Comscore Tracker

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!

Bersiaplah menyecap kesegaran kuahnya #LokalIDN

Menyantap soto berkuah panas di tengah kota yang dijuluki Kota Hujan, dijamin langsung ampuh menghangatkan badan. Kamu bisa menjumpai deretan kedai soto favorit di salah satu ruas jalan di pusat kota Bogor yang bernama Jalan Surya Kencana atau sering disingkat Surken. Bagi yang belum tahu, jalan ini terkenal sebagai surga kuliner Bogor, lho.

Diawali dari Lawang Surya Kencana yang berbatasan dengan Kebun Raya Bogor, berikut enam kedai soto yang layak kamu cicipi. Kalau kata orang Sunda, rasanya seger pisan!

1. Soto mie Kesatuan

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/vico.kuliner

Lokasi kedai soto mie Kesatuan berada sekitar 400 meter dari Lawang Surya Kencana. Tapi, kedai ini sebetulnya gak benar-benar terletak di pinggir jalan Surken, melainkan agak masuk ke dalam gang kecil bernama Jalan Rangga Gading. Jarak dari jalan utama Surken hanya sekitar 60 meter saja sehingga masih sangat terjangkau via berjalan kaki.

Buat kamu yang doyan kuah soto mie tanpa bumbu rempah yang kental, maka kedai soto mie Kesatuan gak boleh kamu skip. Walaupun begitu, kesegaran kuahnya tetap nampol. Apalagi ditambah sambal cabai hijaunya yang jadi kesukaan pembeli, kenikmatan soto mie terasa makin sempurna.

2. Soto mie Pak Kumis

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/sintarlia

Masih menawarkan soto mie, kedai berikutnya adalah milik Pak Kumis yang letaknya kurang lebih 600 meter dari soto mie Kesatuan. Jika datang dari arah Lawang Surya Kencana, kedai tersebut ada di kiri jalan.

Sekilas dari depan, kedainya tampak sederhana. Namun, soto mie Pak Kumis tersebut rupanya sudah punya beberapa cabang di Bogor. Sebutlah di Jalan Dramaga H. Abbas, Jalan Gunung Batu, dan Jalan Ciheuleut Pakuan. Terbukti kalau cita rasa yang disuguhkan memang spesial.

Tersedia pilihan isian daging dan urat. Kamu pun bisa melengkapi hidangan soto mie di sini dengan perkedel dan kerupuk. Kuahnya yang terlihat sedikit kemerahan bercampur dengan potongan risol yang digoreng kering dan isian soto lainnya dijamin memanjakan lidahmu.

3. Soto kuning Pak Asep

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/harrysudono

Berseberangan dengan kedai Pak Kumis, masih ada satu kedai soto lagi yang bisa kamu singgahi. Bedanya, kedai ini menjual soto kuning alih-alih soto mie. Bernama soto kuning Pak Asep, kamu dapat memilih jenis isian yang tersedia mulai dari daging sapi, paru goreng, paru rebus, limpa, dan kikil.

Yang menarik, selain daging sapi dan bermacam jeroannya, kedai Pak Asep juga menawarkan daging ayam untuk isian soto kuningnya.

Karena kerap dijadikan spot sarapan warga lokal, sebaiknya kamu datang ke sini sebelum jam 8 pagi. Biasanya, baru2-3 jam gelar lapak, porsi soto kuning Pak Asep sudah ludes terjual.

Baca Juga: 5 Resto-Resor di Sentul Bogor dengan View Alam Super Kece, Instagenic!

4. Soto kuning Pak M. Yusuf

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/thelemonadetea

Kedai soto kuning lainnya di sepanjang jalan Surken adalah soto kuning Pak M. Yusuf. Kedai ini terbilang populer di kalangan foodies dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Bogor. Dari kedai soto kuning Pak Asep, kamu cukup berjalan kaki sejauh 120 meter untuk sampai di kedai Pak M. Yusuf.

Menempati bangunan mirip ruko di kiri jalan Surken, kedai soto Pak M. Yusuf buka antara pukul 09.00-17.00 WIB. Kuah kuning yang disiramkan ke isian daging sapi maupun jeroan disajikan dengan nasi terpisah yang telah ditabur bawang goreng. Rasanya legit dan segar khas kaldu sapi.

5. Soto kuning Pak Yusup

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/visitbogor

Memiliki nama yang hampir serupa dengan kedai soto kuning sebelumnya, kedai kepunyaan Pak Yusup jangan sampai lolos juga dari tujuan kuliner kamu di Jalan Surya Kencana. Karena kedua kedai tersebut hanya terpisah jarak sekitar 70 meter saja, gak jarang banyak orang awam yang kebingungan dengan kedua kedai tersebut.

Jika kedai soto kuning Pak M. Yusuf buka dari pagi, maka kamu perlu menunggu jam 14.00 untuk bisa menjajal soto kuning Pak Yusup. Jangan kaget, sebab kamu harus rela antre dengan pelanggan lainnya demi semangguk soto kuning tersebut.

Beragam pilihan jeroan sapi termasuk perkedel diletakkan di sebuah wadah besar beralaskan daun pisang. Kamu bisa ambil sendiri isian tersebut, lalu request untuk dipotong-potong dan disiram kuah kuning. Rasa kaldunya yang kental pasti bikin kamu ketagihan.

6. Soto mie Agih

6 Kedai Soto Favorit di Jalan Surya Kencana Bogor, Seger Pisan!instagram.com/andrewkosasih

Kedai soto terakhir di Jalan Surya Kencana yang bisa kamu sambangi adalah soto mie Agih. Letaknya di ujung selatan ruas jalan Surken, dekat dengan Jalan Siliwangi. Eits, tapi soto ini adalah kuliner non halal, ya karena menggunakan bakut atau iga babi.

Selain isian soto mie pada umumnya, soto mie Agih juga menyertakan irisan lobak dan rumput laut dalam penyajiannya. Bentuk mienya sendiri agak berbeda karena berbentuk pipih dan tipis. Untuk menikmati soto mie Agih tersebut, kamu perlu merogok kocek sekitar Rp39 ribu per mangkuk.

Jadi, pengin mampir ke kedai soto yang mana dulu nih kalau lagi di Jalan Surya Kencana Bogor? Mana pun pilihanmu, bersiaplah menyecap kesegaran kuahnya.

Baca Juga: Pilihan 7 Soto dengan Taburan Koya Kelapa di Malang, Gurih!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina
  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya