Comscore Tracker

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyang

Makin enak dan cocok dibuat sendiri di rumah

Gado-gado adalah cara populer menikmati sayuran dengan tambahan saus Kacang yang sangat terkenal di Indonesia. Makanya tidak heran jika makanan tersebut juga dikenal sebagai salad lokal yang lezat dan mengenyangkan.

Biasanya gado-gado terdiri dari aneka macam sayur yang kebanyakan diolah dengan metode perebusan. Selain itu, terdapat tambahan sumber protein untuk melengkapi gizi harian di dalam masakan tersebut, lho.

Buat kamu yang senang membuat gado-gado sendiri di rumah, yuk simak lima macam protein yang bisa ditambahkan ke dalam hidangan tersebut!

1. Telur

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyangilustrasi telur rebus (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Telur merupakan sumber protein murah meriah yang sering ditemukan dalam olahan gado-gado. Bahan makanan ini bisa dimasak dengan cara direbus supaya bagian dalamnya matang sempurna. Selain itu telur juga bisa memberikan sensasi gurih alami pada gado-gado.

Bukan cuma jumlah protein yang tinggi, telur dikenal sebagai sumber lemak yang bagus untuk meningkatkan kolesterol baik dan menjaga kesehatan otak. Jadi, kamu bisa menggunakan satu atau dua butir telur untuk membuat porsi gizi harian lebih lengkap dan makanan tambah enak saat menyantap gado-gado.

2. Tahu

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyangilustrasi tahu (pixabay.com/hanul choi)

Tahu adalah makanan berbasis tumbuh-tumbuhan yang mudah ditemui di Indonesia. Biasanya bahan makanan ini dibuat menggunakan kedelai yang membuat teksturnya jadi lebih lembek namun akan mengeras apabila dimasak menggunakan metode tertentu.

Tahu memiliki rasa yang agak sedikit tawar dan perlu diberi garam supaya lebih enak. Biasanya kamu juga bisa menemukan tahu sebagai pelengkap sumber protein di dalam gado-gado karena manfaatnya yang cukup tinggi. Selain protein tahu juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi organ pencernaan.

Baca Juga: 9 Sumber Protein dari Tumbuhan yang Gak Kalah Enak dari Daging

3. Tempe

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyangilustrasi tempe (pixabay.com/Mochamad Arief)

Sudah bukan rahasia bahwa tempe memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Makanya bahan ini menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk diolah sebagai lauk makan bersama nasi putih. Sebab meskipun hanya digoreng tetapi tempe memiliki rasa yang cukup enak dan gurih.

Hampir mirip dengan tahu, bahan utama pembuatan tempe juga terdiri dari kedelai. Biasanya tempe akan dimasak untuk mendampingi macam-macam hidangan, salah satunya adalah gado-gado. Selain sebagai sumber protein, tempe juga sangat bermanfaat untuk organ tubuh lainnya. Kandungan yang ada di dalam tempe mampu menjaga berat badan sehingga banyak orang yang sedang diet lebih suka mengonsumsi makanan ini.

4. Kacang tanah

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyangilustrasi kacang tanah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menikmati gado-gado belum lengkap rasanya kalau tidak dibarengi dengan saus kacang. Sebab itulah salah satu sumber kelezatan dari makanan ini supaya seluruh sayur-mayur bisa bersatu dan memiliki kombinasi rasa yang sangat enak.

Namun tahukah kamu, ternyata saus kacang mengandung protein yang cukup tinggi karena bahan dasar yang digunakan terdiri dari kacang tanah. Hanya saja jika kamu ingin versi yang lebih sehat maka pengolahan saus Kacang ini harus diperhatikan dengan seksama.

Selain itu, manfaat dari kacang tanah ternyata bagus untuk menjaga kesehatan jantung hingga pencernaan. Banyak juga yang menggunakan kacang tanah sebagai bahan alami untuk membantu program penurunan berat badan.

5. Daging ayam

5 Sumber Protein untuk Gado-gado, Makan Lebih Kenyangilustrasi daging ayam (pexels.com/Shameel mukkath)

Meskipun terbilang jarang, tetapi menyertakan daging ayam di dalam gado-gado adalah alternatif lain untuk menambah volume protein di dalam makanan tersebut. Biasanya daging ayam yang hendak disajikan bersama sayuran ini akan diolah sedemikian rupa kemudian disuwir-suwir supaya lebih praktis ketika dimakan.

Ayam adalah salah satu sumber protein yang cukup kaya. Banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan organ-organ lainnya. Selain itu, daging ayam juga bisa diolah lebih sehat untuk mendukung program penurunan berat badan dengan mengkonsumsi gado-gado rumahan versi kamu.

Menikmati gado-gado adalah cara seru mengkonsumsi sayur yang berbeda. Untuk memaksimalkan hidangan ini, kamu bisa membuat gado-gado sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan berkualitas dan teknik yang disesuaikan supaya hidangan tersebut lebih maksimal dan enak. Bahkan kamu bisa menambahkan macam-macam protein di atas supaya gizi harian terpenuhi dari makanan ini.

Baca Juga: 7 Jenis dan Fungsi Protein dalam Tubuh, Penting Diketahui

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya