Comscore Tracker

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulu

#RamadanMasaKini Kayak kurang afdol kalo gak ada di meja

Ternyata beberapa makanan dan minuman berikut menjadi menu andalan semua keluarga ketika Lebaran sejak dulu, lho. Kalau nggak ada mereka, hari Lebaran rasanya kurang pas. Mulai dari sirup hingga aneka kue kering, apa saja makanan dan minuman tersebut?

1. Sirup

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulublibli.com

Lebaran selalu identik dengan sirup. Minuman berwarna dan manis ini tidak pernah absen mengisi meja makan ketika Hari Raya Idul Fitri. Tapi, minum sirup berlebihan juga tidak baik, lho. Kadar gulanya yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan asam urat. Jangan sampai overdosis sirup, ya.

2. Roti kaleng

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulufeedme.com

Roti kaleng juga jadi lebih laris saat menjelang Lebaran. Tempat perbelanjaan mendadak ramai memajang berbagai jenis roti kaleng. Selain awet, camilan ini memang pas jadi teman mengobrol sambil minum sirup di ruang tamu, ya. Siapa yang sudah borong roti kaleng, nih?

3. Kue kering

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulusahabatnestle.co.id

Kue kering juga nggak mau ketinggalan mengisi meja ketika Lebaran. Yang paling sering muncul adalah nastar, kastengel, kue semprit, kue kacang, dan lidah kucing. H-7 Lebaran, ibu-ibu pasti sudah riweuh menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kue kering. Tapi, hati-hati sakit gigi ya, kalau kebanyakan makan. Kamu suka yang mana?

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Indonesia yang Selalu Ada Saat Lebaran

4. Opor ayam dan ketupat

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulucookpad.com

Rasanya yang gurih dan nikmat, membuat menu satu ini menjadi andalan teman makan berat bersama ketupat atau lontong. Biasa dimakan bersama keluarga sesudah pulang Sholat Ied. Selain mudah dibuat dan nggak ribet, harga bahan-bahannya pun nggak mahal. Bumbu matangnya pun sudah tersedia di pasar dan swalayan. Praktis, kan. Siapa yang sudah nggak sabar pulang kampung lalu makan opor ayam plus ketupat?

5. Rendang

5 Makanan dan Minuman Ini Gak Pernah Absen Saat Lebaran Sejak Dulufood.detik.com

Masakan khas Sumatera Barat yang kaya akan rasa ini juga jadi pilihan ibu-ibu ketika hendak menyajikan lauk untuk hari Lebaran. Dimakan bersama keluarga dan sanak saudara jadi makin istimewa. Setelah makan, jangan lupa juga cuci mulut dengan sayur atau buah segar agar napas tidak bau, dan tetap sehat.

Itu lah beberapa makanan dan minuman yang selalu setia mengisi meja di Hari Lebaran. Apakah di rumah sudah bersiap menyajikan aneka makanan dan minuman yang disebutkan di atas?

Baca Juga: 7 Resep Kue Lebaran dari Sereal Granola, Unik dan Lebih Berwarna

Langgeng Irma Salugiasih Photo Community Writer Langgeng Irma Salugiasih

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You