Comscore Tracker

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!

Bisa jadi penambah rasa buat biskuit, lho #IDNTimesFood

Stilton adalah sebutan bagi salah satu jenis keju yang memiliki rasa tajam. Hidangan ini sedikit lembut dan memiliki aroma yang menarik.

Ciri khas stilton terletak pada serat-serat unik yang akan terlihat setelah keju ini dipotong. Bahkan, stilton juga dikenal sebagai salah satu varian blue cheese yang sedap karena guratan tersebut.

Nah, keju ini ternyata juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk mempertajam rasa masakan, lho! Sederet variasi masakan yang cocok disandingkan dengan keju ini adalah sebagai berikut.

1. Stilton mashed potato

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!ilustrasi stilton mashed potato (pixabay.com/Lebensmittelfotos)

Olahan dari keju stilton berikut ini bisa dijadikan santapan siang dan malam yang mengenyangkan. Sebab, bahan baku utamanya memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu kentang.

Kentang tumbuk memang paling nikmat bila diiringi dengan rasa keju di dalamnya. Namun, kali ini jenis keju yang digunakan bisa berupa stilton. Berikan juga tambahan rempah seperti bawang putih untuk menghasilkan aroma yang sedap.

2. Stilton and walnut biscuit

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!ilustrasi stilton and walnut biscuit (pixabay.com/Pezibear)

Biskuit menjadi salah satu kudapan populer yang bisa dikreasikan dengan beragam bahan dan rasa. Oleh sebab itu, biskuit memiliki banyak sekali varian yang dapat disesuaikan dengan keinginanmu.

Dalam kreasi berikut ini, adonan biskuit yang terdiri dari tepung, mentega, dan telur itu bisa ditambahi menggunakan keju stilton serta walnut yang mampu memberikan rasa kacang menggugah selera.

Baca Juga: Resep Sandwich Keju Kambing, Gak Kalah Lezat dari Keju Biasanya!

3. Steak with stilton sauce

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!ilustrasi steak with stilton sauce (pixabay.com/RitaE)

Ketika hendak menyantap steik, belum lengkap rasanya apabila tidak menghadirkan saus. Terlebih, steik terkenal dengan pendamping berupa saus kental yang mampu membuat sajian semakin enak.

Pada kreasi saus berikut ini, kamu bisa turut menggunakan stilton sebagai penambah rasa. Selain itu, gunakan pula irisan jamur kesukaan, lalu lengkapi dengan krim agar saus bertambah creamy.

4. Stilton shortbread

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!ilustrasi stilton shortbread (pixabay.com/Blandine JOANNIC)

Shortbread menjadi salah satu sajian nikmat dari Skotlandia yang terkenal karena bahan baku yang dipakai sangat sederhana. Meski begitu, shortbread pun tetap bisa dikreasikan supaya tidak monoton.

Salah satu olahan shortbread yang dimaksud adalah dengan menghadirkan keju stilton. Bahan utama yang perlu dipersiapkan untuk membuat kudapan ini adalah tepung terigu, mentega, dan aneka bumbu dan rempah sebagai perasa.

5. Stilton pie

5 Kudapan Nikmat dari Stilton, Keju Biru Berserat yang Rasanya Unik!ilustrasi stilton pie (pixabay.com/Sabine van Erp)

Keju berserat tersebut bisa pula disantap untuk makanan renyah seperti pai. Stilton dapat diolah sebagai isian nikmat, baik itu bersama daging sapi, daging ayam, ataupun irisan jamur.

Setelah isian selesai dibuat, tuangkan ke dalam mug atau cetakan anti panas. Tutup memakai kulit pai dari pastri instan lalu panggang selama beberapa saat.

Stilton menjadi salah satu variasi keju menarik yang patut untuk dicoba. Apabila kamu memiliki stok makanan tersebut, lima olahan di atas dapat dijadikan ide untuk mengolah keju ini secara maksimal. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Trivia Keju Vegan, Keju Alternatif dari Tumbuhan yang Dairy Free!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya