Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, Yogyakarta

#ANGPOIN Harganya pas banget di kantong, lho!

Belum ke Yogyakarta kalau belum makan gudeg. Tapi, liburanmu di Kota Wisata ini juga gak akan lengkap kalau gak sekalian mampir ke tempat-tempat makan ‘mblusuk’ alias terpencil yang ada di sana.

Di Yogyakarta kini semakin banyak tempat makan yang bisa kamu kunjungi. Uniknya, tempat-tempat makan baru tersebut tetap kental nuansa ke-yogya-annya, yakni tidak terpusat di kota melainkan di tempat-tempat tersembunyi. Ada yang masuk ke dalam kampung sampai kamu perlu masuk ke sebuah desa yang masih ada banyak sawahnya.

Tenang aja, meski terpencil, tempat makan tersebut juga menyajikan menu makanan yang nikmat dengan harga yang gak bikin kantongmu jebol. Dari sekian banyak tempat makan mblusuk di Yogyakarta, berikut penulis berikan 5 rekomendasinya yang terbaik. 

1. Kopi Klotok

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, YogyakartaInstagram.com/jogjaculinary

Buat kamu yang pengin sarapan atau makan siang sambil menikmati ketentraman di area sawah dan memandangi megahnya Gunung Merapi, wajib banget berkunjung ke Kopi Klotok. Tempat makan ini sudah sangat terkenal di kalangan turis, makanya setiap akhir pekan maupun libur panjang pasti ramai banget sampai gak kebagian tempat duduk!

Kopi Klotok berada di Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Ya, tempatnya memang agak mblusuk dari jalan raya. Tapi gak terlalu jauh, kok. Dan karena sudah ternama, ada petunjuk arah menuju tempat ini, jadi kamu gak akan kesulitan deh sampai ke sini.

Di Kopi Klotok disediakan menu masakan khas desa seperti lodeh, tempe bacem, brongkos, pepes, dan oseng mercon. Semuanya prasmanan, kamu boleh mengambil lauk sepuasnya dengan ragam nasi mulai dari nasi putih dan merah. Soal harga, jangan khawatir soalnya murah banget! Setiap lauk dan sayur kira-kira harganya Rp3.000–10.000,- aja.

Nah, kalau ke sini kamu juga wajib mencicipi menu pisang goreng, telur goreng, dan kopi klotoknya. Nikmat banget!

2. Kopi Gajah

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, YogyakartaInstagram.com/kopigajah.yk

Selanjutnya adalah Kopi Gajah. Tempat makan ini memberikan nuansa rumahan juga, lho. Rasanya asri banget makan di sini apalagi di siang hari.

Konsep tempat makan ini sama seperti Kopi Klotok, yakni menyajikan makanan khas rumahan seperti sayur tempe, sayur asem, tempe dan tahu bacem, dan gudangan (urap-urap) secara prasmanan.

Untuk kopinya, saat masuk ke tempat makan ini, kamu akan menemukan pojok peracik kopi dengan varian menu kopi dan minuman yang beragam. Kamu bisa pesan kopinya di sini dengan harga mulai Rp15.000-Rp30.000,-.

Kopi Gajah terletak di dalam kompleks pedesaan di Jl. Gondangan 6, Nglaban, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman. Gak sulit, kok menemukan lokasinya. Dari Jalan Kaliurang, kamu harus lurus terus ke utara kemudian sampai di kilometer 10 belok ke kanan menuju Jl. Gondangan 6. Nanti lokasi Kopi Gajah ada di sebelah kanan jalan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Yogyakarta yang Legendaris dan Paling Favorit

3. Waroeng Belik

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, YogyakartaInstagram.com/kulineran_yk

Satu lagi rumah makan dengan menu masakan rumahan yang letaknya mblusuk di daerah Sleman, Yogyakarta adalah Waroeng Belik. Kalau ini mirip dengan Kopi Gajah, hanya saja speciality coffee-nya gak kalah beragam dan unik. Serunya, kalau kamu pesan kopi di sini bisa sambil menyaksikan baristanya meracik kopi dengan berbagai teknik.

Kalau menu makanannya sendiri kurang lebih sama. Ada sayur lodeh, sayur tempe, tahu dan tempe bacem, oseng-oseng, hingga gudeg. Harganya pun murah, dibanderol mulai Rp3.000–10.000,-. Sedangkan kopinya mulai dari Rp15.000–30.000,-.

Berada di dalam kampung dengan dikelilingi area sawah yang luas, kamu wajib mencoba makan di Waroeng Belik yang lokasinya berada di Jl. S. Hartono Gandok, RT.1/RW.19, Tambakan, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

4. Tengkleng Gajah

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, Yogyakartainstagram.com/voilajogja

Nah, kalau ini juga gak boleh kamu lewatkan, khususnya yang suka daging sapi dan kambing!

Berada mblusuk di Jl. Gantalan No.Km.9,3, Gantalan, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Tengkleng Gajah menyajikan kuliner olahan daging kambing dan sapi mulai dari tengkleng, tongseng, dan sate.

Salah satu menu yang penulis rekomendasikan untuk kamu coba adalah tengkleng goreng mentega. Rasa rempah dan kecapnya menyatu padu sampai merasuk ke tulang-tulangnya, dijamin kamu bakal ketagihan saat menyantapnya!

Harganya pun bisa dibilang masih terjangkau, yakni mulai dari Rp20.000–50.000,-. Tenang aja, porsinya gede kok! Cukup buat makan berdua sampai bertiga satu porsinya. Enaknya lagi, kalau makan di sini kamu bebas nambah nasi tanpa bayar lagi!

Tapi sebelum ke sini sebaiknya kamu cek dulu situasinya karena biasanya kalau sudah sore sudah habis. Tengkleng Gajah selalu jadi rujukan turis di akhir pekan dan libur panjang, jadi pandai-pandai mengatur waktu ya kalau ke sini!

5. Sarangeui Oppa

5 Rekomendasi Tempat Kuliner Mblusuk di Sleman, YogyakartaInstagram.com/sarangeui_oppa

Gak cuma masakan nusantara yang mblusuk, ada juga lho kuliner Korea yang tempatnya nyempil di dalam perumahan tapi pengunjungnya selalu ramai! Namanya adalah Sarangeui Oppa. Tempat makan ini memanfaatkan area rumahnya pemilik, jadi memang gak terlalu luas.

Menu makanan Koreanya lengkap! Mulai dari tteokbokki, kimbap, bibimbap, sampai sujebi juga ada! Gak perlu khawatir sama harganya karena kisarannya mulai Rp15.000–30.000,- aja lho! Gak bikin kantongmu jebol, kan?

Sarangeui Oppa berada di Jl. Gurameh I No. 1, Perumnas, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman. Sebaiknya kamu ke sini naik ojol atau motor aja, ya soalnya tempat parkirnya tidak memadai untuk mobil.

Itulah 5 rekomendasi tempat makan yang blusuk di daerah Sleman, Yogyakarta. Wajib banget ke sini ya kalau liburan di Yogya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You