Comscore Tracker

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurih

Jambu biji bisa diolah jadi saus khusus barbeque, lho

Jambu biji adalah salah satu hasil tanaman yang tumbuh cukup banyak di dalam negeri. Karakteristik buah ini adalah warna daging merah muda dengan biji yang banyak ditemui dalam setiap bagian.

Namu, jambu biji tidak hanya dikonsumsi secara langsung. Buah ini ternyata juga bisa diolah menjadi aneka saus pendamping makanan, mulai dari hidangan manis hingga gurih.

Bagi kamu yang ingin membuat saus untuk ragam olahan, berikut ini terdapat lima jenis saus dari buah jambu biji yang bisa menjadi inspirasi.

1. Guava paste

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurihworld-food-and-wine.com

Guava paste sendiri biasa dikenal dengan sebutan pasta jambu biji. Pengolahan guava paste pun terbilang sederhana, karena hanya memerlukan potongan buah yang sudah terbebas dari biji, air, dan gula. Sementara itu, biji buah perlu dihaluskan terlebih dahulu sebelum ikut dimasak dalam sauce pan.

Untuk hasil akhir, terdapat dua bentuk guava paste yang bisa disimpan, yakni pasta jambu biji yang kental seperti selai,dan pasta jambu biji yang keras karena dijemur beberapa saat. Selain itu, olahan ini cocok dijadikan isian untuk pastri, roti, dan kukis.

2. Guava and cranberry sauce

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurihktasuperstores.com

Guava and cranberry sauce adalah perpaduan hidangan pendamping dari dua jenis buah yang biasa disajikan untuk menemani aneka ragam menu makan malam, Bisa dinikmati bersama olahan makanan bercita rasa asin ataupun manis, seperti roti dan kalkun.

Dalam membuat olahan ini, buah-buahan yang dipakai mempunyai dua kondisi berbeda. Khusus untuk cranberry, buah yang dipakai adalah buah segar utuh. Sementara untuk jambu biji merupakan yang sudah berbentuk selai atau pasta.

Baca Juga: Resep Saus Jeruk yang Segar untuk Topping Aneka Dessert, Ngiler!

3. Guava syrup

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurihapronwarrior.com

Guava syrup adalah saus dengan rasa manis dan konsentrasi yang agak lebih cair dibandingkan pasta atau selai jambu biji yang super kental. Selain itu, warna guava syrup cenderung lebih terang.

Untuk membuat saus ini, kamu hanya perlu menyiapkan buah jambu biji yang sudah dikupas dari kulit dan dibuang bijinya. Masak bahan tadi bersama air, madu atau gula, vanilla, dan batang kayu manis. Selanjutnya, didihkan beberapa saat lalu angkat dan diamkan sejenak sebelum disaring dan simpan dalam jar.

4. Guava BBQ sauce

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurihfood52.com

Salah satu bahan yang perlu hadir untuk menemani waktu barbeque adalah saus untuk bakaran. Komponen tersebut dapat menentukan hasil makanan yang dimasak, agar bisa menjadi tambah nikmat.

Nah, bila kamu suka dengan saus yang agak manis, beraroma sedap, dan unik, maka kamu dapat membuat barbeque sauce menggunakan bahan baku jambu biji. Namun dalam hal ini, ada baiknya yang dipakai adalah jenis guava paste keras.

5. Guava dipping sauce

5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurihpalatesdesire.com

Dipping sauce atau saus celup memang cukup populer untuk menemani ragam makanan yang mempunyai tekstur garing dan gurih. Fungsi dipping sauce selain menghilangkan kering di tenggorokan juga menambahkan rasa nikmat pada makanan.

Salah satu varian dipping sauce yang dapat dibuat adalah dari jambu biji. Rasanya yang sedikit manis dan segar cocok untuk disandingkan bersama olahan, seperti nugget, kraker atau tortilla.

Nah, itulah kelima saus berbahan dasar jambu biji yang bisa menemani aneka makanan manis dan gurih yang kerap diolah di rumah. Gimana, apakah kamu tertarik mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Berbahan Saus Alfredo, Saus Creamy Berkonsistensi Kental

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya