Comscore Tracker

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkah

#RamadanMasaKini Wajib ditiru nih!

Sahur menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh kita lewatkan selama bulan Ramadan. Selain merupakan bagian dari ibadah, sahur juga akan membantu kita bertahan selama 12 jam tanpa makan dan minum apa pun. 

Seharusnya sih begitu, tapi tidak jarang kita merasa kelaparan di siang hari meski sudah makan banyak saat sahur. Kalau kamu salah satunya, mungkin sahur yang kamu lakukan salah atau tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Pertanyaannya, sahur yang seperti Rasulullah SAW itu seperti apa sih? 

1. Tidak boleh melewatkan sahur

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkahpexels.com/Ivan Obolensky

Sarapan bahkan di saat matahari belum bangun memang tidak selalu mudah untuk dilakukan. Saking ngantuknya, tidak jarang kita melewatkan sahur yang berharga hanya agar bisa tidur lebih lama. Padahal, sahur adalah hal yang penting.

Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan sahur, bahkan dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Aku masuk menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dia makan sahur, beliau berkata, "Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan." (HR An Nasaa`i dan Ahmad).

2. Selalu mengakhirkan waktu sahur

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkahpexels.com/pixabay

Salah satu tantangan berpuasa adalah rasa lapar yang menyerang. Biasanya perut berbunyi di siang hari justru disaat waktu berbuka masih lama. Untuk mengatasi hal ini, salah satu triknya adalah dengan mengakhirkan waktu sahur seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ثُمَّ قُمْنَا إِلَى الصَّلاةِ. قُلْتُ: كَمْ كَانَ قَدْرُ مَا بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: خَمْسِينَ آيَةً

Anas radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu, "Kami makan sahur bersama Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau shalat, aku tanyakan (kata Anas):

Berapa lama jarak antara adzan dan sahur? Beliau menjawab, "Kira-kira 50 ayat membaca Al Qur’an." (HR Bukhari Muslim).

Dari sini kita tahu, Rasulullah SAW selalu sahur di akhir waktu. Adzan subuh biasanya berkumandang pukul setengah 5 pagi dan hanya terpisah beberapa menit dari waktu imsak. Kamu bisa memulai makan sahur pukul 4 pagi atau pukul setengah 4 pagi. Dengan sahur di akhir waktu, perut kamu akan merasa kenyang lebih lama di siang hari. 

Baca Juga: 6 Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Patut Ditiru

3. Dilarang makan dan minum berlebihan

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkahunsplash.com/Gor Davtyan

Salah satu trik yang dilakukan oleh banyak orang agar merasa kenyang selama puasa adalah dengan mengonsumsi banyak makanan saat sahur. Padahal makan terlalu banyak saat sahur juga tidak menjamin kamu kenyang seharian lho! Selain menimbulkan masalah pencernaan, makan dan minm berlebihan juga sangat dibenci oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman:

يٰبَنِيْۤ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْا ۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 31)

4. Jangan lupa makan kurma ya!

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkahunsplash.com/Mona Mok

Bisa dibilang, kurma adalah makanan favorit Rasulullah SAW selama bulan Ramadan. Bukan hanya saat berbuka puasa, Rasulullah SAW juga selalu mengkonsumsi kurma saat sahur bahkan menyebut kurma sebagai makanan terbaik untuk sahur. Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah korma." (HR Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi).

Kamu bisa mengkonsumsi kurma sebelum atau setelah mengkonsumsi makan sahur. Kurma memiliki gula alami yang jika diolah tubuh akan berubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan selama menjalani ibadah puasa.

5. Terakhir, setelah sahur dilanjutkan dengan beribadah

5 Tips Sahur Ala Rasulullah SAW, Bikin Puasa Kamu Jadi Berkahpexels.com/Pok Rie

Tidur setelah sahur atau setelah menjalankan ibadah sholat subuh menjadi kebiasaan banyak orang. Tapi percaya atau tidak, tidur setelah sahur akan membuat kamu lebih cepat lapar di siang hari atau yang lebih parah menyebabkan kadar asam lambung naik ketika bangun tidur.

Rasulullah SAW sendiri tidak pernah tidur setelah sahur melainkan melakukan banyak aktifitas seperti sholat, berdzikir, dan ibadah lain hingga matahari terbit. Selain itu Rasulullah SAW juga melarang umatnya untuk tidur setelah shalat subuh karena di waktu inilah rezeki dibagikan dan merupakan waktu yang berkah. Tidak sampai disitu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا 

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” . (HR. Abu Daud no. 2606)

Baca Juga: 8 Sajian Berbuka Menyehatkan ala Rasulullah yang Bisa Kamu Tiru

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You