Comscore Tracker

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Sudah pernah coba?

Permen adalah makanan manis paling populer yang digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Hidangan yang terbuat dari gula ini umumnya dibentuk dengan ukuran yang kecil atau diberi gagang pada jenis-jenis tertentu. Namun, dalam dunia permen, ada beberapa inovasi rasa yang unik terutama di Indonesia lho! Apa saja?

1. Permen madu

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiamelvillecandy.com

Selain gula pasir, madu yang juga masuk ke dalam kategori pemanis alami, bisa dijadikan permen bar yang sama dengan permen yang kita temukan di sekitar. Selain rasanya yang cenderung berbeda dari kebanyakan permen, makanan yang dibuat dari madu ini juga memiliki warna yang khas, alami dari bahan bakunya.

2. Permen kunyit asam

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiahealthysubstitute.com

Masa kecilmu pasti akrab dengan salah satu minuman tradisional Indonesia bernama kunyit asam. Ya, minuman yang umumnya dijajakan oleh para penjual jamu ini memiliki banyak sekali manfaat, sehingga tidak sedikit orang yang rela mengantre demi segelas kunyit asam. Namun, seiring berjalannya waktu, kunyit asam tidak hanya diolah sebagai minuman melainkan permen.

3. Permen sayur

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiacandyblog.net

Sayur jadi komoditi yang sebenarnya bisa diolah dengan berbagai inovasi, jika selama ini kita hanya mengetahui beberapa teknik memasak sayur seperti dikuah, ditumis, ataupun direbus, sayur juga ternyata dapat dipakai sebagai salah satu bahan utama pembentuk permen, yakni permen sayur. Ada banyak yang bisa digunakan, sebut saja wortel atau sawi.

Baca Juga: Kena Aksi Vandalisme, 3.000-an Permen Karet Nodai Candi Borobudur!

4. Permen lidah buaya

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiaamazon.com

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman berkhasiat yang memiliki ciri berbentuk runcing memanjang dengan kedua sisi yang bergerigi, lidah buaya sendiri seringkali dikenal hanya sebagai tanaman obat, padahal ia dapat dimasak dan dimakan seperti tanaman lainnya dengan teknik pengolahan tertentu. Nah, kalau kamu penasaran dengan jenis olahan yang unik, maka permen lidah buaya bisa menjadi pilihan.

5. Permen rumput laut

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiabeefjerkystore.com

Rumput laut adalah salah satu komoditi yang dibudidayakan di perairan, saat ini biasanya kita menemukan rumput laut diolah sebagai bahan perasa, baik dalam makanan manis maupun asin. Salah satu pengembangan rumput laut dalam industri kuliner disajikan pula ke dalam bentuk permen, permen rumput laut sendiri umumnya berbentuk jelly dengan berbagai warna.

6. Permen tape

6 Inovasi Rasa Permen Unik yang Bisa Kamu Temukan di Indonesiabukalapak.com/oleh2lestari

Tape merupakan makanan yang seringkali dijumpai di Indonesia dengan citarasa yang unik, rasa asam dan manis yang ditimbulkan dari hasil fermentasi membuat tape banyak digemari oleh masyarakat sekitar. Kini, kamu nggak hanya bisa menikmati tape dalam bentuk polos, digoreng, atau dibuat getuk. Sebab, beberapa UKM mulai mengembangkan tape sebagai salah satu bahan utama pembuat permen.

Nah, itu dia beberapa inovasi rasa permen unik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Dari berbagai rasa yang menarik di atas, kira-kira mana yang pernah kamu coba dan membuat penasaran?

Baca Juga: 10 Jenis Permen Populer di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia Lho!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya