Comscore Tracker

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering Dilakukan

Apakah kamu pernah melakukannya?

Ingin memanaskan sisa makanan atau menyiapkan makanan lengkap dalam hitungan menit? Gunakan microwave saja! Microwave adalah andalan bagi kamu yang menyukai kepraktisan dan tidak punya banyak waktu.

Namun, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang dengan microwave. Mungkin, tanpa sadar kamu juga melakukannya. Check this out!

1. Memanaskan berbagai jenis makanan dalam satu piring

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering DilakukanPexels/Zen Chung

Menurut Amy Riolo, chef dan pembawa acara televisi, memanaskan berbagai jenis makanan sekaligus dalam satu piring adalah ide yang buruk. Ini bisa menyebabkan makanan kurang matang (undercooked) atau justru terlalu matang (overcooked).

Lantas, apa solusinya? Amy menyarankan untuk memasak atau memanaskan setiap jenis makanan secara terpisah. Setelah semuanya matang, baru digabung kembali dalam satu piring, sarannya di laman Insider.

2. Mengaduk atau membalik makanan membuatnya matang merata

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering DilakukanUnsplash/Priscilla Du Preez

Terkadang, gelombang mikro dari microwave menghangatkan makanan secara tidak merata. Alhasil, ada bagian yang matang, ada juga yang sedikit mentah. Apa yang harus dilakukan?

Solusinya adalah mengaduk atau membalik makanan selama proses pemasakan di microwave. Amy menyarankan untuk mengambil jeda di tengah waktu memasak untuk mengaduk atau membalik makanan.

3. Jangan memasukkan wadah berbahan styrofoam ke dalam microwave

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering DilakukanUnsplash/@ultralinx

Banyak warung atau rumah makan yang menaruh makanan kemasan takeaway di styrofoam. Ingat, jangan sekali-sekali menghangatkan makanan dalam wadah styrofoam di microwave!

Menurut Jim Mumford, chef profesional, kebanyakan styrofoam tidak didesain untuk pemanasan di microwave. Styrofoam akan terurai secara kimiawi dan memungkinkan molekul plastik larut ke dalam makanan. Lebih baik, makanan dipindahkan ke wadah lain sebelum dihangatkan dengan microwave.

Baca Juga: 7 Perbedaan Oven dan Microwave yang Wajib Kamu Ketahui

4. Jangan mencairkan buah beku di microwave

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering DilakukanUnsplash/Devin Rajaram

Agar bisa dimakan, buah beku (frozen fruit) harus dicairkan dulu. Namun, mencairkannya di microwave bukanlah ide yang brilian. Mengapa? "Memanaskan buah beku dengan microwave tidak (akan) berhasil. Ini mungkin akan menyebabkan kekacauan besar di dalam microwave," tegas Heloise Bouse, chef profesional.

Bagaimana jika kita tidak punya waktu untuk menunggu buah mencair pada suhu ruangan? Jalan keluarnya adalah menaruh buah beku di kantong plastik, lalu rendam kantong tersebut di dalam air panas, laman Insider menganjurkan.

5. Telur rebus bisa meledak jika dipanaskan di microwave

5 Kesalahan Memasak dengan Microwave yang Sering DilakukanUnsplash/Enrico Mantegazza

Jangan coba-coba memanaskan telur rebus di microwave karena bisa meledak! Sehingga, sulit untuk memasak telur rebus di microwave tanpa menimbulkan kekacauan. "Gelombang mikro memasak sesuatu dari dalam ke luar, yang berarti memasukkan telur ke dalam microwave akan membuatnya meledak. Dan bahkan jika tidak (meledak), telurnya akan terasa kotor," ucap Heloise pada Insider.

Sebenarnya, ada cara untuk merebus telur dengan microwave. Buatlah lubang kecil pada cangkang telur, lalu rendam dalam semangkuk air panas. Kemudian, microwave mangkuk tersebut selama 3-4 menit dengan daya 50 persen. Semoga berhasil!

Nah, itulah kesalahan memasak dengan microwave yang kerap dilakukan. Hayo, kamu sering melakukan yang mana?

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Microwave yang Mudah dan Tepat, Gampang Banget!

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya