. Mencairkan dan memasak sayuran beku

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmuilustrasi sayuran (pexels.com/ready Made)

Microwave membuat aktivitas makan sayuran menjadi sangat mudah. Jika kamu tidak suka membeli sayuran segar karena takut sayuran ini akan menjadi tengik dan lembek, belilah opsi beku sebagai gantinya. Kamu tidak perlu khawatir karena sayuran beku sama bergizinya dengan sayuran segar.

Nah, kamu dapat dengan mudah mencairkan sayuran beku dalam microwave dan menyajikannya sebagai lauk. Jika kamu lebih menyukai sayuran segar, microwave juga merupakan ahli dalam hal memasaknya. Sebab, metode memasak yang paling mempertahankan nutrisi adalah yang memasak dengan cepat, memanaskan makanan dalam waktu sesingkat-singkatnya, dan menggunakan cairan sesedikit mungkin. Adapun, microwave dapat memenuhi semua kriteria tersebut.

5. Mengupas kulit bawang putih

Tak Banyak yang Tahu, 5 Microwave Hacks Ini Bisa Mudahkan Pekerjaanmuilustrasi bawang putih (pixabay.com/stevepb)

Mengupas bawang putih bisa menjadi aktivitas yang membosankan, terlebih jika kita harus memakai banyak bawang putih untuk memasak. Selain memakan waktu, aktivitas mengupas bawang putih ini juga bisa meninggalkan bau bawang putih di tangan. Namun, tenang, mulai saat ini, biarkan microwave yang bekerja.

Tempatkan tiap siung bawang putih ke dalam mangkuk kecil atau di atas kertas dan microwave selama 15--20 detik tergantung pada ukuran bawang putih. Keluarkan bawang putih dari microcowave dan biarkan dingin terlebih dahulu. Nantinya, bawang putih akan dapat dengan mudah terlepas dari kulitnya. Praktis, bukan?

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa fungsi lain dari microwave. Selain untuk melakukan hal-hal di atas, apa lagi microwave hacks yang kamu ketahui, nih?

Baca Juga: 5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering Dilakukan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya