Comscore Tracker

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatik

Cocok buat tambahan pengolahan kue tart juga, lho

Blood orange atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai 'jeruk darah' merupakan salah satu varietas jeruk yang memiliki bentuk cukup besar. Rasanya tidak kalah manis dengan aroma yang lebih tajam.

Jeruk ini bisa disajikan ke dalam aneka macam makanan enak, mulai dari kue cantik hingga permen sekalipun. Yuk, cari tahu lima santapan tersebut sebagai referensi masak terbaru di rumah.

1. Blood orange upside down cake

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatikilustrasi blood orange upside down cake (pixabay.com/Fauna Grace)

Upside down cake adalah sebutan untuk makanan yang meletakan topping secara terbalik di dalam loyang. Umumnya, hidangan tersebut disusun menggunakan irisan buah nanas, namun kamu pun bisa berkreasi memakai blood orange ini.

Pertama-tama, buat lapisan dasar dengan memasak mentega, gula, dan air lemon. Lalu tuang ke dalam loyang. Selanjutnya letakkan irisan blood orange bebas biji di wadah yang sama. Baru tutup memakai adonan tepung, telur, mentega, dan lainnya.

2. Candied blood orange slice

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatikilustrasi candied blood orange slice (pixabay.com/Radosław Kulupa)

Blood orange bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat manisan permen yang sederhana. Rasanya akan jadi semakin manis, sekaligus memberikan fungsi lebih untuk ditambahkan ke dalam aneka santapan lainnya.

Proses pembuatan candied blood orange ini sangat simpel. Kamu hanya memerlukan irisan jeruk darah yang sudah bebas dari biji-bijinya. Kemudian larutkan air dan gula di atas kompor, masukkan jeruk dan biarkan beberapa saat.

3. Blood orange curd tart

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatikilustrasi blood orange curd tart (pixabay.com/utroja0)

Selayaknya bahan baku dari jenis jeruk lainnya, orange blood pun menjadi salah satu yang paling pas untuk dijadikan isian dalam pengolahan tart. Terlebih dengan crust yang dibuat sendiri menggunakan tepung atau oat.

Sedangkan filling memerlukan bahan-bahan yang dicampur dari blood orange, kuning telur, mentega, gula, dan air lemon. Campur isian ke dalam kulit tart, lalu hias memakai irisan jeruk darah yang masih tersisa.

Baca Juga: 5 Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Kuning Telur, Lezat dan Cantik

4. Blood orange sherbet

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatikilustrasi blood orange sherbet (pixabay.com/ElizabethRose)

Sebagai salah satu penggemar berat es krim, menjadikan jeruk beraroma tajam ini sebagai bahan pembuatan sherbet adalah cara maksimal untuk mengolah camilan yang pas disantap saat panas terik.

Pembuatan sherbet cukup identik dengan susu rendah lemak, namun kali ini kamu bisa pula memakai santan, gula, air jus jeruk darah, serta air lemon. Bila suka, kamu pun dapat menambahkan irisan jeruk ekstra pada makanan.

5. Blood orange overnight oats

5 Inspirasi Kudapan Legit dari Orange Blood yang Aromatikilustrasi blood orange overnight oats (pixabay.com/Gnana prakash)

Siapa, nih, di antara kamu yang senang membuat menu sarapan dengan overnight oat? Selain praktis, makanan ini pun cukup mengenyangkan dengan perpaduan komponen yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kamu bisa berkreasi memakai jeruk ini sebagai bahan tambahan. Gunakan oat, jeruk, stroberi, dan buah-buahan lain yang kamu sukai. Masukkan susu atau air, dan lengkapi memakai selai untuk menciptakan rasa yang lebih nikmat.

Macam-macam olahan kudapan dengan orange blood rupanya terasa sangat menyegarkan. Buat kamu yang sedang ingin mencicipi hidangan disertai bahan baku unik, maka lima santapan di atas dapat menjadi referensi.

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan dari Cokelat dan Jeruk yang Bikin Ketagihan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya