Comscore Tracker

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!

Dijamin langsung ingin coba semua

Indonesia merupakan negara memiliki berbagai hidangan kuliner menarik dari setiap penjuru daerah. Salah satunya dari Provinsi Riau. Bumi lancang kuning ini siap memanjakan lidahmu dengan berbagai makanan khas nya. Nah kali ini IDN Times akan membahas 5 kudapan khas Riau yang wajib banget kamu cobain jika berkunjung ke Riau, yuk simak artikelnya!

1. Ketan Talam Durian

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!doc. Pribadi/Hazna Deva

Jika kamu suka durian, kamu sangat disarankan untuk mencoba kudapan yang satu ini. Terbuat dari beras ketan dan buah durian, makanan ini cukup untuk membuat perut kenyang lho! Durian yang ada pada ketan talam durian biasanya tidak begitu lunak dan pastinya rasanya manis. Jika kamu berkunjung ke Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru, jangan lupa nikmati ketan talam durian dan bawa sebagai buah tangan ya!

2. Lopek Bugi

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!Lopek Bugi (instagram.com/muri_org/)

Berasal dari Kabupaten Kampar, Lopek Bugi terbuat dari tepung ketan berwarna hitam atau putih dan berisikan kelapa yang sudah diberi gula. Lopek Bugi dibungkus menggunakan daun pisang berwarna hijau yang memberikan wangi khas saat membuka lopeknya. Semakin nikmat jika kamu menikmati lopek bugi sambil minum teh hangat, cobain deh kalau ke Riau!

3. Bolu Kemojo

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!Bolu Kemojo (instagram.com/mr.ongbakery)

Memiliki bentuk seperti bunga, pecinta cake wajib cobain bolu kemojo ini deh! Resep bolu kemojo ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu di Riau ini, proses pembuatannya dikukus secara tradisional dengan menggunakan pewarna alami berwarna hijau dengan rasa pandan. Teskturnya cukup lembut dan lumer saat digigit. Seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah tersedia juga berbagai macam varian bolu kemojo lainnya.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Medan, 6 Makanan Khas Melayu Deli Ini Wajib Kamu Coba

4. Roti Jala

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!Roti Jala (instagram.com/dndcakepku)

Kalau kamu bosan makan yang manis, Roti Jala bisa menjadi pilihanmu. Disebut roti jala karena berbentuk seperti jala nelayan dengan jaring-jaringnya. Roti jala biasa dimakan dengan kuah kari ataupun kuah srikaya. Nah kuah kari ini terkadang juga ada potongan ayam atau daging lho. Duh nikmat sekali!

5. Lempuk Durian

Menggugah Selera, 5 Kudapan Khas Riau Ini Wajib Kamu Cobain!Lempuk Durian (instagram.com/lempukmamaatjin)

Provinsi Riau memang identik dengan kuliner berbahan dasar buah durian, salah satunya lempuk durian yang berasal dari Kabupaten Bengkalis. Lempuk durian ini terbuat dari campuran gula merah dan buah durian, jadi teksturnya sejenis dengan dodol durian namun tidak menggunakan tepung dalam proses pembuatannya. Ayo siapa yang doyan durian? Wajib banget ya cobain ini!

Bersyukur sekali ya kita bisa menjadi bagian dari Bangsa Indonesia dengan segala keanekaragaman yang ada, kita bisa jadi mencoba berbagai kuliner lezat yang siap memanjakan lidah dari berbagai daerah deh. Jangan lupa cicipin 5 kudapan di atas jika berkunjung ke Provinsi Riau ya!

Baca Juga: 5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai Langka

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya