Comscore Tracker

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!

#IDNTimesFood Ada rasa kopi yang membuatnya makin enak lho

Flan merupakan suatu sajian berbahan dasar puding telur yang kerap kali disajikan bersama karamel untuk membuat rasa makanan menjadi kian sedap.

Flan sendiri terdiri dari beberapa jenis rasa dan warna, sehingga mampu membuat siapapun tergugah untuk mencicipi olahan super lembut ini.

Nah, untuk mengenal berbagai kreasi dari makanan tersebut, berikut ini terdapat lima jenis flan memanjakan lidah yang perlu kamu coba.

1. Caramel flan

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!Karamel flan klasik (thespruceeats.com/Diana Rattray)

Karamel flan adalah salah satu olahan flan klasik yang banyak diolah sebagai kudapan nikmat bertekstur lembut.

Bahan baku utama pembuatan dasar flan ini terdiri dari telur, susu cair, susu kental manis, vanilla, dan gula. Sementara untuk menambah rasa nikmat pada olahan, siramkan karamel ke dalam makanan supaya makin lengkap.

2. Chocoflan

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!Sajian chocoflan (foodnetwork.com/Marcela Valladolid)

Chocoflan adalah kreasi yang cocok disajikan sebagai makanan penutup untuk para pencinta hidangan manis berbalut rasa cokelat yang kental.

Berbeda dari versi biasa, hidangan yang satu ini dapat diolah dengan dua komponen utama, yakni kue cokelat sebagai dasar serta flan yang diolah dari susu kental manis, vanilla, telur, dan susu cair.

Baca Juga: Resep Puding Gula Merah Jadul, Manis dan Gurihnya Bikin Susah Lupa

3. Matcha flan

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!Flan dari matcha (plantd.co)

Selain dikreasikan sebagai penambah rasa untuk minuman, matcha pun cocok dijadikan variasi kudapan penutup yang nikmat sekelas flan.

Jenis yang sebaiknya digunakan adalah matcha bubuk agar lebih mudah larut dalam adonan. Flan sendiri dapat disajian dengan atau tanpa karamel tergantung tingkat kemanisan yang diinginkan.

4. Cream cheese flan

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!Flan dengan krim keju (goya.com)

Bila kamu lebih suka olahan manis dengan sedikit sentuhan rasa gurih khas keju, maka flan dapat ditambahi dengan cream cheese yang lembut dan memanjakan lidah.

Adonan yang digunakan pun masih mirip-mirip namun dicampur bersama krim keju yang telah didiamkan dalam suhu ruang, serta berikan karamel untuk menyeimbangkan rasa.

5. Coffee flan

5 Kreasi Flan dengan Berbagai Rasa, Dessert Praktis Super Lembut!Flan dari kopi (tablespoon.com)

Jenis flan selanjutnya yang dapat diolah menjadi kudapan penutup nikmat adalah coffee flan. Olahan ini cocok bagi penggemar berat sajian dengan rasa atau aroma kopi yang kuat.

Bahan yang digunakan pun cukup sederhana, sebab hanya terdiri dari campuran susu kental manis, vanilla, susu cair, kopi, gula, dan karamel sebagai topping.

Nah, itu dia kelima hidangan dari flan yang memiliki beragam rasa dan warna, serta patut untuk dicoba. Meski berbahan dasar telur, namun penggunaan vanilla bisa menyamarkan aromanya agar kian nikmat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Puding Karamel tanpa Oven, Hanya Butuh 4 Bahan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya