Comscore Tracker

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan Lombok

Sesi makan pun semakin lengkap dan menggugah selera

Kamu suka menyantap makanan pedas? Kurang afdal kalau belum mencicipi jangan lombok atau sayur cabai. Jangan lombok mudah kamu temui di sejumlah daerah di Jawa, terutama Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Jangan lombok menjadi hidangan khas pedesaan yang mengingatkanmu pada kampung halaman. Isinya pun beragam, mulai dari daging sapi, tetelah, hingga tahu dan tempe. Dimasak dengan cabai keriting, kalau mau lebih pedas, tambahkan saja cabai rawit.

Gak seperti kebanyakan sayur berkuah lainnya, jangan lombok bisa disantap dengan berbagai jenis nasi, lho. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi makanan khas daerah atau menu khas warung makan lokal.

Bikin sesi makan kian lahap, cobalah beberapa pengganti nasi yang cocok dinikmati dengan jangan lombok berikut ini. Dijamin nikmat dan bikin kamu ketagihan!

1. Nasi jagung

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan Lomboknasi jagung (instagram.com/berasjagungku)

Nasi jagung atau sego ampok tentu sudah gak asing lagi di telinga. Seperti namanya, nasi ini terbuat dari jagung tua. Jagung kemudian digiling hingga halus dan dikukus.

Jangan lombok yang pedas dan berkuah cocok disantap dengan nasi jagung. Makin mantap dengan lauk ikan asin atau pindang. Kamu juga dapat menambahkan urap-urap, layaknya nasi campur.

2. Lontong

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan Lomboklontong (instagram.com/mamaci.memasak)

Penyajian lontong khas Nusantara sangat beragam, mulai dengan lauk sate hingga rujak sayur. Kalau disantap dengan jangan lombok, jadinya lebih mirip lontong sayur. Kalau suka, kamu bisa menambahkan petai sebagai topping.

Baik lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi putih, keduanya disajikan dengan jangan lombok saat Idulfitri. Sejumlah daerah di Pulau Jawa menjadikannya hidangan khas Idulfitri yang gak boleh dilewatkan. Biasanya, isian jangan lombok berupa kacang tolo, krecek, dan tempe.

3. Sego abang

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan LombokIlustrasi nasi merah atau beras merah (pixabay.com/EzBom)

Sego abang atau nasi merah ternyata juga dapat dinikmati dengan jangan lombok. Bahkan, di Gunungkidul, Yogyakarta, terdapat warung legendaris yang menyajikan sego abang dengan berbagai lauk. Salah satu menunya sego abang jangan lombok.

Memang terkesan sederhana, tapi menu khas pedesaan ini kerap diburu masyarakat dari berbagai kalangan. Rahasia nikmatnya, jangan lombok berasal dari tempe semangit yang khas. Kamu tertarik untuk mencicipi sego abang dengan jangan lombok gak, nih?

Baca Juga: 10 Olahan Nasi Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Nasi Tumpeng!

4. Tiwul

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan Lomboktiwul dan jangan lombok (instagram.com/tungku_wangi)

Tiwul merupakan makanan pengganti nasi yang terbuat dari singkong. Makanan satu ini terkenal di Wonogiri, Gunungkidul, Trenggalek, dan sekitarnya. Selain menjadi pengganti nasi, tiwul juga dapat disantap sebagai camilan dengan taburan parutan kelapa.

Di Wonogiri, tiwul disantap dengan jangan lombok, sehingga menjadikannya hidangan favorit khas pedesaan. Sedangkan lauknya berupa ikan goreng. Saking terkenalnya, masyarakat daerah setempat menggelar Festival Jangan Lombok, lho!

5. Bubur lemu

5 Pengganti Nasi Putih yang Cocok Dinikmati dengan Jangan Lombokbubur lemu jangan lombok (cookpad.com/Lungpawon_0572)

Tampilan lain dari olahan beras selain nasi putih adalah bubur. Ternyata, bubur beras ini juga cocok disantap dengan jangan lombok, lho. Hidangan ini disebut bubur lemu yang dikenal sebagai makanan khas Solo.

Bubur lemu merupakan bubur beras yang dimasak dengan santan. Kamu juga dapat memanfaatkan nasi sisa semalam untuk membuat bubur lemu. Bubur lemu disantap dengan jangan lombok, sambal tomat, dan lauk kerupuk pasti bakal enak.

Nah, sekarang kamu sudah tahu makanan pengganti nasi yang cocok disantap dengan jangan lombok, kan? Meski sederhana, tapi jangan lombok menjadi hidangan yang patut kamu cicipi.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi yang Sering Dijual saat Malam Hari, Ada Nasi Goreng!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya