Comscore Tracker

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkan

Wajib coba olahan terkenal seperti bagel and lox, nih!

Seperti kebanyakan ikan yang kerap kali diolah untuk menambah umur simpan agar jadi lebih panjang, salmon pun dapat diperlakukan serupa dan memiliki metode sendiri agar tetap bisa dinikmati.

Sajian tersebut dikenal dengan salmon lox. Yakni olahan dari ikan salmon fillet yang diproses dengan cara mengurangi kadar air dalam daging. Kemudian ikan tersebut akan diasinkan sebelum dikonsumsi bersama aneka makanan lain.

Terkenal akan harganya yang lebih tinggi, salmon lox rupanya menjadi idola untuk beberapa masakan. Bahkan kamu bisa menikmati hidangan ini secara maksimal, melalui lima kudapan berikut ini.

1. Bagel and lox

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkanilustrasi bagel and lox (pixabay.com/bobbymp)

Bicara soal salmon lox, belum lengkap rasanya bila tidak menyertakan bagel dalam daftar. Perpaduan dua bahan baku ini menjadi primadona, terutama sebagai makanan praktis untuk mengganjal lapar.

Biasanya bagel dipotong menjadi dua bagian, di mana setiap sisi dari roti ini akan diolesi menggunakan krim keju yang nikmat. Setelah itu, sisipkan lox di antara bagel dan tambahkan sayuran untuk menyegarkan hidangan.

2. Frittata lox

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkanilustrasi frittata lox (unsplash.com/Brett Jordan)

Frittata menjadi salah satu olahan berbahan baku telur yang menjadi idaman apabila disajikan sebagai menu sarapan nikmat. Hal yang membedakan antara frittata dengan telur dadar biasa terletak pada ketebalan dan isian yang digunakan.

Frittata sering kali diolah menggunakan beragam bahan baku tambahan, supaya adonan telur ini semakin terasa padat. Salah satu kreasi yang bisa diterapkan dalam hidangan tersebut adalah dengan menambah salmon lox.

3. Salmon lox and pasta

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkanilustrasi pasta and lox (pixabay.com/Linda Lee)

Hidangan berbasis pasta memang kerap dijadikan target untuk aneka inovasi hidangan, sehingga rasa makanan tersebut jadi kian variatif dan tetap menarik untuk terus diikuti perkembangannya.

Dalam salah satu hidangan pasta yang bisa kamu cicipi, menggunakan salmon lox sebagai penambah rasa dapat dijadikan sebuah ide untuk membuat masakan enak. Terlebih sajian ini cocok bila disandingkan bersama bolognese atau carbonara sekalipun.

Baca Juga: 5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyang

4. Salmon lox sandwich

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkanilustrasi lox sandwich (unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron)

Salmon lox terbilang cocok untuk menemani aneka hidangan yang dibuat sebagai roti lapis. Tidak cuma bagel yang empuk dan nikmat, kamu pun bisa memakai irisan rye bread atau roti tawar untuk membuat sandwich.

Sebelumnya, kamu dapat menggunakan mayonais atau krim keju untuk lapisan dasar roti. Tambahkan irisan alpukat, segenggam sayur daun, dan susun rapi salmon lox di atas hidangan supaya tampak cantik.

5. Salmon lox crepes

5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkanilustrasi salmon lox crepes (tasteofhome.com/Taste of Home)

Crepes atau dadar adalah pilihan sajian berikutnya yang dapat disantap bersama salmon lox. Jika biasanya makanan tersebut diisi dengan beragam adonan manis, maka pilihan asin dapat dikreasikan dengan menggunakan salmon.

Sisipkan salmon lox di antara kulit dadar yang telah matang. Bila suka, kamu dapat menggunakan irisan bawang bombai merah dan sedikit keju, supaya rasa hidangan jadi tambah nikmat.

Salmon lox mungkin bukanlah sesuatu yang umum ditemui di tanah air. Namun hidangan tersebut tetap tidak kalah nikmat dari sajian ikan lainnya, dan perlu untuk dicoba apalagi kalau kamu adalah pencinta salmon.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Ikan Tuna yang Bikin Lidah Bergoyang, Masak Yuk!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya