Comscore Tracker

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!

Inovasi yang cocok diterapkan pada makanan dan minuman manis

Moka dan jahe merupakan dua macam komponen yang sangat populer di dunia kuliner. Memiliki perpaduan rasa yang bertolak belakang, siapa sangka keduanya dapat dipertemukan dalam satu sajian tertentu.

Ini akan memberikan sensasi kopi, susu, cokelat, dan hangat khas rempah yang unik. Makanya lima sajian berikut jadi begitu disukai. Banyak yang mengidolai hasil akhir ragam santapan yang ada.

1. Wedang moka jahe

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!ilustrasi wedang moka jahe (pexels.com/samer daboul)

Selama ini, kita hanya mengetahui bahwa wedang merupakan minuman tradisional dengan cita rasa jahe yang cukup pekat. Tidak semua orang menyukai perpaduan rasanya. Maka dari itu, diciptakanlah inovasi wedang yang tak kalah memikat.

Minuman ini dibuat dari rempah-rempah yang direbus secara bersamaan, mulai dari jahe, cengkih, kayu manis, dan lainnya, kemudian saring. Nah, untuk mendapatkan sensasi rasa moka, bisa tambahi beberapa sendok kopi instan dan susu kental cokelat.

2. Bolu kukus jahe moka

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!ilustrasi bolu kukus jahe moka (pexels.com/CHaLO)

Kombinasi moka dan jahe bukan cuma bisa kamu temukan dalam minuman tradisional. Gabungan rasa ini dapat diterapkan dalam proses pengolahan salah satu kue populer, seperti bolu kukus.

Biar tidak terasa rumit saat proses pembuatan, kamu bisa mencampurkan jahe parut atau jahe bubuk ke dalam adonan utama. Tidak lupa sisipkan pula bubuk moka agar rasanya makin tajam dengan aroma yang bikin meneteskan air liur.

Baca Juga: Resep Bolu Moka Lapis Meses, Manis Lembutnya Terasa Nempel di Lidah

3. Kukis jahe moka

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!ilustrasi kukis jahe moka (pexels.com/Oleg Magni)

Sajian satu ini juga tidak kalah menarik untuk dicoba, karena memiliki kombinasi rasa yang berbeda dibandingkan dengan kue kering lainnya. Itu lantaran terdapat sensasi moka dan jahe yang dicampur menjadi satu. Rasanya jadi hangat nan manis.

Hampir mirip dengan hidangan sebelumnya, proses pembuatan kue satu ini pun bahan utama sumber perasanya didapatkan dari jahe bubuk dan pasta moka. Masukkan juga pasta cokelat agar rasa dan warnanya makin menarik.

4. Moka jahe susu

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!ilustrasi moka jahe susu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Membuat minuman hangat dan manis ternyata tidak harus melibatkan banyak sekali rempah. Dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu sudah bisa membuat moka jahe susu yang nendang. Cocok sekali dijadikan pendamping aneka makanan berat.

Untuk membuat minuman satu ini, dibutuhkan bahan baku susu cair yang nantinya akan dicampur bersama dengan kopi instan, cokelat masak, dan tentunya jahe bubuk untuk mendapatkan kombinasi rasa yang melegakan.

5. Bolu jahe moka

5 Kreasi Santapan Rasa Moka Jahe, Nikmat dan Bikin Hangat!ilustrasi bolu jahe moka (pexels.com/Christina Polupanova)

Sementara, hidangan yang terakhir jatuh kepada bolu panggang. Salah satu makanan favorit dengan cita rasa yang bisa diinovasikan sesuka hati ini memang cocok untuk digabungkan bersama lebih dari satu rasa utama, seperti moka jahe.

Pemakaian pasta moka dan jahe bubuk juga diperlukan di dalam adonan utama untuk menambah sensasi unik. Kemudian, panggang bolu tersebut dan hias sesuai selera, baik itu dengan penggunaan butter cream maupun disantap polosan.

Perpaduan antara moka dan jahe menjadi terobosan unik dalam menciptakan sensasi hangat nan manis suatu masakan. Terlebih karena ada sensasi kopi, cokelat, dan susu pada adonan yang membuatnya terasa begitu legit, tetapi tak membosankan.

Baca Juga: 5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupa

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya