Comscore Tracker

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari Kue

#IDNTimesFood Pernah sarapan dengan sereal?

Semula sereal merupakan sebutan bagi menu sarapan yang diolah dari bahan baku berupa gandum, oat atau jagung, namun seiring berjalannya waktu, sereal mulai dimaknai sebagai aneka makanan yang disantap dengan susu di mangkuk yang sama.

Sereal sendiri cukup banyak jenisnya, tidak hanya dari gandum atau jagung, ada pula yang renyah dan lembut, sehingga dapat disesuaikan dengan kesukaan seseorang.

Nah, kalau berikut ini ada kelima sereal unik ini bisa kamu buat sendiri di rumah lho! Apa saja?

1. Mini cereal pancake

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari KueSereal dari pancake mini (oetker.ie)

Mengolah pancake sebagai menu sarapan memang bukanlah sesuatu yang spesial, namun tahukah kamu bahwa pancake bisa diolah menjadi sereal agar lebih menarik

Perbedaan tersebut terletak pada ukuran, jika biasanya pancake memiliki diameter yang cukup lebar sehingga hanya perlu dua atau tiga pcs saja untuk sekali makan, maka pancake sereal dibuat berkali-kali lebih kecil dari itu sehingga porsinya bisa memenuhi mangkuk.

Tambahkan madu, buah-buahan segar, atau susu sebagai pelengkap sarapan agar makanan jadi lebih lengkap.

2. Cookie cereal

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari KueSereal dari kukis (tastemade.com)

Kukis memang dikenal dapat diolah sebagai menu camilan pengganjal lapar, namun bentuk cookies yang lebih kecil mampu dijadikan sebuah sereal untuk menu sarapan nikmat.

Sereal dari kukis ini dibentuk dari campuran tepung, susu, baking powder, sampai chocochips sebagai penambah tekstur dan rasa.

Kukis sereal tersebut pun dapat dinikmati hanya dengan susu, es krim, atau campuran kacang-kacangan yang lebih menggugah selera.

Baca Juga: 5 Menu Lezat Berbahan Sereal Renyah, Yuk Kreasikan!

3. Waffle cereal

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari KueSereal dari waffle (lifemadesweeter.com)

Waffle merupakan sajian yang diolah menggunakan adonan tepung dan dimasak dalam cetakan khusus yang membuat bentuknya unik. Jika biasanya waffle dimakan bersama saus cokelat dalam ukuran besar maka kali ini makanan tersebut dapat dijadikan sarapan sereal.

Sama seperti beberapa menu sarapan sebelumnya, sereal dari waffle ini dibentuk dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa dinikmati bersama susu dan aneka buah potong segar kesukaan.

4. Cinnamon toast cereal

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari KueIlustrasi sereal cinnamon toast (unsplash.com/Fran Jacquier)

Salah satu sereal populer yang bisa diolah sendiri di rumah adalah cinnamon toast crunch, serunya lagi kamu dapat mengolah sereal ini dengan bahan baku yang lebih sehat lho!

Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah tepung oat, tepung almond, kayu manis sebagai perasa utama, dan pemanis. Sereal ini bisa dijadikan teman dalam menu sarapan bersama granola dan hidangkan dengan susu.

5. Puff cereal

5 Sereal Menarik yang Bisa Diolah Sendiri, Ada yang Dibuat dari KueIlustrasi sereal puff (unsplash.com/Daniel Irwin)

Puff cereal dikenal karena teksturnya yang renyah dan cocok berpadu dengan susu untuk menu sarapan praktis dan enak. Rasa utama sereal ini pun dapat disesuaikan dengan yang kamu ingin sehingga makanan jadi lebih cepat habis.

Bahan utama pembuatan sereal terletak pada penggunaan tepung almond, sirup maple, yoghurt, dan tepung.

Sementara untuk menambahkan rasa, kamu bisa menyisipkan vanilla, bubuk cokelat, matcha, atau aneka perasa lain yang cocok di lidah.

Itulah kelima sereal unik yang bisa diolah sendiri di rumah sebagai menu sarapan enak dan praktis sehari-hari, kalau kamu sendiri lebih suka makan pagi dengan hidangan berat atau sereal nih?

Baca Juga: 5 Ragam Sereal yang Dapat Kamu Pilih, Sesuaikan dengan Selera!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya