Comscore Tracker

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!

Cita rasa manis hingga gurih, semuanya lezat

Filipina merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki kekayaan alam menakjubkan, terutama pantainya. Selain itu, kekayaan kulinernya pun beragam. Kian unik dengan adanya pengaruh budaya Spanyol.

Salah satu bahan makanan favorit orang Filipina, yakni makaroni. Tentunya kamu sudah gak asing lagi dengan makaroni. Jenis pasta ini mudah ditemukan dan diolah menjadi beragam kuliner. 

Ingin membuat olahan makaroni khas Filipina, tapi tetap cocok dengan lidah orang Indonesia? Berikut ini lima olahan makaroni ala Filipina yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, simak!

1. Sweet macaroni salad

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!angsarap.net

Kalau di Indonesia, banyak olahan makaroni dengan cita rasa pedas atau asin. Lantas, bagaimana dengan rasa manis? Di Filipina ada sweet macaroni salad. Makanan satu ini termasuk dessert. Makanan penutup ini sangat populer dan sering disajikan saat Natal.

Sweet macaroni salad merupakan campuran koktail buah, susu, keju dan krim. Kamu pun bisa menambahkan nata de coco. Udah kebayang manis dan segarnya, kan? Cocok juga buat menu buka puasa, nih!

2. Sopas

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!lutongbahayrecipe.com

Sopas merupakan sup ayam yang lezat dan populer di Filipina. Pas banget buat kamu yang ingin menikmati olahan makaroni yang hangat dan berkuah. Tentunya makaroni ini dimasak dengan beberapa sayuran, seperti wortel, paprika, seledri, dan kubis. 

Selayaknya memasak sayur sup, tapi kali ini porsi makaroni lebih banyak. Kamu juga bisa menambahkan kentang dan irisan sosis. Sedangkan kuahnya terbuat dari kaldu dan daging ayam, tapi bisa diganti daging sapi atau babi.

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Makaroni Lembut, Bisa Dipadukan Jadi Menu Apa Saja

3. Chicken baked macaroni

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!kawalingpinoy.com

Chicken baked macaroni bisa kamu jadikan menu makan malam bareng keluarga, nih. Sederhanya, merupakan makaroni, daging ayam, dan keju yang dipanggang. Namun, kamu bisa menambahkan bawang bombai, jamur, dan paprika. 

Buat kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, pastikan tidak terlalu lama merendamnya dalam air mendidih. Cukup 1 hingga 2 menit saja. Tambahkan pula kaldu ayam supaya makin sedap. 

4. Chicken macaroni salad

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!angsarap.net

Chicken macaroni salad hampir mirip dengan sopas, tapi kerap dijadikan hidangan penutup. Biasanya juga disajikan saat perayaan tertentu, seperti ulang tahun dan Natal. Uniknya, bukan hanya ditambahkan sayur, tapi juga buah seperti nanas dan apel. 

Sedangkan untuk pengganti daging ayam bisa menggunakan jenis daging lainnya. Ini merupakan versi gurih dari salad makaroni manis, yang juga sama-sama jadi makanan penutup.

5. Sparoni

5 Olahan Makaroni ala Filipina, Cocok dengan Lidah Orang Indonesia!instagram.com/wilburrt

Satu lagi, nih olahan makaroni ala Filipina, yakni saproni. Buat kamu penyuka pasta, coba buat ini sendiri di rumah. Sparoni merupakan campuran makaroni dan spageti yang dimasak bersama saus tomat dan daging babi. Kamu bisa menggantinya dengan daging ayam atau sapi.

Supaya makin sedap, tambahkan kecap ikan, merica, bawang merah, dan bawang putih. Selain itu, kamu juga boleh menambahkan irisan sosis. Kalau mau rasa pedas, bisa mengganti saus tomat dengan saus cabai. 

Itulah kelima olahan makaroni ala Filipina yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Ada rasa manis hingga gurih yang pas banget buat menu makan bareng keluarga. Berani coba buat sendiri di rumah?

Baca Juga: Resep Makaroni Keju Panggang yang Bercita Rasa Gurih dan Creamy

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya