Comscore Tracker

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalan

Mulai dari perkedel sampai bakwan yang menggugah selera, nih

Telur puyuh merupakan salah satu bahan pangan yang bentuknya mini dengan rasa juara. Telur puyuh sendiri umumnya disajikan dalam kondisi direbus saja. Namun, sebenarnya telur puyuh juga bisa dikreasikan menjadi aneka santapan sedap pilihan, kok.

Buat kamu penggemar makanan renyah dan garing, ada lima olahan telur puyuh andalan yang bisa kamu terapkan. Mari kita simak, apa aja, sih, aneka makanan yang bisa dikombinasikan bersama telur puyuh berikut ini!

1. Perkedel telur puyuh 

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalanilustrasi perkedel telur puyuh (unsplash.com/Allen Gong)

Perkedel adalah makanan renyah dan lembut yang bisa dijadikan lauk makan sekaligus camilan. Bahan utama pembuatan perkedel sendiri diolah dari kentang rebus yang dilumatkan untuk kemudian digoreng.

Namun, biar makanan ini makin menarik, pada proses pembentukan adonan perkedel kamu bisa memasukkan telur puyuh sebagai isian. Siapkan minyak goreng, lalu masak perkedel telur puyuh sampai permukaan luarnya garing.

2. Tahu goreng telur puyuh 

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalanilustrasi tahu goreng telur puyuh (pixabay.com/Mittmac)

Hidangan berikut ini pun tidak kalah lezat dari kreasi makanan pertama. Hal itu karena pada proses pembuatan telur, akan ada bahan tambahan yang digunakan untuk melengkapi sajian tersebut. Komponen yang dimaksud adalah tahu.

Tahu yang sudah dilengkapi bersama telur puyuh bisa dikukus terlebih dahulu supaya lebih padat. Setelah itu, celupkan adonan yang telah matang ke dalam kocokan telur. Siapkan wajan, goreng tahu telur puyuh tersebut sampai berubah warna keemasan.

Baca Juga: 5 Sajian Menu Makan Malam Berbahan Telur Puyuh, Bikin Ngiler!

3. Telur puyuh crispy 

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalanilustrasi telur puyuh crispy (unsplash.com/Léo Roza)

Pengolahan telur puyuh yang memiliki tekstur renyah dan garing juga bisa kamu buat tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya. Makanan ini bisa dijadikan sate atau dimakan langsung ditemani dengan saus sambal yang pedas.

Kupas cangkang telur puyuh yang sudah matang.  Celupkan ke dalam adonan tepung terigu secara bergantian. Siapkan tepung panir, kemudian gulingkan di atasnya. Goreng sampai teksturnya renyah.

4. Bakwan telur puyuh 

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalanilustrasi bakwan telur puyuh (pixabay.com/Designermate)

Bakwan menjadi opsi gorengan populer yang sudah menjadi kudapan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya hidangan ini dibuat dengan memanfaatkan sayuran sisa yang tidak termasak.

Bukan cuma penggunaan irisan kol dan wortel yang bikin enak, kamu pun bisa turut memasukkan telur puyuh sebagai peningkat cita rasa. Buat adonan pakai tepung terigu dan air. Lakukan koreksi rasa, setelah itu goreng adonan di dalam minyak panas.

5. Telur puyuh pangsit goreng

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalanilustrasi telur puyuh pangsit goreng (pixabay.com/Jason Goh)

Kreasi yang satu ini pun tidak kalah praktis dan enak untuk disantap. Sangat cocok dipadukan dengan macam-macam saus pilihan. Misalnya saus sambal, saus kecap, bahkan sampai saus mayones sekalipun. 

Siapkan telur puyuh dan kulit pangsit. Tambahkan juga bahan-bahan yang ingin kamu cicipi bersama. Kemudian, bungkus seluruh komposisi serapi mungkin. Lalu, matangkan hidangan dengan cara digoreng garing.

Telur puyuh menjadi salah satu bahan pangan paling simpel untuk dijadikan aneka santapan sedap. Tentunya, lima rekomendasi kreasi makanan di atas bisa kamu jadikan referensi hidangan anyar yang menggugah selera, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Semur Telur Puyuh untuk Menu Lauk Makan Siang, Dijamin Nikmat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya