Comscore Tracker

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandia

Cocok diolah sebagai camilan sehari-hari #IDNTimesFood

Skotlandia menjadi salah satu rumah bagi berbagai aneka santapan nikmat. Mulai dari makanan berat sampai kudapan untuk waktu bersantai pun mereka punya. Salah satu kudapan yang populer adalah shortbread.

Kudapan ini merupakan biskuit sederhana yang memiliki rasa nikmat yang diolah menggunakan campuran dari tepung, mentega, dan gula. Kudapan ini juga memiliki beberapa kreasi olahan lain yang variatif, lho!

Supaya bisa menambah referensi kudapan anyar, berikut ini terdapat lima kreasi shortbread yang wajib untuk kamu cicipi. Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Classic shortbread

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandiailustrasi classic shortbread (pixabay.com/Oscar Toche)

Sebelum mengenali berbagai macam inovasi shortbread, belum lengkap bila tidak mengetahui versi klasiknya terlebih dahulu. Berbeda dengan jenis kue sejenis, shortbread tidak memiliki bentuk khusus sehingga bisa dikreasikan sesuka hati.

Sementara itu, bahan baku yang perlu dipersiapkan untuk membuat shortbread terdiri dari penggunaan tepung terigu, mentega, gula, ekstrak vanilla, dan garam. Bila kue sudah selesai dipanggang, taburkan gula pasir untuk mempercantik hidangan.

2. Millionaires shortbread

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandiailustrasi millioners shortbread (realfood.tesco.com)

Millionaires shortbread memiliki tampilan paling mencolok di antara beragam kreasi biskuit shortbread. Hal ini disebabkan terdapat tumpukan bahan baku di atas biskuit yang bikin tampilannya jadi berbeda.

Masing-masing lapisan yang disusun rapi dalam shortbread variasi ini adalah lelehan karamel yang dicampur bersama heavy cream, lalu bagian paling atas ditambahi dengan cokelat. 

Baca Juga: 5 Kudapan Lokal Bertekstur Lengket, Makin Dikunyah Makin Enak!

3. Pistachio shortbread

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandiailustrasi pistachio shortbread (pixabay.com/Benny1900)

Shortbread yang satu ini cenderung lebih kaya tekstur, sebab terdapat penggunaan kacang yang melengkapi kenikmatan biskuit tersebut. Jenis yang dipakai pun dapat berupa pistachio yang telah dicincang.

Sementara, bahan utama biskuit tetap menggunakan tepung terigu, gula dan garam, serta mentega. Irisan pistachio tidak cuma menambahkan tekstur, melainkan berfungsi untuk menambah rasa gurih pada makanan.

4. Lemon shortbread

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandiailustrasi lemon shortbread (unsplash.com/Hello Lightbulb)

Bila kamu lebih suka kudapan manis yang memiliki aroma serta rasa yang lebih segar, maka alternatif hidangan berikut ini bisa dijadikan inspirasi ketika hendak membuat shortbread yang nikmat.

Kesegaran tersebut didapatkan dari penggunaan pasta lemon dalam adonan utama. Jika ingin lebih nikmat lagi, jangan lupa untuk membuat glaze dari campuran antara gula serta jus lemon.

5. Chocolate shortbread

5 Hidangan Manis dari Shortbread, Biskuit Sederhana ala Skotlandiailustrasi chocolate shortbread (unsplash.com/Bermix Studio)

Bila kurang suka dengan aneka kudapan rasa vanila, maka olahan shortbread kali ini bisa pula dikreasikan dengan memakai cokelat. Rasanya tentu jadi lebih menarik untuk dihidangkan bersama teh ataupun kopi.

Bahan baku yang ditambahkan ke dalam adonan shortbread tersebut bisa berupa cokelat bubuk, sehingga lebih mudah larut ketika dicampur bersama komponen lainnya.

Shortbread bisa dijadikan sebuah inspirasi baru dalam mengolah kudapan dengan bahan-bahan sederhana. Kelima sajian di atas bisa kamu olah dalam waktu dekat ini sebagai camilan praktis, bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya