Comscore Tracker

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!

Cocok untuk dinikmati bareng nasi hangat, deh

Bila harus menentukan dedaunan aromatik apa yang paling laris manis di Indonesia, tampaknya kemangi akan masuk ke dalam jajaran bahan yang sering disebutkan. Ini lantaran hampir di banyak tempat makan, kemangi menjadi lalapan yang selalu hadir.

Karakteristik daun yang agak pendek ini adalah rasanya yang getir namun punya wangi semerbak. Makanya gak heran kalau penggunaan daun kemangi semakin meningkat, termasuk untuk dipakai sebagai pelengkap makanan berkuah.

Kira-kira seperti apa saja olahan yang dimaksud? Simak dalam lima pilihan ini, yuk!

1. Sayur bayam kemangi 

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!ilustrasi sayur bayam kemangi (pixabay.com/Tharshika Parameswaran)

Indonesia sangat akrab dengan olahan sayur bayam yang pas sekali untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat. Makanan ini punya segudang manfaat baik untuk tubuh, disertai oleh bahan-bahan yang tergolong ekonomis.

Dalam proses pembuatan sayur bayam, irisan cabai dan bawang menjadi bumbu perasa yang tepat. Belum lagi kalau makanan ini ditambahi memakai jagung dan seikat kemangi yang bakal menambah sensasi kelezatan maksimal.

2. Sayur ayam kemangi 

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!ilustrasi sayur ayam kemangi (pixabay.com/Vu Pham Minh)

Bikin makanan berkuah dengan diisi menggunakan daging ayam biasanya akan sukses memikat lidah banyak orang. Belum lagi kalau bumbu yang dipakai sangat melimpah, maka rasa hidangan pun kian terdepan dan jadi favorit.

Hal itu juga berlaku dalam proses pembuatan makanan kali ini, bumbu bawang, kunyit, jahe, cabai, hingga kemiri akan digunakan untuk memasak ayam. Kemudian tambahkan air yang banyak dan kemangi untuk membuat rasa dan aromanya makin sedap.

3. Sayur labu siam kemangi 

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!ilustrasi sayur labu siam kemangi (pixabay.com/JLerche)

Sebagian besar masyarakat Indonesia hampir seringkali menemukan labu siam untuk dimasak menjadi santapan berkuah. Selain memiliki harga yang terjangkau, pun santapannya selalu bikin ngiler walaupun hanya diolah secara simpel.

Biar sayur labu siam semakin terasa menarik, kali ini kamu bisa menghadirkan bumbu bawang dan cabi sebagai dasar. Kemudian masak bareng kemangi, lalu tambahkan santan untuk menghasilkan sayur labu siam yang semakin terasa gurih ketika dinikmati.

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enak

4. Sayur tahu daun kemangi 

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!ilustrasi sayur tahu daun kemangi (pixabay.com/jyleen21)

Tahu menjadi salah satu bahan masak ekonomis yang begitu disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama karena komponen ini bisa dibuat menjadi aneka makanan sedap, seperti tahu goreng ataupun sayur tahu.

Kenikmatan sayur tahu sendiri bisa disandingkan dengan ekstra bahan yang membuat sup terasa semakin ramai. Beberapa di antaranya adalah seafood dan kemangi. Belum lagi tomat yang dicampur ke dalam kuah, sehingga terdapat sensasi segar yang terasa.

5. Sayur daun kelor kemangi     

5 Ide Pembuatan Sup Pakai Kemangi, Harum dan Menggoda!ilustrasi sayur daun kelor kemangi (pixabay.com/HirokazuTouwaku)

Kalau kamu belum pernah mencicipi daun kelor, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengolah bahan tersebut menjadi salah satu penunjang makanan berkuah yang sedap. Hidangan ini pas sekali untuk dinikmati bersama nasi hangat dan lauk makan lainnya.

Gak sendirian, daun kelor bisa ditemani dengan kemangi hingga isian sayur lebih terasa ramai. Untuk kuah, kamu dapat membuat kaldu bening atau bisa juga lebih kental dengan menghadirkan santan kelapa yang dicampur memakai bumbu bawang dan cabai.

Kemangi bukan cuma bisa sukses untuk dihadirkan sebagai lalapan, sebab jika ditelaah lebih lanjut bahan yang satu ini tetap cocok untuk dinikmati sebagai pelengkap makanan berkuah, agar rasa dan aromanya juga semakin terdepan. 

Baca Juga: Resep Sup Jamur Enoki Kuah Pedas, Cita Rasa Oriental Sedap!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya