Comscore Tracker

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enak

Yuzu ternyata bisa diolah menjadi pasta pedas!

Yuzu merupakan buah-buahan dari keluarga jeruk yang mempunyai rasa lebih asam dengan aroma cukup tajam, oleh sebab itu yuzu kerapkali dimanfaatkan untuk diolah menjadi ragam bumbu dasar bagi sebuah masakan atau minuman.

Tanaman yuzu tumbuh cukup subur di Jepang, maka tidak heran bila mereka memproduksi banyak sekali produk-produk mengandung yuzu yang saat ini sudah dikonsumsi oleh berbagai konsumen di seluruh dunia.

Nah selain itu, yuzu pun kerapkali diproses sebagai bumbu atau sajian pendamping untuk beragam olahan, dan jika kamu mempunyai stok yuzu di rumah, bisa juga diolah menjadi lima masakan berikut ini.

1. Yuzu kosho

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enakthreadandwhisk.com

Yuzu kosho merupakan salah satu bumbu masak asal Jepang yang dapat diartikan sebagai pasta cabai jeruk, olahan ini biasanya digunakan untuk menemani aneka makanan yang masuk dalam kategori bakaran, gorengan, atau hidangan otentik seperti sushi dan sashimi.

Sementara itu, untuk bahan dasar pembuatan yuzu kosho ini adalah dengan menggunakan jeruk yuzu bersama lemon dan cabai, aroma pasta ini cenderung kuat dan mempunyai rasa yang tidak kalah pedas, sesuai dengan jenis cabai yang dipakai.

2. Yuzu marmalade

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enakarigatojapan.co.jp

Buah yuzu yang terkenal mempunyai rasa dan aroma kuat dapat diolah menjadi selai yang cocok menemani aneka makanan atau bahkan dijadikan bahan baku untuk minuman segar yang membuat kita terlepas dari dahaga. 

Dalam mengolah keluarga jeruk ini menjadi selai pun terbilang sederhana, sebab bahan baku yang diperlukan hanyalah buah yuzu dan gula. Bila kamu ingin selai yang lebih manis, bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Popsicle Rasa Mint yang Menyegarkan, Coba Yuk!

3. Yuzu daikon

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enakjapanesecooking101.com

Yuzu daikon merupakan acar lobak dari Jepang yang senantiasa dihidangkan sebagai makanan pendamping. Olahan yuzu daikon terbilang unik dan segar untuk dinikmati terutama saat cuaca terik.

Dalam pembuatan hidangan ini, terdapat dua komponen yang perlu disiapkan, yakni daikon atau lobak putih Jepang dan campuran air perasan yuzu untuk menambah rasa dan aroma terhadap acar.

Untuk mengolah sajian ini, pertama-tama daikon perlu dibersihkan terlebih dahulu, lalu potong-potong dan taburkan garam ke dalamnya, campurkan perasan air yuzu bersama cuka beras, dan gula, campurkan ke dalam daikon dan tunggu beberapa jam sebelum dihidangkan.

4. Yuzu filling

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enakcookidoo.com.au

Buah yuzu dapat diolah untuk menjadi beragam isian makanan manis, mulai dari pai atau tart sekalipun. Selain membuat kudapan tambah legit, dengan pengolahan ini kamu bisa memperpanjang usia penggunaan buah yuzu.

Untuk mengolah buah yuzu menjadi isian makanan manis, kamu perlu memasak air jus yuzu dengan gula, kuning telur, dan butter agar olahan lebih padat serta mudah menyatu dengan makanan yang hendak disajikan.

5. Yuzu mayo

5 Olahan Pendamping dari Buah Yuzu yang Segar dan Bikin Makanan Enaktastingtable.com/Rachel Vanni

Mayones merupakan salah satu varian saus gurih dan segar yang cocok dikonsumsi sebagai teman makan aneka hidangan, mulai dari gorengan atau dijadikan campuran untuk makanan sehat seperti salad.

Kalau kamu senang membuat mayones sendiri di rumah, terdapat salah satu varian saus kental ini yang dibuat dengan memakai buah yuzu, selain memperkaya aroma, kehadiran yuzu juga membuat rasanya lebih segar.

Komponen pembuatan yuzu mayo ini kurang lebih sama seperti mayones klasik biasanya, kamu perlu menggunakan jus dari yuzu, perasan lemon, mustard, minyak, telur, dan untuk memperkaya rasa, bisa juga ditambahkan yuzu kosho.

Itu dia kelima olahan yang dapat dibuat menggunakan jenis jeruk yuzu, selain menarik, ternyata sajian-sajian tersebut memiliki rasa segar yang bisa membuat kita ketagihan saat mengonsumsinya, berani coba?

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Kue dengan Bahan Dasar Biskuit yang Manis dan Sedap

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya