Comscore Tracker

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim Hujan

Kumpulan sup enak dan bikin kenyang

Rumput laut menjadi bahan baku yang sering dipakai dalam kuliner Nusantara ataupun mancanegara dengan berbagai ide brilian yang membuat suatu olahan makin sedap ketika disantap.

Nah, dalam momentum menyambut musim hujan, rumput laut dapat pula dimanfaatkan untuk membuat aneka sup penghangat badan yang nikmat dan tentunya praktis diolah sendiri di rumah.

Bila kamu tertarik dengan sajian tersebut, simak kelima referensi sup rumput laut yang nikmat dan hangat berikut ini.

1. Sup miso

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim Hujanilustrasi sup miso (delish.com/Parker Feierbach)

Miso merupakan salah satu olahan berkuah yang dibuat dengan melibatkan potongan tofu sebagai bahan utama pengolahannya, hidangan ini umum ditemui pada sepanjang musim dingin di Jepang.

Nah, dalam semangkuk sup miso sendiri, kita akan mendapati isian berupa irisan bawang daun, tofu, dan terkadang ditambahi wakame alias rumput laut khas Negeri Sakura yang bersatu dalam kuah dashi.

2. Sup telur dan rumput laut

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim HujanSup telur dan rumput laut (yummy.co.id)

Sup kedua yang dapat diolah untuk menyambut musim hujan adalah telur dan rumput laut. Sama-sama memiliki rasa gurih yang khas membuat keduanya cocok dipertemukan dalam satu olahan.

Nah, pada proses pembuatan sup ini, kuah yang dipakai bisa menggunakan kaldu apapun dan pemasukan telur dalam masakan dilakukan setelah telur dikocok lepas sambil diaduk perlahan.

3. Miyeok guk

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim Hujanilustrasi miyeok guk (seriouseats.com/Vicky Wasik)

Miyeok guk menjadi salah satu sajian yang kerap kali muncul pada perhelatan pertambahan usia seseorang di Korea Selatan, sup sederhana ini kemudian tidak cuma hadir saat ulang tahun, namun dapat pula ditemui pada restoran-restoran di sana.

Dalam bahan baku pembuatannya sendiri, sup ini menggunakan kaldu dari tulang sapi yang kemudian dicampur bersama rumput laut, dalam beberapa versi ada pula yang menambahkan daging sapi supaya rasa sup makin nikmat.

Baca Juga: Resep Miyeok Guk Lezat, Sup Rumput Laut Khas Korea yang Hangat!

4. Sup rumput laut dan jamur

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim Hujanilustrasi sup jamur (unsplash.com/Yana Gorbunova)

Jamur menjadi salah satu komponen populer yang memiliki banyak sekali jenis dan ukuran untuk kemudian disajikan dalam suatu olahan tertentu dengan tujuan memperkaya rasa serta tekstur makanan.

Untuk membuat jamur berubah jadi sajian sedap, olahan sup rumput laut dapat menjadi teman yang baik dalam berbagi tempat. Rasa jamur dan rumput laut mampu melengkapi satu sama lain, dan membuat tubuh makin hangat.

5. Ramen nori

5 Referensi Sup Hangat Berisi Rumput Laut untuk Sambut Musim Hujanilustrasi ramen noodle (unsplash.com/Susann Schuster)

Ramen menjadi noodle soup alias sajian mi kuah populer di seluruh dunia, makanan ini selalu hadir dalam menemani waktu-waktu menjelang musim dingin dengan harapan dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Terdapat isian penambah rasa dan tekstur yang disajikan bersama mi, seperti misalnya telur rebus, kue ikan, dan nori alias rumput laut kering yang cukup umum dalam aneka sajian khas Jepang.

Nah, itu dia kelima olahan sup berisikan rumput laut untuk inspirasi sajian berkuah saat menyambut musim hujan. Kira-kira di antara kelima hidangan di atas, apakah kamu sudah pernah mencicipi salah satunya?

Baca Juga: 6 Ramen Terlezat di Osaka Jepang, Kamu Tak akan Menyesal

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya