Comscore Tracker

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enak

Salah satu makanan berkuah paling enak di Indonesia

Ada banyak masakan berkuah asli Nusantara yang dikenal enak dan lezat. Salah satunya sup konro. Bagi kamu pencinta kuliner, pastinya gak asing lagi sama nama sup ini, ya gak?

Yap, sup konro merupakan kuliner yang berasal dari tradisi Suku Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dari bahan iga sapi atau daging sapi.

Masakan yang sudah eksis sejak ratusan tahun yang lalu ini dikenal kaya akan rempah-rempah pilihan. Gak heran kalau sup konro punya citarasa yang sangat khas.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membuat sup konro sendiri di rumah, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut tips dan cara membuat sup konro khas Sulawesi Selatan yang enak.

1. Memilih bagian iga sapi

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakturnerandgeorge.co.uk

Sup konro merupakan masakan tradisional yang lazimnya menggunakan bagian iga sapi. Sebenarnya bisa saja menggunakan bagian lainnya. Namun, iga sapi akan menghasilkan kaldu yang lebih gurih.

Aroma kaldu dari iga inilah yang membuat sup konro semakin lezat. Jadi, usahakan menggunakan bagian iga sapi ya guys.

2. Cara memilih iga sapi yang tepat untuk sup konro

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakpeakpx.com

Memilih iga sapi untuk sup konro gak bisa sembarangan, lho. Untuk menghasilkan kuah yang "nendang", pilih jenis iga yang lebih didominasi tulang untuk menghasilkan kaldu yang lebih mantap.

Memperhatikan lapisan lemak pada daging iga juga penting. Jika lapisan lemak terlalu tebal, biasanya daging iga akan lebih alot.

Pastikan pula kamu memilih iga sapi yang segar ya. Caranya, kamu bisa menekan menggunakan jari. Jika kenyal dan tidak berlendir, maka iga tersebut segar dan layak untuk dibeli.

3. Merebus iga sebanyak dua kali

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakmaangchi.com

Ada sedikit tips supaya kuah kaldu bersih dan terhindar dari bau tidak sedap. Kamu bisa merebus iga dua sebanyak kali.

Pertama, rebus iga dalam air mendidih, sebentar saja. Setelah itu, buang air rebusannya. Selanjutnya, rebus kembali iga dengan air baru hingga mendidih, empuk, dan keluar kaldunya.

Baca Juga: 8 Tips Memasak Se'i Babi atau Sapi yang Nikmat, Rasanya Bikin Kalap

4. Masak dengan api kecil dan dalam waktu lama

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakindonesia.go.id

Untuk menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna, kamu bisa memasak dengan api kecil dan dalam waktu yang lama. Teknik biasa disebut slow cooking.

Jika dimasak dengan api besar, daging iga justru alot dan masih akan menempel kuat di tulangnya. Masaklah dengan api kecil hingga kaldunya agak surut dan bumbunya resap sempurna.

5. Jangan sampai ada rempah-rempah yang terlewat

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakmybalancemeals.com

Ciri khas sup konro adalah kaya akan rempah-rempah. Gak heran kalau sup konro punya citarasa yang lezat dan khas. Jadi saat membuat sup konro, pastikan gak ada rempah-rempah yang terlewatkan ya.

Kamu bisa menghaluskan bumbu rempah dengan blender, supaya teksturnya sempurna. Tambahkan pula serai, jahe, kapulaga, kayu manis, cengkeh, daun salam, daun jeruk, dan lainnya saat proses menumis.

6. Jangan lupa burasa sebagai makanan pendamping

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enakwikipedia.org

Kamu bisa menikmati sup konro dengan menu pendamping. Orang Bugis biasanya menikmatinya dengan olahan beras khas Sulawesi Selatan, seperti burasa.

Burasa mengandung karbohidrat untuk mengimbangi sop dan iga yang mengandung banyak protein.

Nah, itulah tips dan cara membuat sup konro khas Sulawesi Selatan yang enak. Dijamin gak akan puas dengan satu porsi, deh!

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Tips Memasak Nasi Kuning yang Enak dan Wangi, Gak Sulit Kok!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya