Comscore Tracker

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujan

Dari kaki lima hingga restoran, sedapnya juara!

Saat ini wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Saat cuaca dingin, paling enak makan makanan yang menghangatkan tubuh. Makanan berkuah dengan bumbu rempah sangatlah tepat untuk jadi penghangat, salah satunya adalah sop buntut.

Semangkok sop buntut panas yang berisi kuah kaldu sapi dengan potongan ekor sapi yang telah dibumbui dan digoreng atau dibakar ditambah irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng nikmatnya sangat menggoyang lidah.

Bagi kamu warga Yogyakarta, berikut deretan warung sop buntut enak yang patut kamu coba.

1. Sop Buntut Bu Menuk

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujanpotret hidangan sop buntut bu menuk (instagram.com/voilajogja)

Sop buntut Bu Menuk berada di pinggir jalan, tepat di depan Gereja Banteng. Tempatnya tidak terlalu luas tapi bersih dengan nuansa tradisional. Untuk area makan bisa duduk di kursi maupun lesehan. Yang menjadi best seller di sini adalah sop buntut dan iga goreng.

Cara penyajian sop buntutnya unik, yaitu dengan menggunakan wajan kecil. Makan sop buntut dengan panasnya kuah yang beraroma rempah, tentu saja membuat badan menjadi hangat dan mata melek. Apalagi ditambah sambal dan perasan jeruk nipis, rasanya makin mantap.

Cita rasa kuahnya gurih dan segar. Dagingnya juga empuk, gak alot, dan gak bau. Sambalnya ada dua macam, sambal ijo dan sambal merah. Tidak hanya sop buntut, iga gorengnya juga enak. Iga yang umumnya dimasak dengan cara direbus atau dibakar, di warung Bu Menuk diolah dengan cara digoreng. Warna kecoklat-coklatan dan mengkilap akibat rendaman minyak sangat menggoda selera. Ayam bakar di sini juga menjadi idola, lho.

Alamat: Jalan Kaliurang Km 7.8, Sinduharjo, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional:

Senin-Sabtu: pukul 10.00-21.00 WIB

Minggu: 09.00-16.00 WIB

Harga: mulai dari Rp20 ribu

2. Sop Buntut Pak Sugeng

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujanpotret hidangan sop buntut pak sugeng (instagram.com/gamarosi_)

Warung sop buntut Pak Sugeng sudah ada sejak tahun 2006. Meski menempati lapak sederhana dan berada di pinggir jalan, tapi mampu membuat pembeli rela mengantri dan menunggu. Warung sop buntut legendaris ini memang sudah terkenal akan kelezatannya. Tempatnya memang tidak luas, tapi rasanya bakal bikin kamu datang lagi. Menu favorit di sini tentu saja sop buntut sapi.

Daging buntutnya banyak, rasanya empuk banget, langsung lepas tanpa perlawanan. Kuah kaldunya juga gurih, tidak terlalu asin. Ada potongan kentang, wortel dan kacang merah. Selain sop buntut, ada juga sop iga sapi, sop kikil, dan sop daging sapi.

Bagi yang tidak suka sapi, ada sop ayam kampung dan sop ayam potong. Makanan pendamping warung ini menyediakan krupuk dan camilan welut. Sedangkan menu minuman tersedia es jeruk, teh, dan es teler.

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto No 185, Tegalrejo, Yogyakarta

Jam operasional: pukul 09.00-17.00 WIB

Jumat: libur

Harga: mulai dari Rp30 ribu

3. Chop Buntut Cak Yo

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujanpotret hidangan chop buntut cak yo (instagram.com/chopbuntut)

Chop buntut legendaris Cak Yo telah membuka gerainya di sejumlah kota, termasuk di Yogyakarta. Bertempat di lantai 3 Plaza Ambarrukmo yang luas dan nyaman, sop buntut premium ini hadir dengan beragam menu. Diantaranya sop buntut spesial, sop daging iga dan babat, sop buntut, dan rusuk sumsum. Tak ketinggalan ada beragam bakso buntut, buntut penyet, bakmi kecap buntut, nasi daun asap, dan masih banyak lagi lainnya.

Menu andalan restoran ini tentu saja sop buntut Cak Yo yang diproses dari kaldu sapi asli menggunakan resep bumbu spesial dari turun temurun. Ada dua varian kuah sop yang ditawarkan yakni rasa original dan kuah susu.

Ciri khas dari sop Cak Yo ini memakai bumbu rempah yang merupakan hasil mix ala Medan dan Jawa. Jadi memang rasanya istimewa, beda dari sop yang lain. Meski kuah susu, rasanya tidak berlebihan. Bahkan malah gurih, segar, dan sedap saat dimakan dengan nasi hangat. Aneka minumannya ada kopi gayo aceh, aneka jus, dan soda.

Alamat: Plaza Ambarrukmo lantai III, Jalan Laksda Adisucipto, Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari 10.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp30 ribu

Baca Juga: 6 Wisata Kuliner di Jogja dengan View Menawan, Adem Dipandang Mata

4. Sop Buntut Cokro

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujanpotret hidangan sop buntut cokro (instagram.com/foodtravelerjogja)

Sop buntut Cokro menempati letak yang strategis, yaitu di pinggir jalan besar yang ramai. Tempatnya cukup luas, bersih, dan nyaman. Bangunannya bernuansa rumah tradisional khas Yogyakarta. Tempat makan ini cukup terkenal dan legendaris. Alm Pak Bondan Winarno pernah makan di tempat ini juga, lho. Menu andalan di sini adalah sop buntut sapi dan ayam goreng. Ada 2 pilihan sop buntut, yakni daging dan tulang. 

Di sini kamu bisa request daging sop buntutnya untuk digoreng terlebih dahulu, supaya aromanya keluar dan rasanya lebih nikmat. Kuahnya bening, rasanya gurih, lezat, dan segar.

Tersedia menu pendamping seperti ati ampela dan tahu tempe. Ayam gorengnya memakai ayam kampung yang empuk. Kombinasi sop buntut dan ayam goreng sangat pas untuk dinikmati.

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto No 161, Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Jogja

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-20.00 WIB

Harga: mulai dari Rp30 ribu

5. Sop Buntut Pak Bujang

5 Warung Sop Buntut di Yogyakarta, Makanan Terbaik Musim Hujanpotret warung sop buntut pak bujang (instagram.com/sopbuntutbujang)

Warung sop buntut Pak Bujang sangat sederhana, menempati tenda kaki lima di depan Pasar Kranggan, arah barat Tugu Jogja. Walaupun kaki lima, tapi rasanya boleh diadu dengan restoran ternama.

Menu sop buntut bakarnya di sini juara banget. Kuah sopnya segar dan gurih, dagingnya dimasak dengan baik, empuk dan lembut. Bumbu bakarnya pun mantap! Dimakan dengan sambal, makin nikmat. Ada 3 jenis sambal yang disediakan di tiap meja, yaitu sambal bawang, sambal lombok ijo dan sambel terasi.

Bagi kamu yang porsi makannya sedikit atau yang sedang diet, tersedia sop daging mini. Selain sop buntut, di sini juga ada sop kikil dan sop ayam kampung. Bagi kamu yang tidak menyukai sop, ada menu pilihan lain yaitu ayam, lele, dan bebek. Ada pilihan bakar maupun goreng. Camilannya ada tempe dan tahu goreng. Layaknya warung kaki lima, harganya pun terjangkau.

Alamat: Jalan Diponegoro Nomor 33, Gowongan, Jetis, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 17.30-23.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp10 ribu

Menu olahan dari daging memang memiliki cita rasa yang begitu lezat dan gurih. Alasan buntut sapi begitu populer dan dipilih sebagai bahan pembuatan sop, karena tekstur kulit pada bagian buntut memiliki tingkat kekenyalan yang lebih elastis dan terasa begitu nikmat.

Selain itu kandungan lemak pada buntut sapi membuatnya semakin istimewa. Rasa gurih yang dihasilkan dari buntut sapi memang tiada tandingannya. Apalagi dimakan di saat hujan yang tak kunjung reda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Bubur di Jogja, Cocok Buat Mampir Sarapan

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya