10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pula

Rasa asam manisnya bikin good mood

Musim pancaroba mulai tiba dan kondisi cuaca jadi berubah-ubah. Alhasil, daya tahan tubuh mudah terserang penyakit. Umumnya kena flu. Mudahnya tubuh terserang penyakit menandakan kurangnya vitamin C. Padahal cara memperolehnya gampang, yakni dengan mengonsumsi buah-buahan.

Banyak orang sadar pentingnya makan buah, tetapi kebanyakan tidak telaten untuk  mengupasnya. Sehingga memilih buah kering yang lebih praktis dan tahan lama. 

Buah kering atau dried fruits  diproses dengan cara mengurangi sebagian besar kandungan airnya, baik secara alami seperti dijemur di bawah sinar matahari atau dengan mesin pengering. Biasanya juga ditambahi gula menjadi manisan atau garam menjadi asinan.

Proses pengeringan ini membuat rasa asam-manis pada buah menjadi lebih tajam. Dampaknya bisa meningkatkan produksi saliva dalam mulut, bahkan hanya dengan membayangkannya saja. Contohnya seperti buah-buahan kering berikut ini.

1. Keripik buah apel dan pir

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/sunny_smack

Yang pernah liburan ke kota Batu dan Malang, pasti sudah pernah merasakan potongan tipis buah apel bertekstur renyah berupa keripik. Keripik apel asli, buahnya dipanen dari perkebunan langsung dan dikeringkan dengan mesin selama 4-8 jam. 

Rasa asam dan manisnya natural. Proses yang sama dilakukan pada buah pir, tetapi waktu pengeringannya lebih lama, karena kandungan airnya lebih banyak.

2. Kelapa dan jeruk 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/sunny_smack

Gak cuma dinikmati sebagai es kelapa muda, buah kelapa juga bisa diolah menjadi keripik dan manisan, lho. Daging kelapa muda yang kenyal dan tidak terlalu banyak air mudah diproses menjadi dried fruit. Gurih dan manis! 

Sama halnya dengan jeruk citrus yang kaya vitamin C. Rasa manis dan asamnya tidak akan hilang. Bisa dimakan langsung seperti keripik atau diseduh dengan teh menjadi lemon tea

3. Buah ceri kering  

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/chasiotis_nuts

Kalau kita biasa makan buah ceri untuk topping kue dan es krim, kali ini buah imut itu bisa dinikmati seperti kismis. Buah ceri bisa mengobati asam urat dan meredakan inflamasi juga. Hebat ya!

4. Kurma, buah ara, dan aprikot 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/crazy_cucumber_blog

Buah ara atau figs, dalam kitab suci Alquran disebut sebagai buah tin. Buah kecil ini memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Mineral di dalamnya cukup kompleks, antara lain seperti kalsium, magnesium, potasium, dan mangan.

Rasanya lembut dan manis, bijinya pun bisa dimakan. Karena cepat membusuk, maka buah ara lebih banyak dijadikan dried fruit. Sama halnya dengan kurma yang berasal dari Timur Tengah. Sering dijadikan oleh-oleh sepulang ibadah haji atau umroh, kurma juga menjadi menu favorit saat Ramadan.

Kalau buah aprikot, karakteristiknya mirip dengan buah persik dan buah plum. Rasanya manis dan empuk. Aprikot mengandung vitamin A, C, kalium, kalsium, beta karoten, kalori, karbohidrat, protein, gula, serat, dan lemak alami yang sehat. Kadar magnesium dan fosfornya juga tinggi, lho.

5. Longan atau kelengkeng

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/aunkrublive

Manisan buah longan atau kelengkeng banyak ditemukan di toko camilan daerah Pecinan. Buah longan dipercaya dapat memperpanjang umur, dilihat dari banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Salah satunya kandungan polifenolnya yang dapat mencegah kerusakan sel pemicu kanker. Setelah merasakan rasa asam yang kuat di awal gigitan, lama kelamaan kamu akan merasakan manisnya. Enak banget deh!

6. Semangka dan kiwi 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/sunny_smack

Semangka dan kiwi kaya antioksidan, vitamin A dan C,  zat besi, dan kalsium. Berdasarkan penelitian, semangka dan kiwi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

Karena semangka dan kiwi mengandung banyak air, teksturnya akan berubah tipis dan krispi setelah mengalami proses dehidrasi. Namun, warna buahnya tak berubah. Di Indonesia, keripik semangka diolah dengan cara vacuum frying pada suhu 50-60 derajat celcius.

Baca juga: 6 Trik Mudah Bikin Avocado Rose yang Instagramable, Manis Banget

7. Goji berry 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/stepanka_t

Sudah pernah cobain manisan buah goji? Buah yang berasal dari China ini berukuran imut tetapi rasa asam-manisnya menggoda. Kandungan senyawa dan vitaminnya banyak, seperti asam amino, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Manfaatnya untuk kesehatan pun lengkap seperti menyembuhkan luka, menjaga daya tahan tubuh, dan memperlambat penuaan. 

8. Kulit jeruk Bali atau jeruk pomelo

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/al_rifaiarabia

Meski rasanya agak pahit, kulit jeruk Bali ini disukai karena segar dan beragam manfaatnya. Jeruk pomelo dan kulitnya dapat membantu proses penurunan berat badan, serta menurunkan gula yang berlebih dalam tubuh. Biasanya dicampur dengan salad atau dimakan langsung juga enak. 

9. Biji buah delima 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/kenzakitchen
Buah delima disebut juga pomegranate atau anardana. Vitamin C dan K, serat, serta potasiumnya cukup tinggi. Antioksidannya juga sangat tinggi, baik sekali untuk kesehatan. Biji buah delima kering dapat dikonsumsi bersama sereal, granola, dan smoothie.

10. Mangga, strawberi, pepaya, dan nanas 

10 Camilan Buah Kering yang Enak Banget, Baik untuk Kesehatan Pulainstagram.com/al_rifaiarabia

Manisnya buah strawberi, mangga, dan pepaya yang sudah dikeringkan, ditambah teksturnya yang chewy bikin liur menetes. Menggoda iman banget, deh!

Nutrisi dalam buah-buahan banyak banget, salah satunya vitamin C dan potasium yang bisa memperbaiki mood. Gurihnya keripik nanas yang dikeringkan juga memanjakan lidah dengan perpaduan rasa asam dan manis yang seru. Sungguh camilan yang bikin happy!

Kalau kamu sudah pernah cobain yang mana, nih?

Baca juga: 7 Nasi Pecel Khas Indonesia, Serupa tapi Ternyata Tak Sama

yummy-banner

Topic:

Just For You