Comscore Tracker

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!

Masakannya lebih kaya bumbu dan cocok buat lauk makan kamu

Telur orak-arik atau disebut juga sebagai scrambled egg merupakan salah satu olahan praktis andalan yang cocok untuk menemani waktu makan sehari-hari. Namun, rupanya makanan tersebut juga memiliki versi berbeda di berbagai negara, lho.

Beberapa wilayah pun memiliki olahan telur orak-arik favorit yang jadi andalan masing-masing. Bagi kamu para pecinta olahan telur, sederet variasi telur orak-arik dari berbagai belahan dunia ini tentu bisa kamu ikuti agar momen makan telur jadi tidak monoton dan membosankan.

Simak sederet inspirasinya di bawah ini, ya!

1. Akuri

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!ilustrasi akuri (pixabay.com/Krzysztof Jaracz)

Kreasi telur orak-arik unik pertama datang dari masakan ala Parsi, India, dengan sejumlah bumbu menarik yang bikin olahan telur mereka jadi terasa spesial. Teksturnya sangat lembut dan memiliki sentuhan rasa pedas juga, lho.

Berbeda dibandingkan telur orak-arik biasa, pada sajian akuri, bumbu yang disediakan mulai dari bawang putih, bombai, cabai, tomat, krim, mentega asin, cabai hijau, serta daun ketumbar yang perlu ditambahkan saat telur sudah matang.

2. Khagina

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!ilustrasi khagina (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Khagina atau khageena adalah salah satu masakan berbahan telur orak-arik yang sering dijadikan menu makanan wajib dalam tradisi negara Pakistan. Hidangan ini terbilang simpel dan juga mempunyai sensasi pedas yang nagih.

Bumbu yang bikin khagina jadi terasa lebih enak tak lain adalah penggunaan garam masala, tomat, bombai, ketumbar, bubuk cabai, kunyit, cabai hijau, dan garam. Tinggal campurkan semua bahan, lalu masak telur di atas wajan memakai sedikit minyak.

3. Tamagoyaki scramble

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!ilustrasi tamagoyaki scrambled (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Tamagoyaki merupakan makanan berbahan baku telur yang datang dari Jepang. Pada versi tradisionalnya, hidangan ini disajikan dengan cara digulung. Namun, karena adonannya yang menarik bikin tamagoyaki juga bisa disajikan sebagai telur orak-arik, lho.

Selayaknya beberapa masakan dari negeri sakura tersebut, tamagoyaki scrambled egg memerlukan bahan dari soy sauce dan minyak wijen untuk turut ditambah ke adonan telur, garam, dan gula. Maka, nggak heran kalau dalam sajian ini ada rasa manis yang unik.

4. Menemen

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!ilustrasi menemen (pixabay.com/kalhh)

Pindah ke Turki, masakan unik yang bikin ngiler ini juga merupakan kreasi lain pengolahan telur orak-arik. Hidangan ini populer disebut dengan menemen. Ada banyak bahan yang ditambahkan ke dalam masakan yang satu ini biar rasanya jadi lebih sedap. 

Salah satu bahan yang wajib ada dalam pembuatan menemen adalah tomat. Macam-macam penggunaan tomat tersebut boleh bervariasi, baik versi tomat segar maupun tomat pasta. Kemudian, hidangan ini juga menggunakan bahan lain, seperti paprika aneka warna, bubuk cabai, oregano, bumbu penyedap, serta garam untuk meningkatkan rasa sajian biar tambah maksimal.

5. Egg bhurji

5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!ilustrasi egg bhurji (pixabay.com/Reinhard Thrainer)

Terakhir, ada egg bhurji, hidangan yang menjadi salah satu kuliner populer dari street food India. Mendengar nama negara tersebut, pastinya sudah terbayang berapa banyak bumbu yang digunakan di dalam masakan ini, bukan?

Ada penggunaan bawang bombai, bawang putih, jahe, masala, bubuk kunyit, bubuk ketumbar, bubuk cabai, tomat segar, cabai hijau, serta air lemon dan garam dalam pembuatan egg bhurji. Bahan-bahan tersebut mampu membuat telur orak-arik ini jadi semakin kaya rasa dan kelezatannya tiada tara.

Masing-masing wilayah rupanya punya bumbu andalan tersendiri yang bikin olahan sederhana ini makin luar biasa. Bisa jadi inspirasi kamu dalam mengolah telur orak-arik di rumah, versi negara mana dulua, nih, yang mau kamu coba?

Baca Juga: 5 Hidangan dengan Isian Scrambled Egg, Praktis dan Lezat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya