Comscore Tracker

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!

Manfaatkan pula jeruk lemon

Sayur sawi sangat bagus untuk kesehatan. Terdapat banyak kandungan gizi yang bagus untuk tulang. Tak hanya menjaga, tapi juga memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Namun, ada banyak orang yang tak suka mengonsumsi sayur sawi. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang pahit dan getar setelah diolah menjadi masakan.

Dengan cara yang tepat, sayur sawi sebenarnya punya rasa yang lezat, lho. Nah, supaya gak pahit, coba terapkan lima cara mengolah sawi yang benar berikut ini, deh. Bikin gak getar di mulut!

1. Rebus terlebih dahulu 

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!Ilustrasi merebus bahan masakan (pexels.com/cottonbro)

Sebelum memasak sayur sawi, usahakan untuk merebusnya terlebih dahulu sebelum dimasak. Dengan begitu, rasa pahit yang ada di dalam sayur sawi akan hilang.

Pastikan untuk tidak mengikutkan air bekas rebusan sayur sawi. Kamu bisa memeras sawi tersebut atau membilasnya dengan air biasa sampai bersih. Nah, setelah dibilas dengan air bersih, tiriskan terlebih dahulu.

Setelahnya, kamu bisa mengolah sawi sesuai selera dengan menambahkan bumbu yang kamu suka. Dijamin gak akan pahit, deh!

2. Beri garam saat merebus 

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!Ilustrasi garam (pexels.com/Lorena Martínez)

Saat proses merebus tadi, jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya. Garam sudah terbukti untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran, termasuk pare yang terkenal pahit.

Sebelum memasukkan sayur sawi ke dalam air yang sudah mendidih, campur terlebih dahulu garam ke dalamnya. Biarkan sebentar sampai garamnya larut.

Setelah itu, baru masukkan sayur sawi yang akan kamu olah ke dalam air mendidih. Masak beberapa saat, lalu angkat dan tiriskan. Bilas dengan air bersih sebelum diolah, ya!

3. Rendam sawi dengan air dingin

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!Ilustrasi merendam sayuran (pexels.com/Cats Coming)

Cara selanjutnya adalah merendam sawi dengan air biasa atau air dingin. Biarkan sampai beberapa saat sebelum kamu mengolahnya menjadi masakan yang lezat.

Cara ini sangat sederhana, lho. Meski begitu, rasa pahit yang terkandung di dalam sayur sawi akan hilang. Angkat dan tiriskan setelah selesai kamu rendam, lalu masak sesuai selera.

Baca Juga: 7 Cara Menanam Sawi Pagoda, Sayuran Berbentuk Sendok

4. Beri sawi dengan perasan lemon

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!Ilustrasi jeruk lemon (pexels.com/goumbik)

Mau menggunakan sayur sawi untuk salad yang segar dan menggiurkan? Tentu bisa. Namun, ada baiknya jika kamu menyiapkan lemon segar.

Rasa asam pada lemon mampu menetralisir rasa pahit di tangkai sayur sawi, lho. Dengan begitu, salad yang kamu buat tetap terasa nikmat tanpa ada rasa pahit.

Tak hanya itu saja, dengan perasan jeruk lemon, selain membuat rasanya makin nikmat, tampilannya juga makin menggiurkan. Dijamin, makin lahap, deh!

5. Masak sawi sebentar saja 

5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!Ilustrasi memasak sawi (pexels.com/Eva Bronzini)

Jika kamu tidak punya waktu dan ingin langsung memasak sawi, usahakan untuk memasak sebentar saja. Jangan terlalu lama karena rasa pahitnya akan keluar.

Baik ditumis ataupun direbus, masukkan sayur sawi di akhir saja. Kamu bisa menumis bumbunya terlebih dahulu atau memasak kuahnya terlebih dahulu.

Nah, setelah bumbunya masak, kamu bisa langsung memasukkan sayur sawi ke dalamnya. Masak sebentar saja, lalu langsung angkat masakan tersebut. Pasti gak akan pahit.

Gampang banget, kan? Gak ada alasan lagi untuk tidak suka dengan sayur sawi. Mengingat sayur tersebut sangat bagus untuk kesehatan tulang. Jika mengolah sayur sawi dengan benar, rasa yang dihasilkan akan terasa lezat dan nikmat.

Baca Juga: 6 Resep Sawi Putih dengan Olahan yang Mantap dan Nikmat, Bikin Nagih!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya