Comscore Tracker

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobain

Hangat di perut dan memanjakan lidah banget

Saat liburan ke Thailand, salah satu kuliner wajib yang dicari turis adalah tom yum. Jika didefinisikan, tom yum adalah sup yang memiliki kuah rasa pedas dan asam. Kita mengenalnya sebagai sup yang berisi udang, cumi-cumi, dan ikan.

Padahal di Thailand, jenisnya beragam. Dibedakan dari isinya, tingkat keasaman, kepedasan, dan rempah-rempah yang digunakan. Kuah dasar tom yum terbuat dari kaldu, batang serai, kefir, daun jeruk, lengkuas, perasan jeruk nipis, saus ikan, dan cabai. 

Di Thailand, ada tiga jenis kuah tom yum, yakni nam sai atau kuah bening, nam khon atau kuah menggunakan krim susu kental, dan kathi atau kuah bersantan. Selain kuah yang berbeda, isinya yang variatif juga punya nama sendiri-sendiri seperti di bawah ini.

1. Tom yum gung (ต้มยำกุ้ง)

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobaininstagram.com/ontyda

Nama tom yum gung sudah tidak asing lagi, karena kita pernah merasakan yang ada di Indonesia. Tapi, ternyata rasa yang ada Indonesia sudah dimodifikasi agar bisa diterima. Isinya pun bermacam-macam. 

Tom yum gung asli Thailand hanya berisi udang besar atau lobster saja. Ada tambahan daun ketumbar sebagai penguat rasa. Di kedai street food atau pasar tradisional banyak yang menjual tom yum gung. Ada versi kuah nam sai, nam khon, dan kha ti. Semuanya lezat!

2. Tom yam pla (ต้มยำปลา)

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobaininstagram.com/sookboonsang

Tom yum pla berisi ikan berdaging tebal yang dipotong-potong. Tom yum pla adalah menu tradisional yang sering ada di meja makan masyarakat yang tinggal dekat sungai atau laut.

Citarasa asam segarnya menggugah selera. Bagi penggemar pedas, siap-siap lidahmu digoyang dengan lezatnya tom yum pla kuah nam khon atau kha ti dengan siraman sambal yang pedasnya wah!

3. Tom yum kai (ต้มยำไก่)

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobaininstagram.com/poang_r

Bagi yang tidak bisa makan seafood, tom yum kai yang berisi ayam dan macam-macam jamur bisa jadi pilihan. Daging ayam yang direbus di dalam rebusan rempah tom yum, meresapnya sampai ke hati. Bisa memilih kuah nam sai atau kha ti

Baca juga: 10 Cupcake Paling Mahal di Dunia, Ada yang Seharga Rumah Lho!

4. Tom yum po taek (ต้มยำทะเล)

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobaininstagram.com/celebpoo

Yang ini enak pake banget! Udang berkolaborasi dengan cumi-cumi, kerang, dan ikan. Komplet! Hidangan surgawi buat yang fanatik seafood. Semua jenis kuah tom yum wajib dicobain. 

5. Tom yum kha moo (ต้มยำขาหมู)

5 Jenis Tom Yum yang Paling Populer di Thailand, Wajib Banget Cobaininstagram.com/ahongyok

Tom yam kha moo adalah sup kaki babi atau kikil yang jadi favorit orang Thailand. Menu ini juga menjadi incaran para turis mancanegara. Biasanya dihidangkan dengan kuah nam sai yang pedas. Cocok dimakan sebagai penghangat saat udara sedang dingin.

Untuk traveler muslim, bisa bertanya terlebih dahulu atau cukup melihat di depan kedai, ada logo halal apa tidak. Karena kebanyakan tom yum yang mengandung daging merah adalah non-halal, kecuali yang menjual muslim Thailand atau muslim Melayu.

Duh, bikin ngiler ya. Kamu sudah cobain yang mana saja, nih? Kalau belum, gak ada salahnya cobain semua saat melancong ke Negeri Gajah Putih itu.

Baca Juga: 12 Makanan Sehat dan yang Harus Dihindari Berdasarkan Zodiak, Cek Ya!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya