Comscore Tracker

6 Resep Minuman yang Bisa Redakan Panas Dalam, biar Gak Ganggu Lebaran

Gak khawatir makan makanan lemak dan berminyak

Lebaran menjadi waktu berkumpul terbaik bersama keluarga besar. Berbagai macam tradisi dilakukan, mulai dari saling bermaaf-maafan hingga santap hidangan khas Lebaran.

Begitu banyak kue kering dan makanan bersantan yang menggoda iman. Ujung-ujungnya banyak yang mengeluhkan panas dalam. Gak heran, karena makanan yang kita konsumsi selama Lebaran kebanyakan kering, pedas, dan berminyak. Kurangnya asupan serat dan air makin memperparah.

Gejala panas dalam yang ditimbulkan antara lain seperti sariawan, sakit tenggorokan, nyeri telan, tenggorokan kering, hingga susah buang air besar. Rasanya mengganggu banget, kan! Untuk meredakan panas dalam, kamu bisa mencoba beberapa resep minuman di bawah ini.

1. Es lemonade selasih

https://www.youtube.com/embed/KckHoxltfg8

Lemon dan madu merupakan bahan alami untuk menyembuhkan penyakit. Khasiatnya banyak, seperti menguatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan racun, membersihkan saluran pencernaan, menurunkan berat badan, dan mempercantik kulit. Lemon mengandung antioksidan bioflavonoids yang dapat mengobati peradangan, salah satunya panas dalam dan radang tenggorokan. Madu juga kaya manfaat untuk kesehatan, baik untuk dikonsumsi setiap hari.

2. Es kuwuh khas Bali

https://www.youtube.com/embed/EA0L7yu6Qck

Air kelapa hijau atau kelapa muda dikenal bermanfaat untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang dan menyegarkan tubuh. Air dalam satu buah kelapa hijau mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, asam amino, isotonik, vitamin C, mineral, kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan nutrisi yang lengkap tersebut cukup untuk membuat tubuh kembali pulih dari dehidrasi yang cukup parah. Selasih atau lebih dikenal dengan nama basil di sejumlah negara juga memiliki ragam manfaat untuk menjaga kesehatan. Mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalsium, dan mangan. Untuk meredakan batuk, banyak yang menyarankan untuk minum air dengan biji selasih.

3. Es lidah buaya

https://www.youtube.com/embed/oke0wqSSv4g

Lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit, rambut, dan kesehata. Salah satunya meredakan panas dalam. Lidah buaya kaya kandungan vitamin A, C dan E, zinc, antiinflamasi, dan mineral esensial lainnya.

Jeli lidah buaya bisa dibuat sendiri seperti yang dalam video di atas. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli potongan lidah buaya dalam kemasan di supermarket atau pasar terdekat.

4. Es semangka dan melon

https://www.youtube.com/embed/k91i2LcWmhg

Kandungan air pada melon dan semangka sangat tinggi, sekitar 90 persen. Sehingga bisa memberikan efek menyegarkan dan bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Kandungan vitamin A dan C, kalium, kalsium, magnesium, serta fosfor pada melon dan semangka dapat menjadi pereda panas dalam alam. Tak hanya itu, bisa juga melancarkan sirkulasi darah dan sistem pencernaan. Buah bersifat dingin lainnya seperti blewah, daging kelapa, dan mentimun juga bisa diolah menjadi campuran es buah.

5. Chai tea

https://www.youtube.com/embed/67aCmz6v_SU

Resep asli chai tea salah satunya menggunakan rempah kapulaga yang dapat meredakan panas dalam. Kapulaga mengandung serat, karbohidrat, minyak atsiri, kalium, kalsium, zat besi, natrium, magnesium, vitamin A, B, dan C. Kamu sudah pernah cobain, belum?

6. Jamu beras kencur

https://www.youtube.com/embed/Uo14WwZ_-k0

Jamu beras kencur merupakan obat tradisional warisan nenek moyang yang bisa mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Misalnya seperti radang tenggorokan. Kencur mengandung mineral alami untuk menurunkan panas dalam dan mengembalikan stamina tubuh.

Topic:

  • Kartika Nindita
  • Dewi Suci

Just For You