Comscore Tracker

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jerman

Mampu dijadikan pendamping yang pas buat sosis, lho

Sayur fermentasi menjadi salah satu cara mengawetkan makanan, sekaligus bisa mengubah rasanya menjadi kian menarik. Metode tersebut pun bisa diterapkan untuk sayuran seperti kubis, atau dikenal dengan nama sauerkraut.

Makanan khas Jerman ini memiliki rasa yang cenderung asam dan asin, sehingga cocok untuk mendampingi berbagai bahan makanan, tak terkecuali lima sajian berikut ini.

1. Homamade sauerkraut

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jermanilustrasi homamade sauerkraut (pexels.com/ELEVATE)

Sauerkraut menjadi salah satu hasil fermentasi yang dapat diolah sendiri di rumah. Beberapa versi dari sauerkraut homamade memiliki bahan yang berbeda, mulai dari dua hingga empat komponen yang disiapkan.

Namun bahan yang paling umum digunakan adalah kubis dan garam. Sayur tersebut perlu dibersihkan dan dipotong-potong, setelah dicampur dengan garam, aduk bahan sampai keluar air secara alami. Setelah itu, simpan dalam jar selama beberapa hari.

2. Sauerkraut casserole

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jermanilustrasi sauerkraut casserole (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Sauerkraut menjadi salah satu komponen yang sering disantap bersama sosis, salah satunya dalam olahan sauerkraut casserole. Makanan ini dapat dijadikan camilan yang mengandung rasa asin dan manis, lho.

Sebelum memasak sauerkraut, kamu perlu menumis bawang bombai dengan sosis di wajan berbeda. Setelah itu masukkan sayur fermentasi, apel, air, dan gula cokelat. Kemudian masak kembali dengan cara dipanggang.

3. Sausage sauerkraut soup

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jermanilustrasi sausage sauerkraut soup (pixabay.com/RitaE)

Meskipun bersifat fermentasi, namun sauerkraut pun tetap bisa diolah ke dalam masakan berkuah seperti sup. Masih bersama sosis, kini kamu dapat menggunakan kielbasa sebagai teman santapan tersebut.

Sementara untuk komponen sayur segar, gunakan potongan wortel, kentang, dengan bumbu seperti kaldu ayam, gula cokelat, bawang bombai, jintan, serta bumbu penyedap untuk mengoreksi rasa.

Baca Juga: Resep Kimchi Spaghetti, Hidangan Pasta Pedas Bercita Rasa Khas Korea!

4. Sauerkraut hot dog

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jermanilustrasi sauerkraut hot dog (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Siapa di antara kamu yang menyuakai makanan cepat saji seperti hot dog? Olahan dari roti berbentuk persegi panjang dengan sosis di bagian tengah ini, memang sudah menjadi makanan populer sejak dulu.

Dalam proses pembuatan sauerkraut hot dog, sayur fermentasi ini perlu dihangatkan bersama relish, mustard, dan gula. Setelah itu, susun sosis di dalam roti dan gunakan topping dari sauerkraut.

5. Lunch wrap with sauerkraut

5 Hidangan Lezat Sauerkraut, Kimchi Kubis dari Jermanilustrasi lunch wrap with sauerkraut (unsplash.com/Jae Park)

Memasak menu makan siang menggunakan pembungkus edible adalah salah satu teknik populer yang bisa diterapkan bagi kamu yang super sibuk. Biasanya, bahan yang digunakan adalah kulit tortilla.

Nah, lunch wrap tersebut dapat diolah memakai sauerkraut agar rasa makanan menjadi lebih segar. Sementara isian utamanya bisa disusun dengan daging ayam panggang, selada, dan bawang bombai.

Sauerkraut menjadi salah satu sayur fermentasi kaya manfaat dan bisa diolah menjadi bermacam-macam masakan sedap. Lima sajian di atas dapat dijadikan inspirasi, terutama bila kamu merupakan pencinta kubis.

Baca Juga: Aslinya Berwarna Putih, 5 Fakta Menarik Kimchi yang Wajib Kamu Tahu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya