Comscore Tracker

6 Channel YouTube yang Membantumu Menemukan Ide Bisnis Kuliner

Jangan lupa disubscribe, ya

Sebagian besar masyarakat ingin menambah penghasilan lewat bisnis, salah satunya bisnis kuliner. Bisnis ini digemari berbagai kalangan karena dapat menghasilkan omzet yang cukup besar dan dapat dijalankan dengan mudah. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan dalam membuka bisnis kuliner karena tidak tahu produk apa yang ingin ia jual.

Berikut ini enam channel YouTube tentang ide bisnis kuliner yang dapat membantumu menemukan produk kuliner yang layak untuk dijual.

1. Sobat Dapur

https://www.youtube.com/embed/YGKjMA4D-K8

Channel Sobat Dapur yang telah memiliki lebih dari 2 juta subscribers ini dikelola oleh seorang pria yang dijuluki "Bang Sobat". Ia selalu memiliki ide-ide kuliner yang kreatif dan inovatif. Salah satu resep yang unik adalah "cabe-cabean" yaitu cabai berukuran besar yang isinya ayam fillet cincang yang dicampur tepung. Ia pun sering memasak resep-resep dari perusahaan makanan ternama.

Terkadang, Bang sobat memasak bersama dengan anaknya, Nabila. Ibarat kata pepatah "buah jatuh tak jauh dari pohonnya", Nabila pun pandai memasak seperti sang ayah. Salah satu resep yang Nabila buat yaitu agar-agar lumut.

Pria yang berbicara dengan logat Betawi ini pun sukses dalam membagikan resepnya di YouTube. Hal ini dibuktikan dengan adanya subscriber yang mempraktikkan resep dari Sobat Dapur dan berhasil menjual bisnis kulinernya sendiri.

2. Agus Cuguy

https://www.youtube.com/embed/5-8cBAukLAo

Memiliki lebih dari 1 juta subscibers, Agus Cuguy selalu membagikan ide bisnis kuliner dengan bahan dan peralatan seadanya tetapi hasilnya istimewa. Ia mengajak para subscribers-nya untuk menciptakan usaha dengan modal kecil dengan keuntungan besar.

Pria ini sering menggunakan istilah-istilah Sunda yang lucu. Terkadang, ia juga melontarkan humor-humor receh untuk menghibur penontonnya. Sehingga, kamu pun tidak akan bosan ketika menonton video miliknya.

3. Mama Punya Cerita Vlog

https://www.youtube.com/embed/Psqj4O7-ywM

Channel YouTube yang satu ini membagikan resep sederhana seputar jajanan anak SD yang pastinya murah meriah. Modal yang dikeluarkan pun seminim mungkin.

Channel yang memiliki lebih dari 600 ribu subscribers ini selalu menyajikan resep-resep yang kreatif dan inovatif. Salah satu resep yang ia buat yaitu pangsit berbentuk bunga yang dibuat dari 2 bahan saja. Kreatif, kan?

Baca Juga: 7 Channel Masak ASMR yang Bikin Penonton Tergoda ke Dapur 

4. Inspirasi Menarik ID

https://www.youtube.com/embed/6JHYqwDv3h8

Inspirasi Menarik ID membagikan ide bisnis makanan yang singkat dan jelas. Kebanyakan resep yang ditampilkan berdurasi kurang dari 10 menit. Jika Anda ingin membuka bisnis makanan seputar kue, maka channel ini bisa jadi referensi yang mudah untuk dipahami.

5. Bangkoki Food Channel

https://www.youtube.com/embed/R2UoIxHqS_Q

Sama seperti channel YouTube lainnya, Bangkoki yang dikelola oleh seorang pemuda bernama asli Bangkit Sanjaya ini menyuguhkan resep-resep jualan yang inovatif dengan modal minimal tetapi hasilnya maksimal. 

Ada penontonnya yang menuturkan bahwa ia telah mencoba resep dari channel tersebut dan menjualnya di sekolah. Alhasil, penontonnya itu mendapatkan untung dari hasil jualannya dan berterima kasih kepada channel tersebut.

Ciri khas dari Bangkit Sanjaya adalah ia sering memakai jas ketika memasak. Namun, lucunya, meski ia menggunakan jas, dia memakai celana pendek sebagai bawahannya.

6. Ayukk Kuliner

https://www.youtube.com/embed/Eifts6zhd6s

Tidak kalah dengan channel YouTube lainnya, Ayukk Kuliner juga menyajikan resep-resep yang simpel dan kreatif. Resep yang dibuat bisa dijual dengan harga murah meriah tetapi mendapatkan untung yang cukup besar.

Jajanan yang dijual pun kekinian dan pastinya digemari oleh anak-anak hingga remaja. Baru-baru ini, Ayukk Kuliner juga membagikan resep Oreo Supreme yang sedang viral.

Kamu bisa nonton satu atau semua channelnya untuk sekadar inspirasi memasak atau bahkan ke versi yang lebih serius, untuk dijadikan bisnis.

Baca Juga: Tips Sederhana Masak Rendang ala Restoran Padang, Bikin Lebih Awet

Fida Nabila Noor Hasanah Photo Writer Fida Nabila Noor Hasanah

Bukan jurnalis, tapi mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya