Comscore Tracker

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negara

Sudah pernah mencicipi teh tiga lapis belum?

Susu evaporasi merupakan salah satu produk yang masuk ke dalam kategori pemanis. Bahan yang satu ini agak mirip dengan susu kental manis, tetapi tidak memerlukan gula tambahan sebagai sumber perasanya.

Keberadaan susu evaporasi sendiri sangat populer untuk ditambahkan ke dalam aneka macam minuman, tidak terkecuali olahan berbahan dasar teh.

Buat kamu yang merupakan pecinta minuman aromatik dari teh, berikut ini terdapat lima kreasi minuman hits yang bisa ditambah menggunakan susu evaporasi agar rasanya jadi semakin legit.

1. Hong Kong milk tea 

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negarailustrasi hong kong milk tea (pixabay.com/Bruno /Germany)

Hong Kong milk tea adalah minuman yang merupakan penggabungan antara susu evaporasi dan teh, sehingga memunculkan kreasi sajian yang memiliki tekstur agak kental namun lembut saat dinikmati sebagai minuman favorit.

Proses pembuatan Hong Kong milk tea ini terbilang menarik, karena kamu memerlukan bahan-bahan dari teh, susu evaporasi, susu kental manis, serta air. Nantinya adonan tersebut perlu disaring menggunakan cheese cloth untuk menghasilkan tekstur yang pas.

2. Karak chai 

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negarailustrasi karak chai (pixabay.com/umehanayuuki)

Karak chai adalah salah satu minuman yang serupa dengan masala chai, yakni minuman dengan cita rasa teh yang kuat ala tradisi masakan Hindi. Jadi buat kamu yang merupakan pecinta minuman krimi disertai rasa rempah, maka karak chai adalah minuman yang tepat.

Selain memerlukan bintang utama seperti teh, ada juga bahan tambahan dari susu evaporasi serta penggunaan rempah-rempah, mulai dari kapulaga dan kayu manis, serta tambahkan gula dan ekstrak vanila untuk membuat aromanya jadi semakin wangi.

Baca Juga: 5 Teh Unik yang Digemari di Berbagai Negara, Ada Teh Mentega

3. Shai adeni  

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negarailustrasi shai adeni (pixabay.com/Mahdi Joban)

Shai adeni atau dikenal juga dengan sebutan adeni tea merupakan salah satu minuman yang sangat kaya akan rempah-rempah. Walau demikian, teksturnya yang creamy juga membantu minuman tersebut jadi terasa lebih nikmat saat dikonsumsi.

Berbeda dari olahan sebelumnya, shai adeni ini memerlukan rempah-rempah yang terdiri dari cengkih, kapulaga hijau, batang kayu manis, dan sisanya terdiri dari air, susu evaporasi, dan penggunaan teh jenis black tea untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal.

4. Teh tarik 

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negarailustrasi teh tarik (pixabay.com/6342722)

Bila kamu sering melancong ke berbagai wilayah, khususnya di Asia Tenggara, nama teh tarik pastinya sudah terdengar tidak asing lagi. Salah satu minuman bertekstur krimi ini memang terkenal karena rasanya yang begitu manis dan agak kental.

Teh tarik juga memiliki resep yang beragam di satu daerah dengan tempat lain. Namun yang paling umum disertakan adalah bahan-bahan dari teh hitam, susu evaporasi, susu kental manis, dan penggunaan air yang nantinya akan diolah sedemikian rupa.

5. Teh c

5 Minuman Teh dengan Susu Evaporasi, Hits di Berbagai Negarailustrasi teh c (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Kalau minuman yang satu ini biasanya dibuat dengan beberapa lapisan sehingga tampak cantik saat disajikan. Teh tersebut dikenal sebagai teh c atau three layer tea. Minuman ini sangat populer terutama di wilayah Malaysia.

Cara membuat teh c ini sangat sederhana, karena kamu bisa menyiapkan gula palm yang dicairkan kemudian masukkan ke dalam gelas, disusul dengan tambahan susu evaporasi dan terakhir adalah seduhan dari daun teh hitam.

Olahan teh dengan susu evaporasi mampu menghasilkan minuman yang memiliki sensasi lebih krimi dan legit. Oleh sebab itu, tidak heran bila bahan yang satu ini sangat laris manis untuk dijadikan pelengkap bagi macam-macam minuman, seperti ragam olahan di atas. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Susu Evaporasi, Bisa untuk Kue!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya